Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan

Ide bisnis kreatif merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Apabila Anda tidak mempunyai kreativitas dalam berbisnis, tentu saja bisnis Anda tidak akan berkembang dan malah menjadi bangkrut.

Ide bisnis kreatif dapat Anda peroleh dari konsep umum sebuah ide lalu diolah menjadi suatu ide yang lebih detail lagi. Lalu apa saja ide bisnis kreatif? Dalam artikel ini membahas tentang contoh dari bisnis kreatif yang dapat Anda coba untuk memulai bisnis atau mungkin mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga: Tips Social Media Marketing yang Efektif

Ide Bisnis Kreatif

Berikut ini beberapa ide bisnis kreatif yang dapat Anda coba:

1. Makanan Unik

Ide bisnis kreatif

Bisnis camilan memang seperti sudah umum dan banyak pesaing, tetapi selalu ada hal baru yang dapat Anda lakukan agar produk Anda beda dari produsen lainnya.

Salah satu contohnya yaitu berbagai camilan dengan bumbu rasa telur asin yang sangat populer di masyarakat beberapa tahun belakangan. Bahkan, nama brand produsen makanan ringan tersebut, Irvins Salted Egg, yang telah terkenal di pasar Asia Tenggara.

Seperti contoh tersebut, Anda tidak perlu menciptakan ide bisnis makanan yang sepenuhnya baru supaya berbeda dari yang lain. Camilan yang unik bisa saja  dari inovasi dari makanan lain yang sudah ada sebelumnya.

2. Florist

Membuka usaha florist atau toko bunga bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Tidak cums sekedar menjual bunga, tetapi juga mendesain dan merancang buket.

Meski ide usaha jasa ini dapat Anda temukan di mana-mana, permintaan buket selalu ramai. Apalagi saat musim wisuda, bisnis Anda pastinya diburu dan dicari-cari pelanggan.

Akan tetapi, memanfaatkan momen-momen seperti contoh di atas tidaklah cukup. Anda juga perlu memperluas jaringan usaha Anda, seperti menerima pelanggan dari luar daerah Anda.

3. Bisnis Kreatif Sovenir Pernikahan

Bagi Anda yang sering diundang ke pesta pernikahan, kadang mungkin merasa suvenir yang diberikan kepada para tamu mempunyai desain yang kurang variatif.

Ini bisa loh, Anda jadikan inspirasi untuk memulai bisnis suvenir pernikahan yang pastinya unik, seperti halnya perusahaan Biebie Gift. Mereka menjalankan ide bisnis  kreatif unik ini dengan baik.

Anda dapat menyediakan berbagai jenis pernak-pernik unik seperti pouch earphone maulun bingkai foto. Anda harus membuat pesanan pelanggan sesuai keinginan kostumisasi yang mereka inginkan.

4. Penyewaan Kostum

Ide bisnis kreatif

Acara dengan dresscode kostum tak cuma untuk pesta anak-anak. Tak jarang, acara-acara seperti perayaan event Jepang hingga pesta kesenian juga menggunakan kostum.

Belum lagi acara di hari-hari tertentu yang dirayakan dengan memakai kostum khusus. Contohnya, di hari kartini dan pahlawan, pegawai negeri seperti guru hingga anak sekolah akan memakai kostum daerah, kesenian, pahlawan nasional, bahkan pakaian yang unik.

5. Menjual Produk Daur Ulang

Sampah kini telah menjadi suatu masalah lingkungan yang cukup serius. Padahal, terdapat banyak jenis sampah dan limbah produksi yang masih dapat Anda kreasikan menjadi produk lain. Di antaranya, adalah kaleng minuman, gelas plastik, dan potongan kain dari sisa produksi pakaian.

Anda tidak perlu mendaur ulangnya menjadi produk yang sama. Dari sebuah hasil daur ulang, Anda dapat menciptakan barang-barang baru sesuai keinginan Anda atau pesanan dari pelanggan.

Demikian artikel tentang ide bisnis kreatif yang dapat Anda coba. Ide kreatif tersebut dapat menjadi sebuah penghasilan yang menjanjikan. Bagi Anda yang masih muda dan tertarik dengan bisnis, Anda dapat membaca artikel Ide bisnis anak muda.

Leave a Comment