Kegunaan Kulit Kelapa Kesehatan

Kegunaan Kulit Kelapa Kesehatan- Kelapa merupakan buah yang mengandung banyak manfaat. Pada umumnya kelapa dapat tumbuh dimana saja, baik di gunung maupun di pantai. Bagian kelapa yang biasa digunakan adalah daging buahnya yang digunakan untuk membuat santan. Bagaimana dengan tempurung kelapa? Apakah bisa digunakan dengan cara yang sama seperti kulit buah lainnya?

Kegunaan Kulit Kelapa

kegunaan kulit kelapa

1. Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat kulit kelapa adalah mencerahkan kulit. Hal ini disebabkan konsentrasi deterjen yang terkandung dalam serat kulit. Caranya sangat sederhana, batok kelapa berserat diambil dari kelapa tua. Kemudian dijemur di bawah terik matahari dan digosok ringan dengan sabun cair saat mandi. Cara ini sebenarnya hampir mirip dengan menggunakan spon mandi. Serat yang agak kasar ini ternyata bisa mengangkat kotoran dari kulit yang terkadang sulit dihilangkan.

2. Masker Wajah

Tidak hanya mencerahkan kulit kaki dan tangan saja, manfaat kulit kelapa juga bisa digunakan untuk masker wajah. Caranya sangat sederhana, kulit kelapa kering bisa digosok atau ditumbuk halus, yang kemudian dioleskan ke wajah. Tunggu beberapa saat hingga agak kering, lalu cuci dengan air hangat. Dengan metode ini, Anda bisa membuat wajah Anda kencang, halus dan bercahaya. Cara yang sangat mudah untuk mendapatkan wajah yang bersih dan putih.

3. Kasur Yang Sehat

Jika hal diatas adalah tentang penggunaan kulit kelapa sebagai bahan masker atau sebagai alat untuk menghilangkan kotoran pada kulit, maka kali ini dapat digunakan sebagai alas yang sehat. Tapi Anda membutuhkan banyak serat dari batok kelapa. Ini bisa digunakan untuk terapi kesehatan, caranya dengan menaruh banyak serat di tempat tidur, yang kemudian ditidurkan. Beberapa penyakit seperti sakit hilang jika Anda rajin tidur di atas tikar sehat serabut kelapa.

4. Pengawet Makanan Alami

Batok kelapa dianggap sebagai pengawet alami dan dapat digunakan sebagai asap cair. Selain lebih aman bagi kesehatan, asap cair dapat digunakan untuk mengawetkan makanan pengganti formalin yang sangat berbahaya. Manfaat asap cair dari tempurung kelapa antara lain fenol yang tentunya sangat bermanfaat untuk pengawetan makanan.

5. Membersihkan Kuku

Kuku merupakan bagian tubuh yang sangat rentan terhadap kotoran dan infeksi. Kulit kelapa dapat digunakan untuk membersihkan kuku tangan dan kaki. Kalau kukunya bersih, bakterinya tentu juga bas malas. Jika kuku bersih, maka kesehatan tubuh juga terjamin. Tentunya kuku yang sehat juga enak dipandang.

6. Membalut Luka

Selain untuk membersihkan kuku, kulit kelapa juga bisa digunakan untuk membalut luka. Luka di kulit bisa langsung dibilas dengan air lalu dibalut dengan sabut kelapa halus. Ingat, serat yang sangat halus itu bisa digunakan untuk membersihkan luka sebagai pengganti perban. Tentu mereka mendapatkan obat terlebih dahulu, kemudian kapas dan dibungkus dengan sabut kelapa halus.

7. Lulur Tubuh

Kulit kelapa dapat digunakan tidak hanya untuk kulit wajah tetapi juga untuk lulur. Caranya adalah dengan membakar batok kelapa terlebih dahulu hingga menjadi abu. Abu dan cangkang kelapa dapat ditambahkan ke air dan air mawar, yang tersedia di supermarket. Kulit kelapa dapat digunakan sebagai lulur. Lebih baik digunakan sebelum mandi, karena tubuh masih dalam keadaan alami.

8. Menghaluskan Kulit Kaki

Terlalu sedikit perhatian biasanya diberikan pada kesehatan kaki. Oleh karena itu, banyak kasus dimana kaki menjadi kasar dan bersisik. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Masih ada batok kelapa yang bisa dijadikan semir kaki. Serat halus ini bisa digosokkan ke kaki yang kasar dan pecah-pecah. Hal ini tentunya sangat murah, mudah dan pasti bisa dilakukan di rumah.

9. Pengurangan Kolesterol

Kulit kelapa juga bisa menurunkan kolesterol. Bagaimana? Caranya adalah dengan memanfaatkan bagian batok kelapa untuk dijadikan arang untuk membakar makanan. Dipercayai bahwa makanan yang dipanggang dari batok kelapa tidak hanya enak, tetapi juga lebih sehat. Arang yang berasal dari batok kelapa lebih mudah terbakar. Jadi minyak berasal dari makanan berlemak dan tentunya jauh lebih sehat.

10. Menghilangkan Rasa Gatal

Air rebusan kulit kelapa juga dipercaya dapat meredakan kulit gatal. Ini karena kandungan antibakteri alami pada seratnya. Banyak yang menggunakannya sebagai anti gatal. Caranya sangat sederhana, air direbus dan ditambahkan serat hingga mendidih. Setelah itu, air dingin ditambahkan ke air untuk menghangatkannya dan kemudian bisa digunakan untuk mandi.

Tentunya, jika ingin membuat sabut kelapa anda memerlukan mesin sabut kelapa agar nantinya bisa lebih praktis dan lebih baik. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan sesuai keinginan Anda. Nah itulah penjelasan tentang kegunaan kulit kelapa. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Comment