Aneka Kerajinan Sabut Kelapa

Kelapa merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan seluruh bagiannya, mulai dari daun, buah, hingga batang. Salah satu bagian tanaman kelapa yang dapat dimanfaatkan adalah sabut kelapa yang terdapat pada buah kelapa. Sabut Kelapa biasanya digunakan untuk kerajinan,misalnya pot,sapu,keset dan lain sebagainya.Berikut cara pembuatan pot dari sabut kelapa

Serat sabut kelapa ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan produk kerajinan yang memiliki nilai estetika. Di bawah ini ada beberapa kerajinan tangan yang berbahan dasar dari sabut kelapa yang memiliki nilai estetika dan bisa digunakan sebagai sarana usaha kecil. Hasil dari kerajinan tersebut bisa anda lihat penjelasannya di bawah ini.

Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa

Pembuatan Pot Sabut Kelapa

1.Cara Membuat Pot

Alat dan bahan yang perlu anda gunakan untuk membuat pot dari sabut kelapa yakni sebagai berikut.

Alat:

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan:

Bahan-bahan yang bisa Anda gunakan dalam membuat kerajinan pot sederhana dari sabut kelapa adalah sebagai berikut.

  1. Sabut kelapa kering
  2. Tali ijuk

Langkah Pembuatan:

  1. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk membuat pot sederhana dari sabut kelapa. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.
  2. Ambil sabut kelapa dari sabut keringnya, gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar sisa sabut yang sudah dikupas tetap terjalin. Jika desa kulit kelapa ini telah dikuliti sedemikian rupa sehingga sabut kelapa masih terjalin atau utuh. Lapisi sabut kelapa dan potong bagian atasnya menggunakan pisau besar.
  3. Tandai bagian bawah dan atas pada masing-masing belahan dengan menggunakan tipe ex atau spidol, bagian ini akan dibor untuk mengikat sabut kelapa dan untuk mengikat tali panci.
  4. Bor dengan hati-hati pada bagian yang ditandai.
  5. Ikat ijuk pada setiap lubang sabut kelapa agar setiap bagian sabut kelapa dapat disambung.Itulah cara pembuatan pot sabut kelapa

2.Tali Rami dari Sabut Kelapa

Kerajinan yang kedua dari sabut adalah tali rami. Kerajinan sabut ini juga menjadi salah satu kerajinan yang paling banyak dicari, karena sedang trend.

Tren kerajinan vintage memiliki keindahan tersendiri, karena mampu memberikan kesan natural. Oleh karena itu, banyak orang membuat barang antik untuk dijual atau untuk keperluan pribadi.

Nah, salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk membuat barang antik adalah tali rami ini. Anda bisa menggunakan tali rami ini untuk mengikat hadiah, gantungan foto, aksesori, proyek DIY, dan juga materi kreatif lainnya

3.Keset Sabut Kelapa

Kerajinan sabut berikutnya, dan yang banyak dicari juga adalah keset sabut. Padahal, pembeli keset kelapa banyak yang berasal dari Jakarta.

Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini sedang marak berita tentang ular atau bayi ular yang keluar dari sarangnya. Sehingga membuat sebagian masyarakat di kota resah dengan berita viral tersebut. Namun, apa hubungannya ular dengan keset kelapa?

Ternyata, keset sabut dikatakan bisa mencegah ular masuk ke rumah, karena ular takut dengan sabut. Sejauh ini, beberapa produsen tikar sabut telah melihat peningkatan omset.

Keset sabut sabut juga memiliki berbagai model dan ukuran. Padahal, semakin besar kesetnya, semakin tinggi tingkat kesulitannya dan tentunya semakin mahal harganya.

Untuk memberikan kesan estetis, beberapa hotel dan restoran juga menggunakan keset sabut sebagai pengganti tikar karet. Bahan sabut kelapa ini dinilai lebih awet dan tahan lama

4.Ring Dekorasi

Mungkin bagi Anda yang suka mendekorasi rumah, ulang tahun, atau pernikahan Anda dengan tema rustic dan vintage? Sepertinya kerajinan sabut berbentuk lingkaran dekoratif ini adalah suatu keharusan.

Selain dapat menambah kesan yang estetis, hiasan cincin juga bisa ditambahkan dengan hiasan yang lainnya. Misalnya dengan menambahkan bunga kering, ditambah inisial nama dan sebagainya.

Ring dekorasi juga dapat digunakan untuk membuat kotak kado, kotak perhiasan dalam pernikahan,bahkan hingga di pajang pintu depan. Harganya juga cukup terjangkau, dibandingkan dengan cincin berhias yang terbuat dari akar rotan.

Leave a Comment