Cara Membuat Keripik Singkong Manis Gula Putih

Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep keripik yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu keripik singkong. Cara membuat keripik singkong manis gula putih yang mudah dan enak dan penjelasan keripirik singkong, simak penjelasanny di bawah ini.

Keripik Singkong

Keripik singkong atau singkong sangat digandrungi oleh semua kalangan tanpa mengenal usia atau pemuda, kaya atau miskin. Keripik singkong merupakan makanan ringan yang biasa disajikan untuk tamu atau untuk mengobrol dengan teman. Dari pangsa pasar yang besar itu, munculah pengrajin keripik singkong di Indonesia. Selain pembuatannya bisa dilakukan dengan cara tradisional, bahan dan modalnya juga tidak terlalu besar.

Selera mesin kasir kini juga tercermin dalam berbagai pilihan. Mulai dari rasa asin, manis, asam, pedas, ayam, sapi dan seafood. Dibandingkan keripik talas, keripik singkong harganya lebih murah. Selain karena keripik talas sedikit lebih mahal, kandungan sate juga tidak toleran bagi sebagian orang, yang terkadang menyebabkan alergi. Padahal keripik talas memiliki rasa yang lebih asin dan renyah dibandingkan keripik singkong.

Proses pembuatan keripik voosing pasti lebih sulit dibandingkan singkong. Sebelum mache dimasak, sarinya harus dimurnikan beberapa kali, dan rasanya sebenarnya mirip dengan talas yang dikenal masyarakat. Jika Anda pernah mencoba keripik talas, Anda mungkin sudah familiar dengan rasa ini. Rasanya lebih asin, namun tidak membuatnya pahit dengan konsumsi terus menerus.

Berbeda dengan keripik singkong, mulut terasa panas setelah makan lama atau bahkan ada yang terasa pahit. Proses pembuatan keripik singkong rasa wuosing ini sebenarnya mirip dengan proses pembuatan keripik singkong pada umumnya, namun dalam hal ini prosesnya lebih lama terutama pada waktu perendaman dan pemasakan. Sehingga rasa singkong ini hilang dengan sendirinya dan timbul rasa rindu.

Cara Membuat Keripik Singkong Manis Gula Putih

Jajanan seperti keripik singkong goreng memang menjadi jajanan yang banyak dinikmati. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga suka makan keripik singkong ini. Selain keripik kentang, keripik singkong sangat digemari banyak orang. Mencari keripik singkong saat ini tidaklah sulit.

Hampir setiap mini market dan mall menjual keripik singkong. Mulai dari kemasan di pabrik besar hingga kemasan yang dijual di pinggir jalan. Keripik singkong biasanya dijual dalam berbagai rasa. Nah berikut langkah-langkah cara membuatnya:

Bahan Bahan:

  • 2 kg singkong kupas
  • 3 sendok teh bubuk pengembang
  • 1 sendok makan garam
  • air
  • Gula halus

Cara Membuat:

  1. Kupas singkong, potong tipis-tipis, cuci bersih.
  2. Campurkan air (bisa merendam seluruh irisan singkong), baking soda dan garam lalu biarkan irisan singkong terendam selama kurang lebih 30 menit.
  3. Tiriskan singkong, goreng dalam minyak panas dan goreng dalam jumlah banyak sampai berwarna cokelat keemasan. biarkan dingin
  4. Setelah sudah dingin, lalu taburkan dengan gula halus dan juga garam.
  5. Simpan dalam wadah tertutup.

Manfaat Keripik Singkong Bagi Kesehatan

cara membuat keripik singkong manis gula putih

Sumber Serat

Singkong sebagai bahan utama pembuatan keripik singkong sangat bermanfaat untuk menurunkan trigliserida dan karena merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh manusia. Jadi, singkong digunakan untuk membuat keripik singkong untuk membantu mengendalikan risiko stroke, penyakit jantung, kanker usus besar, dan diabetes. Namun, manfaat singkong lebih besar bila singkong dimasak dengan cara dikukus atau direbus.

Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki kalori dua kali lipat dari kentang. Jadi tidak ada salahnya singkong menjadi salah satu makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat. Karena 100 gram singkong memiliki 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

Protein Tinggi

Singkong termasuk makanan rendah lemak dibandingkan dengan biji-bijian atau kacang-kacangan, namun yang menarik, singkong mengandung protein yang tinggi dibandingkan dengan kentang dan pisang. Jadi Anda tidak perlu khawatir kekurangan protein saat menggunakan singkong.

Mineral Penting

Keripik singkong atau singkong juga sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber mineral seperti magnesium, seng, besi, mangan dan tembaga. Selain itu, kandungan potasiumnya juga dapat membantu Anda mengatur tekanan darah. Bahkan berdasarkan penelitian bahwa singkong memiliki efek yang sangat tinggi dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Melancarkan Pencernaan

Serat tidak larut, atau serat dalam singkong, tidak mudah larut dalam air. Dengan demikian, serat ini membantu orang yang mengonsumsi singkong untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, serat ini menyerap atau membuang racun di usus, memperlancar pencernaan.

Tentunya untuk membuat keripik Anda perlu memotong singkong terlebih dahulu agar hasil yang berbentuk tipis, mudah untuk digoreng dan menghasilkan keripik yang renyah. Untuk itu Anda perlu menggunakan mesin keripik singkong agar mempermudah memotong singkong yang berbentuk tipis dan dapat menghasilkan keripik yang renyah. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Comment