Apa Itu Industri Kreatif dan Jenisnya

Apa Itu Industri Kreatif dan Jenisnya- Pengertian industri kreatif secara umum mencakup semua proses kreatif, kreativitas, ide dan gagasan seseorang atau kelompok, yang nantinya dapat menghasilkan karya atau produk. Industri kreatif sendiri merupakan gabungan dari dua kata yaitu industri dan kreatif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, industri berarti pengolahan atau pengolahan barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, sedangkan kreatif adalah kata sifat yang mencerminkan bahwa seseorang atau kelompok mempunyai daya cipta dan kemampuan mencipta.

Kreativitas yang dihasilkan seseorang atau kelompok pada akhirnya ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru bagi mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu, ekonomi kreatif merupakan sektor penting yang harus dikembangkan bersama dan dikembangkan dari waktu ke waktu, karena merupakan salah satu penopang perekonomian negara.

Apa Itu Industri Kreatif

Apa Itu Industri Kreatif

Menurut Simatupang, industri kreatif adalah industri yang mengandalkan keterampilan, kemampuan, dan kreativitas yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan.

Menurut Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2009, ekonomi kreatif adalah industri yang muncul dari penggunaan keterampilan, kreativitas, dan bakat individu untuk menciptakan kekayaan dan lapangan kerja. Industri ini berfokus pada peningkatan kreativitas dan inovasi individu.

Menurut Kelompok Kerja DCM Inggris: Pada tahun 1998, industri kreatif adalah industri yang tumbuh dari kreativitas individu dan berpotensi menciptakan kekayaan dan lapangan kerja dengan memanfaatkan dan menciptakan kreativitas individu dan kekayaan intelektual.

Menurut Howkins, industri kreatif adalah industri yang menunjukkan kualitas unggul pada sisi kreatif produksi atau penciptaan berbagai desain kreatif sehubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan.

Jenis Industri Kreatif

Di Indonesia, ekonomi kreatif sendiri terbagi menjadi 14 sektor berbeda yang dapat digolongkan sebagai bentuk kreativitas yang dihasilkan untuk menumbuhkan ekonomi. Berikut ini adalah jenis-jenis industri kreatif yang menumbuhkan perekonomian masyarakat.

1. Layanan Komputer dan Perangkat Lunak

Layanan komputer dan perangkat lunak adalah kegiatan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Kegiatan kreatif meliputi layanan komputer, perangkat lunak dan analisis sistem.

2. Biaya dan Tekanan

Industri kreatif penerbitan dan percetakan banyak menghasilkan produk atau karya dalam bentuk tulisan seperti buku, majalah, surat kabar, undangan, dll. Namun, dengan kemajuan teknologi, banyak penulis mulai merujuk pada karya tulis dalam bentuk digital seperti e-book, blog, dan website.

3. Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan merupakan kegiatan kreatif yang berkaitan erat dengan berbagai upaya untuk menciptakan penemuan-penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk penerapan ilmu dan pengetahuan.

Penelitian itu sendiri adalah kajian atau pengkajian secara sistematis, kritis dan ilmiah terhadap suatu masalah untuk menambah pengetahuan, sedangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang fungsi dan keunggulannya digunakan untuk menghasilkan teknologi baru.

4. Kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif yang telah menjadi bagian dari budaya masyarakat di semua daerah. Proses produksi pengrajin didukung oleh berbagai bahan baku yang terdapat di lingkungan seperti bambu, kayu, tanah liat, batu, logam dan lain-lain.

5. Perencanaan

Desain merupakan salah satu jenis ekonomi kreatif yang erat kaitannya dengan kegiatan kreatif seperti desain grafis, desain interior dan desain produk. Desainer di industri kreatif adalah mereka yang memiliki ide kreatif untuk selalu menciptakan sesuatu.

6. Iklan

Periklanan merupakan salah satu jenis ekonomi kreatif yang memiliki banyak sumber daya manusia berupa generasi muda yang kreatif. Industri periklanan juga memberikan kontribusi penting dalam mendukung perekonomian nasional, karena menawarkan produk dan layanan kepada khalayak luas.

Demikian penjelasan tentang apa itu industri kreatif. Semoga bermanfaat.

Baca juga: mengenal industri kreatif

 

Leave a Comment