Cara Memulai Bisnis Franchise Bagi Pemula

Bagaimana sih, cara memulai bisnis Franchise? Bagi Anda yang belum tahu bisnis Franchise adalah salah satu bisnis paling aman untuk dilakukan bagi Anda yang masih pemula. Bisnis ini kini menjamur dimana-mana. Contohnya, mixue, kopi kenangan, rocket chicken, dan masih banyak lagi.

Bisnis ini sangatlah laris di kalangan anak muda masa kini. Tetapi masih banyak orang yang tertarik untuk melakukan bisnis ini tetapi belum tahu caranya. Oleh sebab itu, dalam artikel ini akan membahas mengenai cara memulai bisnis Franchise.

Baca juga: Kelebihan Social Media Marketing Bagi Pegiat Digital Marketing

Cara Memulai Bisnis Franchise

Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini beberapa cara memulai bisnis Franchise:

1. Siapkan Modal yang Cukup

Cara Memulai Bisnis Franchise

Terdapat banyak sekali pilihan franchise yang bisa menjadi alternatif untuk berinvestasi, mulai dari modal yang paling kecil hingga yang paling besar.

Persiapkan modal bisnis dengan baik. Jangan cuma bedasar pada simulasi hitungan modal yang diberikan oleh pemilik. Karena kadang modal dapat membengkak.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak sepenuhnya kesuksesan berbisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya modal, akan tetapi bisa ditentukan oleh kreatifitas bisnis itu sendiri.

2. Pilih Bisnis yang Sesuai

Berbisnis ibarat seperti menjalani hobi, jika Anda tidak menyukainya maka bisnis tersebut tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Berbisnis juga termasuk dalam kegiatan bekerja, jika Anda tidak ahli, maka bisnis Anda akan sulit untuk berkembang. Hal ini pun juga berlaku pada Anda yang akan memulai bisnis franchise.

Sebelum memutuskan jenis bisnis dan brand yang akan dipilih, carilah informasi terlebih dahulu. Kemudian, analisis apakah bisnis tersebut sesuai dengan diri Anda.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Cara Memulai Bisnis Franchise

Merek mitra bisnis mungkin sudah terkenal namun, jika Anda menempatkannya di tempat yang tidak sesuai, maka pendapatan akan terhambat.

Karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah tempat yang berada di tempat strategis. Yang paling penting, usahakan bisnis Anda berada di tempat yang dapat terlihat dengan jelas.

4. Kenali Cara Memulai Bisnis Franchise yang Akan Dibeli

Cara memulai yang keempat adalah mengenali franchise yang akan dibeli. Kenali harga, kebutuhan, dan minat dari masyarakat setempat terkait produk yang Anda jual.

Memiliki analisa tentang peluang atau segmentasi pasar adalah hal yang penting, karena berkaitan  dengan keuntungan yang dapat Anda peroleh nantinya.

5. Mengikuti SOP (Standard Operating Procedure)

Standart Operating Procedure merupakan sebuah cara yang telah menjadi paten untuk mengoperasikan sebuah bisnis supaya kualitas tetap terjaga dan konsisten. Misalnya, sebuah bisnis menjual ayam geprek.

Nah, mereka memiliki SOP seperti berapa suhu ideal untuk memasaknya , waktu yang dibutuhkan, jenis tepung yang, dan hal-hal lain.

Hal ini membuat pengunjung restoran akan mendapatkan kualitas produk yang sama di setiap outlet bisnis tersebut di mana saja.

SOP terdiri dari banyak sekali mulai cara menerima pengunjung, menyimpan stok, mengelola keuangan, laporan kejadian, dan sebagainya. SOP sangat penting untuk dipelajari oleh seorang franchisee supaya dapat mengetahui langkah apa saja yang harus dia lakukan saat menjalankan bisnis Franchise ini.

Berarti, jika Anda ingin membuka bisnis Franchise, Anda harus mengikuti langkah-langkah atau pelatihan yang diberikan oleh induk bisnis tersebut supaya bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Demikian artikel tentang cara memulai bisnis Franchise ini. Sebelum memulai bisnis Franchise Anda perlu memahami bagaimana cara memulai bisnis tersebut. Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis Franchise minuman Anda dapat membaca artikel Ide Bisnis Miniman Franchise.

Leave a Comment