Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Serta Cara Membuatnya

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan kulit. Berbagai macam manfaat minyak kelapa untuk kesehatan bisa anda dapatkan dari cara menggunakannya. Cara mendapatkan minyak kelapa dan juga cara pengaplikasiannya yang cukup mudah menjadikan minyak kelapa menjadi salah satu minyak yang memiliki banyak kelebihan yang ada di dalamnya.

Minyak kelapa seringkali disebut sebagai minyak alternatif yang lebih sehat dari pada jenis minyak lainnya. Jenis minyak kelapa yang satu ini, dianggap bermanfaat untuk kecantikan dan juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Sebagian besar orang awam percaya dengan manfaat dari komponen yang satu ini. Namun, para ahli nutrisi masih memperdebatkannya dengan manfaat yang ada pada minyak kelapa ini. Pasalnya, minyak kelapa mempunyai kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Sementara itu, lemak jenuh yang berlebih di tubuh bisa memicu timbulnya penyakit jantung.

Di sisi lain, para ahli menyebutkan kandungan yang ada pada minyak kelapa, yaitu susunan lemak jenuh yang ada pada minyak kelapa berbeda dari yang terdapat pada olahan produk hewani. Mereka pun menilai, bahwa minyak kelapa ini memiliki manfaat lainnya, seperti yang akan dijelaskan seperti berikut ini.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Minyak kelapa mengandung zat gizi tinggi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Minyak kelapa murni memiliki kandungan senyawa antioksidan phenolic. Selain itu, manfaat minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat mendukung untuk pertumbuhan bakteri baik yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat di dalam pencernaan.

Beberapa ahli percaya bahwa minyak kelapa ini dapat memberikan manfaat kesehatan selama dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan atau sesuai aturan yang ada. Berikut ini potensi manfaat minyak kelapa untuk kesehatan.

1. Manfaat minyak kelapa untuk membuat rambut berkilau

Beberapa orang percaya bahwa dengan mengoleskan minyak kelapa ke rambut akan membuatnya lebih berkilau dan terlindungi dari kerusakan dan kerontokan. Karena, minyak kelapa ini dinilai dapat menyerap ke kulit kepala dan lebih baik dari jenis minyak dari mineral. Meskipun mempunyai banyak manfaat, minyak kelapa ini sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Jika Anda ingin mencoba minyak kelapa, tentu tidak ada salahnya. Namun, ada baiknya Anda mencari tahu kecocokan untuk jenis rambut Anda terhadap perawatan dengan minyak kelapa.

2. Manfaat minyak kelapa untuk melembapkan kulit

Minyak kelapa ini bisa dapat digunakan sebagai pelembap yang baik untuk kaki, tangan, dan siku Anda. Minyak kelapa ini juga dapat digunakan sebagai pelembap wajah bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang kering. Manfaat minyak kelapa untuk kulit tidak hanya berhenti di situ saja. Karena, bahan ini ternyata juga dinilai dapat membantu memperbaiki tumit yang pecah-pecah dan memperbaiki pada area tubuh yang lainya. Untuk melakukan perawatan tersebut, Anda bisa melakukan dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke tumit sebelum tidur, lalu gunakan kaus kaki. Ulangi metode tersebut hingga tumit menjadi halus.

3. Manfaat minyak kelapa untuk mencegah penyakit hati

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan hewan uji, melihat pengaruh konsumsi minyak kelapa terhadap kesehatan hati. Hasilnya, hewan yang mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama 4 minggu, memiliki kesehatan hati yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum tidak mengonsumsinya. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat pada minyak kelapa yang satu ini pada manusia.

4. Manfaat minyak kelapa untuk membantu penurunan berat badan

Banyak orang percaya bahwa minyak kelapa ini bisa membantu menurunkan berat badan. Kegunaan minyak kelapa yang satu ini dapat dipercaya datang dari komponen khas bernama MCT. Komponen tersebut dinilai akan membuat lemak jahat yang ada di dalam minyak kelapa, langsung diolah menjadi energi dan tidak menumpuk terlalu lama di dalam tubuh. Meski begitu, bukan berarti minyak kelapa ini bisa dijadikan solusi satu satunya untuk menurunkan berat badan. Anda tetaplah harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan olahraga secara teratur.

