Cara Membuat Pupuk dari Rumput Liar

Cara membuat pupuk dari rumput liar – Cara membuat pupuk dari rumput liar. Sebagian orang beranggapan bahwa ilalang hanya merusak keindahan pekarangan.

Nyatanya, banyak orang melakukan apa saja untuk menyingkirkan gulma yang tumbuh di pekarangan mereka. Padahal, gulma dapat dijadikan pupuk kompos yang berguna untuk kesuburan tanaman.

Selain itu, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan alat yang mudah ditemukan dan praktis. Untuk mencacah rumput ini Anda bisa menggunakan mesin pencacah rumut, mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan dipakai.

Gulma sering dianggap remeh, selain mengganggu karena membuat pekarangan atau kebun menjadi rimbun.

Padahal, rumput bisa dijadikan produk yang bermanfaat. Dan; bahkan bisa memiliki nilai ekonomi, jika dikelola dengan sungguh-sungguh.

Produk sasarannya adalah menghasilkan limbah dari gulma yang telah dipotong dan akan diolah atau dibakar menjadi kompos. Pupuk yang berguna untuk menyuburkan tanaman.

Kompos adalah salah satu jenis pupuk organik yang terbentuk dari proses penguraian atau pembusukan bahan organik. Dekomposisi dilakukan oleh mikroorganisme aktif.

Karena dalam proses pembuatan pupuk organik membutuhkan bantuan cairan pengurai. Cairan ini bisa didapatkan dengan mudah dan murah dari toko kelontong.

Bahan yang Diperlukan

Kembali ke topik tulisan di atas, yaitu cara membuat kompos dari rumput liar. Untuk membuatnya diperlukan sejumlah bahan. Bahan-bahan tersebut, adalah:

  1. Sampah rumput liar yang sudah kering atau dikeringkan. Jumlahnya terserah saja seberapa dapatnya. Semakin banyak bahan baku sampah rumput keringnya, semakin banyak juga kompos yang dihasilkan.
  2. Larutan dekomposer. Bisa dibuat sendiri tapi jika mau praktis cukup dengan membelinya di toko pertanian.
  3. Wadah penyimpan, bisa berbentuk apa saja tapi yang paling praktis kantung plastik atau keresek warna apa saja.

Bisa juga digunakan ember yang ada tutupnya atau bekas kaleng cat. Ukuran wadahnya ini disesuaikan saja dengan jumlah bahan yang diperoleh.

  1. Ember, untuk media sejenis yang bisa digunakan untuk mencampur adukan larutan dekomposer dengan air.

Cara Membuat Pupuk dari Rumput Liar

Cara Membuat Pupuk dari Rumput Liar

Keringkan Rumput

Ambil rumput dengan sabit dan biarkan di tanah dan tunggu sampai kering. Biasanya pada musim kemarau, dibutuhkan waktu sekitar tiga hari agar rumput benar-benar kering dan menguning. Setelah kering, rumput dapat digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan kompos tanaman.

Cincang Rumput

Setelah kering, kumpulkan rumput dan cincang atau potong kecil-kecil dengan pisau atau gunting. Jika Anda memiliki komposter, akan lebih mudah untuk memotong jerami.

Cara ini dilakukan agar lebih mudah terurai saat dekomposisi dan menjadi kompos. Jika rumput tidak dicacah, proses pengomposan akan lebih lama.

Dekomposisi atau Pembusukan

Kemudian proses dekomposisi atau dekomposisi yaitu menggunakan bahan kering untuk dijadikan kompos. Masukkan jerami ke dalam kantong plastik, lalu siapkan air dan ember.

Semakin banyak jerami yang Anda gunakan, semakin banyak air yang Anda butuhkan. Kemudian masukkan beras tua ke dalam saringan untuk membuat dekomposer.

Dosisnya campurkan 2,5 liter air dengan 300ml beras tua dan aduk hingga larut. Kemudian, masukkan resin yang mengandung jerami ke dalam larutan dekomposisi dan tiriskan airnya.

Pastikan air tidak terkumpul di dalam plastik. Jika rumput sudah kering, ulangi langkah tersebut beberapa kali hingga rumput berwarna hitam. Umumnya, dibutuhkan waktu satu bulan agar dekomposisi ini berhasil.

Hasil Kompos

Apabila rumput dalam plastik sudah hancur dan menghitam, pupuk kompos sudah jadi dan siap diaplikasikan ke tanaman agar lebih subur dan cepat berbunga atau berbuah.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam pencacahan rumput ini, Anda harus mempunyai mesin pencacah rumput yang ini. Nah, itulah beberapa cara membuat pupuk dari rumput lair yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment