Cara Membuat Singkong Balado untuk Camilan di Rumah!!

Cara membuat singkong balado – Berkunjung ke kota Bukittinggi belum lengkap rasanya tanpa berfoto di sekitar jam Gadang yang menjadi ciri khas kota cantik ini. Namun, jika hanya membawa foto-fotonya saja, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba oleh-olehnya.

Diantara sekian banyak oleh-oleh makanan yang dijual di kawasan Bukittinggi, karupuak merupakan salah satu jajanan atau oleh-oleh yang paling banyak diminati di kota ini karena makanan ini sangat enak dan juga nikmat.

Karupuak merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah olahan singkong yang memiliki cita rasa yang sangat khas, oleh karena itu makanan ini memiliki 3 jenis yaitu tanpa bumbu, rasa asin dan bumbu pedas yang disebut balada keripik singkong.

Diantara ketiga rasa mesin kasir tersebut, keripik singkong yang paling banyak diminati adalah keripik singkong balado. Keripik kentang ini merupakan salah satu masakan favorit masyarakat Indonesia khususnya di daerah Bukittinggi yang menyukai keripik balado.

Namun tak perlu jauh-jauh membelinya di kawasan Bukittinggi, Anda bisa mencobanya di rumah Anda. Jadi jangan ragu untuk mencoba hidangan yang sangat lezat ini. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

cara membuat singkong balado

1. Siapkan Bahan Bahannya

Bahan-bahan:

  • 5 singkong seukuran lengan
  • 1/4 kg cabe merah besar atau keriting
  • 10 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 potong jahe
  • 3 lembar daun kunyit
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan cod putih
  • Tambahkan garam secukupnya
  • rempah-rempah secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

2. Kupas dan Parut Singkong

Kupas singkong dan parut tipis-tipis dengan alat pengupas kentang atau alat khusus keripik. Selanjutnya, rendam singkong dalam larutan pemutih agar hasil akhirnya lebih kental saat dimasak. Setelah singkong direndam beberapa saat, buang air rendamannya dan bilas kembali hingga airnya jernih. Jangan lupa ditiriskan untuk mengurangi kadar airnya.

3. Haluskan Bumbu Hingga Lembut

Siapkan blender lalu tambahkan lima siung bawang putih, sepotong jahe dan sepotong kunyit. Haluskan bumbu hingga halus, lalu gosokkan bumbu halus ke dalam singkong yang telah ditiriskan sebelumnya.

Tambahkan garam dan aduk rata. Selanjutnya, tambahkan satu cabai merah besar dan lima siung bawang putih ke dalam blender. Tambahkan minyak goreng sebagai pengganti air agar keripik balado tidak mudah matang. Blender cabai hingga cukup halus agar keripik terlihat lebih menarik.

4. Goreng Singkong Hingga Garing

Langkah selanjutnya adalah menggoreng singkong hingga garing. Siapkan wajan, beri minyak goreng secukupnya. Tunggu minyak panas, lalu masukkan singkong yang sudah dilumuri bumbu.

Keringkan singkong yang sudah disangrai, lalu angkat dan tiriskan. Jangan lupa untuk mengaduk singkong saat dimasak agar tidak lengket dan matang merata.

5. Goreng Bumbu Halus Hingga Matang

Setelah singkong disangrai, keringkan seluruh daun kunyit dan daun jeruk, sisihkan. Kemudian kurangi minyak dalam wajan dan sisakan jumlah untuk menggoreng paprika.

Masukkan paprika halus ke dalam wajan, bumbui dengan garam dan bumbu. Goreng cabai hingga matang sempurna. Koreksi rasa dan dinginkan beberapa saat.

6. Campurkan Singkong Dengan Balado Cabai

Jika sambal goreng belum terlalu pedas, masukkan keripik singkong. Tambahkan juga daun kunyit dan daun jeruk panggang sambil diremas-remas ke dalam wajan dengan saus cabai.

Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu angkat dan tempatkan dalam wadah tertutup agar keripik tetap renyah. Keripik singkong balado siap disantap!

Manfaat Singkong

1. Menjadi sumber karbohidrat kompleks dan serat

Singkong diperkaya dengan kandungan karbohidrat komples dan juga serat. Yang dipercaya unutk menjaga saluran cerna, mengurangi peradangan dan mengendalikan kadar guila darah. Jika anda ingin mengendalikan gula darah coba deh sobat konsumsi singkong dengan konsisten.

2. Menambah Energi

Perlu anda ketahui bahwa singkong memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Yaitu sebanyak 110 – 150 kalori. Waw ternyata banyak juga ya sob. Nah oleh sebab itu, sobat bisa memperoleh energi ekstra untuk kebutuhan sehari – hari dengan cara mengonsumsi singkong setiap harinya.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Singkong termasuk salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Jadi jangan khawatir jika anda sering mengongsumsi singkong karena tidak akan membuat kadar gula darah dalam tubuh anda naik atau melonjak.

4. Memiliki Kandungan Antikosidan Yang Baik

Singkong mengandung vitamin A, vitamin C dan juga  betakaroten. Vitamin A dan vitamin C adalah antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dapat mengurangi risiko kanker dan juga baik untuk kesehaatan kulit dan mata.

Itulah cara membuat keripik singkong balado yang mudah untuk dicoba di rumah sebagai cemilan saat santai atau saat ada acara. Mudah bukan untuk membuat keripik singkong yang enak di rumah? Jika Anda penggemar makanan pedas, Anda bisa menambahkan jumlah cabai yang digunakan untuk bumbu balado.

Usahakan simpan keripik singkong balado di tempat yang tertutup rapat. Jangan ragu untuk mencobanya. Anda bisa memakai mesin keripik singkong agar lebih mempermudah anda, anda bisa mendapatkan mesin keripik singkong dengan harga terjangkau dan berkualitas hanya di rumah mesin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!!

 

Leave a Comment