Kegunaan Bagian Pohon Kelapa Dari Bagian Atas Hingga Bawah

Hai teman teman semua, di artikel kali ini kita akan membahas seputar kegunaan bagian pohon kelapa. Pohon kelapa disebut sebagai pohon multifungsi karena semua bagian dari pohon kelapa dari atas hingga bawah bisa digunakan atau dimanfaatkan.

Mungkin sebagian orang hanya tahu bahwa kelapa yang dimanfaatkan hanya buah dan air saja. Ya, memang buah dan kelapa bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan dahaga, minuman ini paling cocok diminum saat cuaca sedang panas.

Selain buah dan air kelapa, bagian lain dari pohon kelapa masih bisa kita gunakan atau manfaatkan. Kira-kira bagian pohon kelapa apa saja yang bisa digunakan? yuk simak dibawah ini untuk lebih lanjut dan jelasnya!.

1. Air Kelapa Bagus Untuk Kesehatan

Kegunaan Bagian Pohon Kelapa

Air kelapa selain menyegarkan ternyata juga memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh. Mengkonsumsi air kelapa bisa membantu untuk menurunkan radikal bebas, melawan diabetes, menurunkan kadar gula darah, mencegah penyakit batu ginjal, bisa menurunkan tekanan darah, dapat mencegah dehidrasi, dan juga mengurangi risiko terkena masalah jantung.

Dengan mengkonsumsi satu gelas air kelapa maka kita sudah mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh. So, dengan terus minum air kelapa kita akan menjadi sehat.

2. Kegunaan Bagian Pohon Kelapa Yaitu Daging Kelapa

Kegunaan Bagian Pohon Kelapa

Berbicara soal daging buah kelapa, pastinya pikiran kita akan langsung terbayang dengan daging buah kelapa yang putih, tebal dan manis.

Selain airnya, daging kelapa juga bisa untuk dimakan. Baik dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu untuk menjadi santan atau makanan olahan lainnya. Daging kelapa ini juga bisa kita ambil ekstrak minyaknya, dan nantinya minyak kelapa bisa digunakan untuk minyak goreng atau minyak untuk perawatan tubuh.

Selain itu, daging buah kelapa mempunyai kandungan yang kaya akan antioksidan, mineral dan vitamin. Serat di dalam daging buah kelapa dapat menyehatkan usus dan melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Daging buah kelapa juga bisa berguna untuk meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

3. Kegunaan Bagian Pohon Kelapa Yaitu Bunga Kelapa

kegunaan bunga kelapa

Bagian pohon kelapa yang satu ini mungkin tidak umum untuk dimanfaatkan. Tetapi sebenarnya bunga dari pohon kelapa ini bisa kita jadikan untuk membuat cuka. Bahkan, bunga kelapa juga bisa digunakan untuk obat tradisional.

4. Sabut Kelapa Banyak Bermanfaat Untuk Tanaman

Kegunaan Bagian Pohon Kelapa

Bagian pohon kelapa yang satu ini mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tanaman. Sabut kelapa bisa mencegah erosi dengan dijadikan sebagai cocomesh. Bagian yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai media tanam dengan cara diolah dahulu menjadi cocopeat.

Sabut kelapa bisa dijadikan pot untuk tumbuhan, dan juga bisa dijadikan berbagai kerajinan tangan yang unik. Dahulu kala, sabut kelapa ini banyak digunakan untuk alat pembersih peralatan memasak. Selain yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak sekali kegunaan sabut kelapa yang sangat bermanfaat.

Untuk mengolah sabut kelapa menjadi berbagai olahan yang bermanfaat kita harus mengolahnya terlebih dahulu menggunakan mesin pengolahan sabut kelapa. Dengan mesin ini, proses pengolahan sabut kelapa akan lebih mudah dan cepat. Mesin pengolahan sabut kelapa bisa Anda dapatkan di toko mesin online yang ada di muncul di berbagai website online ataupun toko mesin yang terdekat dengan Anda.

5. Kegunaan Bagian Pohon Kelapa Yaitu Batok kelapa

kegunaan batok kelapa

Batok atau tempurung kelapa juga mempunyai manfaat. Biasanya bagian ini banyak digunakan sebagai peralatan masak dan makan, seperti sendok, mangkok, sendok sayur, dll. Selain itu batok kelapa juga bisa dijadikan untuk kerajinan tangan dan aksesoris.

6. Daun Kelapa Dengan Untuk Bahan Kerajinan

kegunaan daun kelapa

 

Di zaman dahulu daun kelapa seringkali digunakan untuk atap rumah. Bahkan sampai saat ini masih ada beberapa orang yang tetap menggunakan daun kelapa untuk dijadikan atap rumah. Selain atap rumah, daun kelapa yang masih muda bisa digunakan untuk bungkusan ketupat.

Daun kelapa juga bisa kita manfaatkan untuk bahan utama pembuatan kerajinan tangan, seperti  tikar anyaman, tas anyaman, sapu lidi, tempat tisu, topi, janur pernikahan, keranjang, piring, tempat pensil, hiasan dinding, dan sebagainya. Tulang pada daun kelapa yang sudah tua juga masih bisa dimanfaatkan menjadi sapu lidi.

7. Batang Pohon Kelapa untuk Bahan Bangunan

 batang kelapa

Bagian pohon kelapa yaitu batang ternyata cukup kuat jika dimanfaatkan untuk menjadi bahan bangunan. Batang kelapa yang sudah tua bisa dimafaatkan atau diolah menjadi bahan dasar pembuatan bahan bangunan dan perabotan rumah tangga. Selain itu batang pohon kelpa juga masih bisa diolah untuk menjadi bahan pembuatan kertas.

8. Akar Pohon Kelapa Untuk Kesehatan dan Mencegah Abrasi

akar kelapa

Bagian batang akar kelapa juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kita semua. Akar pohon kelapa bisa dijadikan ramuan obat tradisional untuk memnyembuhkan diare maupun gatal-gatal.

Bagian akar kelapa juga bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan dan bisa mencegah abrasi jika ditanam di dekat pantai.

9. Minyaknya Kelapa Bisa Menyehatkan Rambut!

 minyak kelapa

 

Selain bagian-bagian tadi, minyak kelapa juga mengandung banyak manfaat. Minyak kelapa tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, namun juga bisa digunakan untuk kesehatan, dan perawatan tubuh.
Minyak kelapa bisa digunakan sebagai kondisioner alami rambut, apabila minyak kelapa digunakan secara rutin maka rambut akan lebih lembut dan ternutrisi. Selain itu minyak kelapa juga banyak dimanfaatkan untuk perawatan luka bakar, melembabkan kulit, dan bisa melindungi kulit dari sinar matahri. Minyak kelapa mengandung kandunga vitamin E yang bisa melembutkan kulit.
Itulah tadi beberapa kegunaan bagian pohon kelapa yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Selain kegunaan dari bagian pohon kelapa ini baca juga peluang usaha sabut kelapa yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya.

Semoga artikel ini bisa sedikit bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda, terimakasih.

Leave a Comment