Cara Membuat Minyak VCO Sendiri Yang Gampang Dan Anti Gagal

Pada artikel kali ini akan membahas cara membuat minyak VCO sendiri yang gampang dan anti gagal ketika digunakan sehari-hari. Membiasakan dengan hidup sehat memang sangatlah penting bagi semua orang.

Polemik minyak goreng yang tak kunjung usai. Selain soal harga, masyarakat kini sudah dihadapkan dengan situasi minyak goreng yang langka di pasaran. Bahkan di swalayan modern pun, yang biasanya rak dipenuhi dengan berbagai merek minyak goreng, kini lebih sering kosong.

Melihat kondisi tersebut, mungkin sudah waktunya kita beralih menggunakan cara alternatif untuk pengganti minyak goreng yaitu menggunakan minyak kelapa untuk memasak. Bahkan kelebihan dari minyak vco bisa membuat masakan lebih beraroma.

Minyak vco memang sejak dari dulu sudah dipakai oleh nenek moyang kita, tak hanya bisa digunakan untuk pengganti minyak goreng kelapa sawit saja namun juga dipercaya memiliki efek positif bagi kesehatan mulai dari menghilangkan lemak, menurunkan potensi penyakit jantung dan juga yang lainnya.

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat minyak VCO sendiri yang gampang dan anti gagal di rumah yang telah dirangkum.

Alat dan Bahan-Bahan yang Diperlukan

cara membuat minyak vco sendiri

VCO atau minyak kelapa ini umumnya dibuat dengan cara menekan daging kelapa kering yang disebut sebagai kopra atau daging kelapa segar. Anda bisa membuat minyak vco di rumah dengan menggunakan cara kering atau dengan cara basah. Ada lima cara untuk membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Sebelum masuk kelangkah-langkahnya, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minyak kelapa rumahan tersebut, antara lain:

1. Kelapa tua sesuai dengan kebutuhan.

2. Air secukupnya.

3. Saringan.

4. Parutan.

5. Wadah untuk menyimpan minyak kelapa

1. Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Pemanasan

Proses membuat minyak kelapa dengan cara pemanasan, yaitu:

1. Kupas buah kelapa, lalu ambil dagingnya.

2. Parut daging kelapa tersebut menggunakan parutan hingga halus, jika anda enggan untuk memarut sendiri anda bisa membeli sendiri parutan daging kelapa yang sudah diparut di pasar.

3. Campurlah parutan kelapa tersebut dengan menggunakan air matang secukupnya, lalu peras dan saring untuk mendapatkan santan.

4. Kemudian siapkan tempat penggorengan dengan nyala api yang kecil lalu tuangkan air santan tersebut.

5. Aduk santan secara peralahan sampai rata, karena dengan mengaduknya secara terus-menerus maka air santan akan menguap dan terpisah sehingga hanya tersisa minyak dan ampas kelapa saja yang dikenal dengan blondo.

6. Setelah minyak kelapa atau minyak vco terbentuk, tuangkan ke dalam botol atau wadah yang sudah disiapkan.

2. Cara Membuat Minyak VCO untuk Minyak Goreng

Cara membuat minyak goreng dari kelapa secara tradisional pada prinsipnya yaitu dengan memanaskan santan dari kelapa yang sudah tua. Produksi minyak goreng dari kelapa secara rutin tentunya ada sisa atau sampah kelapa yang melimpah. Berikut ini cara membuat minyak dari kelapa, yaitu:

1. Kelapa yang sudah dikupas dari sabutnya kemudian dipecah dan diambil dagingnya saja. Air kelapa ditampung ke dalam wadah yang sudah disiapkan.

2. Daging kelapa yang telah dicuci kemudian diparut hingga halus.

3. Campurkan parutan kelapa dengan menggunakan air kelapa. Keuntungan air kelapa di campurkan pada parutan kelapa agar bisa menghasilkan blendo yang manis gurih dan mengurangi limbah produksi.

4. Kemudian campuran air kelapa dan parutan kelapa diuleni lalu diperas dengan cara diperas untuk diambil santannya saja.

5. Panaskan santan kelapa di tempat penggorengan sambil diaduk. Pemanasan santan dihentikan bila minyak sudah terpisah dari blendo atau ampas santan sampai berwarna agak kekuningan. Apabila minyak sudah dingin, selanjutnya lakukan penyaringan.

6. Saring minyak dari blendo atau ampas santas untuk mendapat minyak yang lebih bersih dan jernih.

3. Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Perebusan

Berikut ini adalah cara membuat minyak kelapa dengan perebusan, yaitu:

1. Langkah pertama siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap.

2. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua hingga halus.

3. Campurkan parutan kelapa ke dalam air panas, lalu blender sampai halus dan mengeluarkan santan.

4. Kemudian, saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang lebih banyak.

5. Jika santan sudah terkumpul banyak, rebus dengan suhu api sedang.

6. Aduk santan terus menerus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berubah berwarna kecokelatan terpisah dari minyak.

7. Proses ini memakan waktu kurang lebih hingga hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti saat mengaduknya.

4. Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Fermentasi

Lakukan cara membuat minyak kelapa sendiri dengan fermentasi jika Anda hanya membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah yang sedikit. Berikut ini cara pembuatannya:

1. Pilih kelapa yang sudah matang dengan kualitas yang baik dan juga segar.

2. Selanjutnya bersihkan buah kelapa.

3. Parut buah kelapa sampai halus.

4. Setelah itu, campur dengan air matang secukupnya.

5. Lalu peras buah kelapa yang sudah diparut dan diberi air untuk diambil sari-sari kelapa.

6. Tuangkan hasilnya ke dalam wadah atau botol yang sudah disiapkan.

7. Selanjutnya diamkan selama 24 jam di dalam suhu ruang 32 derajat celcius.

8. Proses penyimpanan tersebut berguna untuk memisahkan antara air dan minyak kelapa.

9. Langkah terakhir saring air yang sudah terpisah dengan minyak yang berwarna putih pucat.

Nah, itulah pembahasan tentang cara membuat minyak VCO sendiri yang gampang dan anti gagal yang mudah untuk dilakukan sendiri dirumah. Serta beberapa manfaat yang dihasilkan dari minyak VCO ini yang ternyata banyak sekali kebaikan bagi tubuh. Untuk membuat minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil sendiri agar lebih cepat bisa menggunakan mesin minyak kelapaMesin minyak kelapa ini berfungsi untuk memproduksi minyak kelapa.

Leave a Comment