Cara Bikin Minyak Kelapa Murni

Cara bikin minyak kelapa murni – Cara bikin minyak kelapa murni. Kelangkaan dan juga melambungnya harga minyak goreng di pasaran cukup berdampak pada kehidupan banyak orang. Sebab, minyak goreng termasuk salah satu kebutuhan penting di dalam rumah tangga dan pelaku bisnis.

Melihat kondisi tersebut, sebenarnya ada solusi yang dapat kita lakukan. Salah satunya yaitu dengan mengganti penggunaan minyak goreng dengan minyak kelapa murni untuk memasak atau menggoreng. Minyak kelapa juga ternyata dapat dibuat sendiri secara tradisional dengan cara yang cukup mudah.

Membuat minyak kelapa sendiri juga jauh lebih sehat karena pastinya kita tidak akan menggunakan bahan pengawet. Tak hanya untuk memasak saja, minyak kelapa juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Tentunya sebelum memulai bikin minyak kelapa murni ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin vco terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin vco itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.

Cara Bikin Minyak Kelapa Murni

Cara bikin minyak kelapa murni

Perlu dipahami bahwa tidak semua minyak kelapa dibuat dengan cara yang serupa. Ada beberapa cara alami untuk menghasilkan lebih banyak minyak dibandingkan dengan metode yang lain.

Bahkan, kita bisa menggunakan 3 buah kelapa untuk bisa menghasilkan kira-kira ? cangkir minyak kelapa. Berikut ini adalah tahapan atau cara membuat minyak kelapa murni.

1. Kupas Kulitnya

Pegang buah kelapa dengan benar yakni telapak tangan menghadap ke atas, kemudian banting tulang belakang pisau ke dalamnya sampai retak. Untuk lebih mudah lagi, kamu bisa membungkus kelapa dengan handuk.

Jika menggunakan palu, ketuk secara perlahan beberapa bagian kelapa hingga kulit cokelatnya retak. Setelah itu, ambil cangkang yang tersisa dengan hati-hati. Kamu bisa menyisihkan air kelapa untuk diminum.

2. Parut Daging Kelapa

Langkah berikutnya dalam cara membuat minyak kelapa yaitu parut daging kelapa dengan tangan menggunakan sisi parutan halus. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan food processor ataupun blender untuk memarut kelapa.

3. Rendam dan Saring

Tambahkan sekitar 1 hingga 3 cangkir air ke kelapa parut, dimana cairan tersebut digunakan sebagai tambahan untuk membantu ketika memeras santannya.

Peras santan dari parutan kelapa dengan menggunakan tangan. Kamu juga bisa menggunakan kain tipis untuk memerasnya. Lalu, saring santan menggunakan saringan untuk mengeluarkan sebanyak mungkin serpihan yang masih tersisa.

4. Panaskan

Cara membuat minyak kelapa berikutnya yaitu masukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan hangat. Akan tetapi, jangan sampai santan mendidih. Cukup hangatkan saja dan matikan api, jangan aduk campurannya.

5. Dinginkan

Setelah itu, biarkan santan menjadi dingin. Namun, kamu bisa hanya membiarkannya sedikit hangat, kira-kira sampai suhu ruangan. Selain itu, kamu juga boleh membiarkannya di lemari es untuk beberapa saat.

6. Skim

Setelah selesai didinginkan, kamu akan melihat bahwa lemak kelapa menjadi berlapis-lapis di atas air kelapa. Gunakan sendok untuk bisa membuang lemak yang ada di atasnya dan masukkan ke dalam wajan. Kamu bisa menggunakan panci stainless steel untuk menaruh lemak tersebut.

7. Rebus

Aduk sedikit saja selama proses tersebut. Biarkan puding kelapa tersebut mendidih, kemudian kecilkan api menjadi sedang dan biarkan mendidih kurang lebih selama 45 menit, bergantung dengan banyaknya sisa puding. Pada proses ini, penampilan sari kelapa akan berubah.

Kamu akan melihat bintik-bintik bening atau minyak dan juga limbah tebal yang berwarna abu-abu ataupun kecoklatan. Minyak akan terpisah dari limbah yang telah dimasak. Pada akhirnya, kamu dapat menggunakan sendok dan memisahkan keduanya.

8. Saring dan Dinginkan

Saring minyak dengan saringan ataupun kain katun tipis. Biarkan benar-benar dingin dan gunakan untuk melembabkan rambut, kulit, ataupun digunakan untuk lulur.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam membikin minyak kelapa murni Anda harus mempunyai mesin vco yang ini. Nah, itulah cara bikin minyak kelapa murni yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment