Cara Membuat Keripik Jamur Krispi yang Bikin Nagih!!

Cara membuat keripik jamur krispi – Menurut sejarah jamur dulu digunakan sebagai hidangan mewah bagi para raja di Mesir. sekarang, jamur populer di masyarakat dan banyak disajikan dalam berbagaimenu makanan yang enak.

Bahkan, ada beberapa di antaranya digunakan sebagai obat herbal. Jamur mulai dikenal sebagai bahan makanan sejak 3.000 tahun lalu. Pada zaman itu, jamur digunakan sebagai hidangan mewah bagi para raja di Mesir.

Masyarakat umum pada kala itu dilarang mengonsumsi jamur karena ketersediaanya yg masih terbatas.Berkat kelezatannya, jamur tiram diabadikan ke dalam bentuk relief di salah satu bagian di gereja Prague Castle di Saint Vitus Cathedral di kota Praha.

Relief ini dibuat tahun 925 Sebelum Masehi, bercerita tentang ratu pertama yang menganut agama Nasrani. Keluarga kerajaan merayakannya dengan mencicipi kelezatan hidangan jamur tiram.

Jamur juga dikonsumsi untuk pengobatan herbal bagi para raja dan bangsawan di negeri Cina pada masa Dinasti Shu yaitu sekitar 2.400 tahun lalu. Jamur yang digunakan pada saat itu ialah jamur ling zhi.

Selain jamur ling zhi ada jugha jamur kuping yang juga dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Beberapa bangsa di dunia seperti Yunani,Rusia, dan Meksiko percaya bahwa memakan jamur bisa mendapatkan kekuatan super. Jamur yang mereka makan umumnya diperoleh dari kayu-kayu lapuk saat pergantian musim.

Cara Membuat Keripik Jamur Krispi

cara membuat keripik jamur krispi

1. Cara Membuat Keripik Jamur Tiram

Bahan bahan :

  1. Jamur tiram secukupnya
  2. Tepung beras 300g
  3. Tepung terigu 100g
  4. Telur ayam 1 buah
  5. Kemiri 5 butir
  6. Bawang putih 4 butir
  7. Garam  dapur halus secukupnya
  8. Ketumbar bubuk secukupnya

Langkah langkah :

  1. Langkah awal cuci hingga benar-benar bersih jamur tiram memakai air mengalir.
  2. Selanjutnya jamurnya di suwir suwir sesuai dengan selera namun jangan terlalu kecil.
  3. selanjutnya Tuangkan air bersih ke dalam panci kemudian rebus hingga mendidih, masukan suwiran jamur tiram lalu dimasak selama kurang lebih 3 menit. Angkat dan tiriskan.
  4. Setelah itu haluskan bumbu-bumbunya seperti kemiri, bawang putih, garam dapur halus dan ketumbar sampai benar-benar halus.
  5. Lanjut Masukan telur ayam ke dalam bumbu yang telah dihaluskan, lalu aduk hingga tercampur rata.
  6. Tambahkan jamur tiram yang telah direbus ke dalam campuran bumbu, aduk hingga merata semuanya.
  7. Campurkan tepung beras dan tepung terigu di dalam 1 wadah sampai yang terpisah benar-benar tercampur.
  8. diAngkat satu persatu jamur dari adonan basah ke dalam wadah tepung sembari diremas-remas agar tercampur merata.
  9. jamurnya di goreng sampai matang kecoklatan dan kering di dalam minyak yang telah dipanaskan sebelumnya.
  10. Angkat dan tiriskan, Bisa dengan mesin peniris minyak agar lebih mudah dan hasil maksimal, rumahmesin.com menyediakan mesin peniris minyak yang berkualitas dan harga terjangkau.
  11. Lanjut masukan jamurnya ke dalam wadah yang kedap udara agar tahan lama dan keripik jamur krispi siap untuk dihidangkan.

2. Cara Membuat Keripik Jamur Enoki

Bahan-bahan :
  1. 2 bungkus jamur enoki dan
  2. 1 bungkus tepung bumbu serbaguna dan
  3. 1 sdm tepung beras dan
  4. 1 sdm tapioka atau maizena.

Langkah-Langkah :

  1. Bersihkan jamur. Pisah2kan.
  2. Balur dgn campuran tepung bumbu.
  3. Goreng sampai keemasan.
  4. Angkat dan tiriskan.
  5. Setelah dingin masukkan dlm wadah tertutup supaya awet krispinya.

3. Cara Membuat Keripik Jamur Sawit

Bahan-bahan :

  1. sesuai keinginan Jamur sawit
  2. Tepung serba guna

Langkah-Langkah :

  1. Bersihkan jamur sawit lalu rebus.
  2. tiriskan dan dicuci
  3. Masukkan tepung serba guna ke dalam piring, lalu campurkan dengan jamur. Setelah itu tiriskan tepungnya dengan ayakan. Agar tepungnya tidak gugur di penggorengan.
  4. Lalu goreng jamur yang sudah di baluri adonan
  5. Setelah di rasa cukup matang tiriskan.
  6. Masukan ke dalam wadah, agar lebih enak lagi bisa di tambah bubuk bumbu cabe, jamur kripi siap di hidangkan.

Manfaat mengonsumsi jamur

1. Mencegah Kanker

Jamur menyimpan antioksidan yang tinggi, yang berperan sebagai pelindung tubuh dalam menangkal radikal bebas pemicu kanker. Selain antioksidan, kandungan beta glucan di dalam jamur juga bisa mencegah kanker, seperti kanker usus besar dan juga kanker serviks.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mencegah kanker, kandungan antioksidan dan beta glucan di dalam jamur juga bisa mencegah penyakit jantung. Jamur juga memilik banyak vitamin B, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Kekebal

Isi beta glucan di dalam jamur juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jamur juga merupakan sumber prebiotik yang sangatf bagus untuk saluran pencernaan dan menghalangi pertumbuhan patogen penyebab penyakit.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Beta glucan di dalam jamur merupakan sumber serat larut yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa beta glucan juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, meski dalam jumlah yang kecil.Selain itu, kalium di dalam jamur diketahui juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

5. Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Kalium yang terdapat di dalam jamur juga berperan dalam membantu otot dan saraf yang bekerja. Selain itu, jamur juga memiliki tembaga yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Macam-macam tipe jamur  ada yang dibudidayakan dengan memakai sinar UV  yang gunakan untuk meningkatkan kandungan vitamin D di dalamnya. Vitamin D sendiri adalah nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Karena mempunyai kadungan serat yang lumayan tinggi, jamur bisa bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, jamur juga bisa membantu Anda mengontrol dan menurunkan berat badan.

Demikian itulah ulasan mengenai cara membuat keripik jamur krispi yang bisa di tiru di rumah atau di manapun, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu ya!!

Leave a Comment