Harga Kelapa Parut 1 Kilo Saat Lebaran Tiba

Harga kelapa parut 1 kilo. Kelapa merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh subur dan banyak ditemui di seluruh Indonesia. Kerena Indonesia memiliki tanah yang subur sehingga pasokan kelapa di Indonesia sangat banyak.

Hal ini membuat Indonesia dijuluki sebagai negara penghasil kelapa yang besar. Tumbuhan kelapa ini merupakan salah satu komoditas paling laris, baik pada hari biasa atau pada hari besar seperti lebaran. Hal ini dikarenakan kelapa adalah pohon sejuta manfaat yang masyarakat butuhkan.

Mulai dari daging buahnya, batangnya, sampai tempurung kelapa pun bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari.

Salah satu bagian dari kelapa yang sering dimanfaatkan adalah daging buah kelapa. Daging buah kelapa bisa dijadikan sebagai bahan utama atau hanya sekedar bahan campuran makanan. Tidak hanya makanan, tetapi juga minuman hingga jajanan.

Hal ini yang membuat kelapa laris pada saat hari hari besar, contohnya pada saat lebaran. Salah satu olahan dari daging buah kelapa adalah santan. Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan santan. Bahan pangan satu ini memiliki banyak manfaat dan memiliki ciri khas rasa yang gurih.

Maka dari itu, santan sering dikelola menjadi berbagai masakan, minuman, dan jajanan. Melihat banyaknya peminat kelapa, baik pada hari biasa atau hari besar, membuat harga kelapa naik. Harga kelapa parut pun juga ikut naik, karena kelapa parut juga berasal dari buah kelapa.

Harga kelapa parut 1 kilo di pasar Indonesia bisa naik hingga tiga sampai empat kali lipat dari harga biasanya. Karena peminat kelapa parut semakin banyak, harganya juga semakin merangkak naik. Banyak pedagang yang mengatakan hal ini sudah sering terjadi pada setiap menjelang lebaran.

Tidak hanya pada saat lebaran, pada hari hari besar lainnya harga kelapa juga ikut merangkak naik. Namun, tidak heran jika harga kelapa parut 1 kilo di pasar bisa naik hingga 3 kali lipat.

Baca juga : Modal Usaha Peras Santan dan Beberapa Hal Penting Dalam Berbisnis

 

 

Penyebab Naiknya Harga Kelapa Parut 1 Kilo

harga kelapa parut 1 kilo

Pada saat lebaran, untuk mendapatkan masakan berbahan dasar santan, ibu ibu harus membayar lebih untuk membeli santan. Mau tidak mau mereka harus memeras kantong rumah tangganya terlebih dahulu hanya demi mendapatkan santan.

Harga santan naik dikarenakan bahan dasar untuk membuat santan juga naik, yaitu kelapa parut. Sangat mengejutkan, harga buah kelapa saat ini sudah mencapai Rp 6.000 per butirnya. Lalu harga kelapa parut, saat ini sudah mencapai Rp15.000 hingga Rp20.000 per kilogram nya.

Tingginya harga kelapa parut pada beberapa daerah dikarenakan pada wilayah tersebut tidak ada perkebunan kelapa.

Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan, hal ini menjadi salah satu alasan naiknya harga kelapa parut. Pada daerah tertentu, petani hanya menanam pohon kelapa sebagai tanaman selingan saja. Banyak juga kasus tentang ditebangnya pohon kelapa dengan bermacam alasan.

Sehingga para pedagang harus mendatangkan buah kelapa dari kota lain, atau bahkan dari provinsi lain. Banyak pedagang yang mendatangkan buah kelapa dari Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Hal ini bertujuan untuk menjaga permintaan dan kebutuhan buah kelapa para konsumen di wilayah ini. jauhnya tempat pemasok buah kelapa menyebabkan para pedagang harus membayar ongkos kirim. Tingginya permintaan konsumen akan buah kelapa, juga membuat harga buah kelapa merangkak naik.

Sudah bisa dipastikan, kondisi tingginya harga buah kelapa pasti meningkat kembali pada bulan ramadhan. Pada saat saat tertentu, para pedagang harus memesan terlebih dahulu untuk mendapatkan buah kelapa. Tak sedikit juga petani kelapa yang tidak mau mengirimkan buah kelapa, dengan alasan pemesanan yang hanya sedikit.

Jadi para pedagang harus membeli buah kelapa kepada petani dengan skala yang besar. Mungkin hal ini terkesan kejam, tetapi wajar jika para petani kelapa tidak melayani pemesanan dengan skala yang kecil.

Karena pengiriman buah kelapa bisa dibilang cukup mahal. Ditambah dengan jarak yang jauh, hal ini membuat ongkos kirimnya menjadi lebih mahal.

 

 

Resep Kue Kelapa Kering untuk Hari Lebaran

Bahan-Bahan :

  • 500 gr tepung terigu protein sedang
  • Buah kelapa
  • 250 gr mentega
  • 250 gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Kue Kelapa Kering :

  1. Bersihkan kelapa dari serabut dan kulit coklatnya. Ambil daging buah kelapa kemudian parut sesuai kebutuhan dan sangrai.
  2. Siapkan teflon dan lelehkan 250 gram mentega, lalu sisihkan dalam wadah.
  3. Kocok telur bersama dengan vanili bubuk, gula halus secukupnya, dan mentega yang sudah dilelehkan. Kocok sampai lembut dan tercampur sempurna.
  4. Campurkan tepung terigu, kelapa parut yang sudah disangrai, susu bubuk dan garam secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Panaskan oven dan siapkan loyang. Olesi loyang dengan mentega secara tipis tipis saja.
  6. Ambil adonan kue secukupnya, bentuk bulat dan pipihkan. Tekan dengan menggunakan garpu agar tercipta tekstur yang indah. Berikan jarak antara satu kue dengan kue lainnya.
  7. Lakukan hal di atas hingga adonan habis.
  8. Panggang kue selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah matang, matikan oven dan biarkan sebentar supaya suhunya turun.
  9. Keluarkan dari oven. Jika kue sudah keras dan dingin, kue kelapa kering siap disajikan dan dinikmati. Simpan kue kelapa kering di dalam wadah yang tertutup.

Leave a Comment