5. Manfaat minyak kelapa untuk meningkatkan fungsi otak

Kandungan yang terdapat di dalam minyak kelapa, bisa diubah oleh hati menjadi keton atau asam yang dihasilkan oleh tubuh yang mulai membakar lemak. Keton merupakan sumber energi alternatif untuk otak.

6. Memerangi infeksi bakteri di tubuh

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri. Sehingga, minyak jenis ini bisa digunakan untuk memerangi infeksi yang ada di dalam tubuh. Manfaat minyak kelapa yang satu ini, diketahui melalui suatu penelitian di laboratorium, meskipun belum menggunakan hewan uji maupun manusia sebagai objek penelitiannya.

7. Menjadi alternatif bahan makanan yang lebih sehat

Minyak kelapa bisa Anda gunakan sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan minyak kedelai, misalnya. Minyak ini dapat digunakan untuk membuat mayones atau cokelat yang lebih sehat dari yang Anda beli di supermarket.

8. Percepat penyembuhan luka

Pada sebuah uji coba yang menggunakan hewan sebagai objeknya, minyak kelapa terbukti bisa mempercepat  penyembuhan luka, karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan menghambat terjadinya peradangan di kulit. Anda dapat mencobanya dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada luka gores yang tidak parah dan menutup lukanya dengan menggunakan perban. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakannya dan pastikan bahan maupun alat yang anda akan gunakan benar-benar sudah steril, untuk menghindari terjadinya infeksi.

9. Dipercaya dapat melawan jamur

Minyak kelapa juga dapat dipercaya untuk membantu melawan infeksi jamur candida albicans. Penelitian yang dilakukan, serupa dengan riset untuk melihat kandungan manfaat dari minyak kelapa dalam melawan infeksi bakteri.

10. Membersihkan rongga mulut

Berkumur dengan menggunakan minyak kelapa, adalah salah satu metode perawatan gigi tradisional yang sejak lama telah digunakan. Cara ini dianggap bisa dapat membantu melindungi gigi dari bakteri karena penyebab gigi berlubang, meredakan gejala radang gusi, dan menjaga keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

11. Untuk scrub

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai scrub tubuh untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada tubuh. Caranya cukup campurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas garam. Setelah itu gunakan campuran ini untuk scrub saat mandi.

12. Menghilangkan noda hitam

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang mampu untuk menyamarkan noda bekas jerawat, noda hitam tanda penuaan dini, dan noda bekas luka. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang ada nodanya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

 

Cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah

Cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah sebenarnya juga tidak terlalu sulit apalagi dengan menggunakan mesin vco (Virgin Coconut Oil). Ada dua cara untuk membuat minyak kelapa, yang pertama yaitu dengan teknik pemanasan dan yang kedua dengan menggunakan teknik tanpa pemanasan. Berikut ini adalah tahapan cara membuat minyak kelapa yang bisa Anda ikuti:

1. Dengan teknis pemanasan

  • Parut daging kelapa dan peras santannya saja (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masak santan yang sudah diperas dengan menggunakan api kecil selama 2 sampai 3 jam. Pastikan santan kelapa tidak hangus dengan sesekali mengaduknya secara pelan.
  • Setelah santan berubah menjadi berwarna kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa akan mulai muncul di atas santan tersebut.
  • Matikan api dan diamkan di suhu ruang sampai minyak kelapa tidak panas.
  • Setelah tidak lagi panas, sendok minyak untuk dituang ke dalam wadah yang telah dilapisi dengan kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Cara membuat minyak kelapa menggunakan teknik memasak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak kelapa yang berwarna kuning. Minyak kelapa dengan teknis pemanasan ini dapat disimpan selama 8 sampai 10 bulan di suhu ruang.

Dengan syarat, minyak kelapa ini harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat sehingga mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas pada minyak kelapa tersebut.

2. Dengan teknik tanpa pemanasan

  • Parut daging kelapa yang tua dan peras santannya (bisa juga diberikan air secukupnya agar santan keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama 1 sampai 2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yaitu santan di atas dan air di bawah.
  • Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang dari santan.
  • Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  • Setelah 24 jam akan terbentuk menjadi tiga lapisan, yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), dan air (bawah)
  • Sendok minyak untuk dituang ke dalam wadah yang telah dilapisi dengan kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa memasukkan minyak dalam wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah yang sama dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan minyak kelapa.

Leave a Comment