Cara Mengolah Kopra Menjadi Minyak Dengan Mudah

Cara Mengolah Kopra Menjadi Minyak Dengan Mudah- Pengolahan kopra menjadi minyak, atau lebih sering disebut minyak kelapa, dapat diolah dalam tiga jenis pengolahan. Ada proses kering, proses basah, dan juga proses ekstraksi pelarut. Pengolahan selanjutnya tentu tidak mudah dan beberapa tahapan harus dilakukan selama pengolahan.

Pada pengolahan tadi tidak harus dengan 3 cara yang sudah ada, anda bisa mengatasinya sesuai pilihan yang sudah anda kuasai. Karena jika tidak maka minyak yang dihasilkan dalam proses pembuatannya tidak sempurna. Meskipun minyak diproduksi, kualitas minyak juga harus diperhatikan.

Kopra dan Minyak

cara mengolah kopra menjadi minyak

Bagi yang belum familiar dengan kopra, kopra ini dikenal dengan daging kelapa yang telah melalui beberapa tahap hingga kering. Yang dalam artian kopra merupakan salah satu olahan turunan kelapa yang penting karena dapat digunakan dalam produksi minyak. Namanya minyak kelapa.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pembuatan minyak kelapa membutuhkan beberapa langkah dari ketiga cara yang ada, sehingga Anda juga perlu merawatnya. Biasanya produsen besar mengeringkan kopra sebelum mengolahnya di tanur kopra putih menjadi minyak yang cepat kering.

Cara Mengolah Kopra Menjadi Minyak

1. Cara Kering

Metode pengolahan kopra menjadi minyak yang pertama adalah metode kering. Dahulu kelapa harus diolah terlebih dahulu menjadi kopra, yang selain dijemur atau disangrai di dalam oven, juga dapat digunakan dengan mesin pengolah kelapa untuk menghasilkan kopra. Dan cara mengubahnya menjadi minyak, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  1. Cara yang pertama, anda bisa mencacah atau menggiling tembaga hingga menjadi bubuk kasar atau bubuk.
  2. Setelah itu, panaskan bubuk kopra dan tekan-tekan hingga mengeluarkan minyak gergaji. Dalam hal ini ampas masih harus digiling hingga halus, dan setelah itu ampas yang sudah digiling dapat ditekan kembali agar mendapat minyak yang lebih sempurna, karena ampasnya kurang.
  3. Anda dapat mengekstrak minyak dari pers dengan menyaringnya terlebih dahulu. Dan kemudian Anda dapat melakukan hal berikut:
  • Tambahkan senyawa basa yang mengandung KOH atau NaOH untuk menetralisirnya, membiarkan asam lemak bebas dalam minyak menghilang.
  • Menambahkan penyerap berwarna yang dapat dibuat dengan Arang Aktif. Ini dilakukan agar minyaknya bening dan bening.
  • Gunakan minyak dengan uap panas untuk menghilangkan senyawa berbau dari minyak.
  1. Setelah Anda melakukan hal di atas, Anda siap untuk mulai mengemas minyak kelapa. Karena hal-hal di atas, minyak kelapa menjadi bersih, bening dan tidak berbau. Dengan cara inilah minyak kelapa dihasilkan dengan sempurna dan berkualitas tinggi.

2. Cara Ekstraksi Larutan

Sama halnya dengan cara kering, sebelum disuling menjadi minyak, Anda juga harus menghaluskan daging kelapa menjadi kopra terlebih dahulu. Sehingga nantinya ketika ditambahkan ke dalam pelarut kelapa dapat dengan mudah mengeluarkan minyaknya. Sifat pelarut yang digunakan adalah titik didihnya rendah, mudah menguap, tidak ada interaksi kimiawi dan residunya tidak beracun.

Lihat bagaimana hal itu dilakukan di bawah ini!

  1. Cara yang pertama tentu saja sama, kopra harus dicacah atau digiling hingga menjadi bubuk kasar atau bubuk.
  2. Setelah itu, Anda bisa memasukkan bubuk kopra mentah tadi ke dalam ruang ekstraksi yang berbeda dengan pelarutnya, lalu panaskan pelarutnya hingga menguap. Kemudian, uap pelarut naik ke ruang kondensasi untuk diproses lebih lanjut dan menjadi uap kondensat atau pelarut, yang dipisahkan dan kemudian mengalir ke ruang ekstraksi untuk mengekstraksi lemak dari bubuk kopal. Kemudian, saat ruang ekstraksi terisi dengan pelarut, minyak akan mengalir dengan sendirinya ke dalam ruang penguapan.
  3. Minyak yang mengandung pelarut kemudian menguap di ruang penguapan. Dan oli tetap berada di ruang penguapan. Proses diulangi maksimal 3 jam dan penguapan dihentikan sampai tidak ada lagi pelarut di dalam minyak.
  4. Kemudian Anda dapat melakukan hal yang sama seperti pada langkah c metode kering. Sehingga minyak yang dihasilkan benar-benar bebas dari kotoran atau bau yang tidak sedap.

Demikian penjelasan tentang cara mengolah kopra menjadi minyak. Jangan lupa gunakan oven kopra putih terbaik yang bisa anda temukan di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment