Maintenance Website: Hal yang Perlu Dilakukan

Maintenance Website – Jika Anda memiliki website, perawatan website merupakan salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan secara rutin. Maintenance website adalah kegiatan pemeliharaan website yang bertujuan untuk memelihara website sedemikian rupa agar tetap dalam performa yang baik, terupdate dan terhindar dari berbagai masalah yang dapat merusak website. Sebelum melanjutkan apakah kamu sudah mengetahui apa itu website ? bila belum alangkah baiknya anda mempelajari apa  itu website

Berikut adalah beberapa manfaat web hosting yang harus Anda ketahui sebelumnya:

  • Jika website terus dipelihara dan selalu diupdate sesuai trend, maka akan lebih mudah bagi mesin pencari untuk mengenal website Anda.
  • Website dengan respon cepat dan desain SEO-friendly cenderung menghasilkan lebih banyak referensi dan tingkat konversi.
  • Anda dapat menemukan berbagai masalah yang dapat merugikan website Anda dan menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat.
  • Pemeliharaan Situs Web secara teratur mencadangkan file situs web Anda.
  • Melindungi situs web dari penjahat dunia maya dan ancaman online lainnya.

Jadi siapa yang bisa mengurus pemeliharaan situs web?

Sebagai pemilik website, Anda bisa melakukannya sendiri atau Anda bisa meminta bantuan dari agensi yang menawarkan jasa pembuatan website, yang layanannya biasanya mencakup perawatan website.

Misalnya Whello, Whello menawarkan jasa pembuatan website yang sudah termasuk maintenance selama 1 tahun dan perbaikan bila terjadi kesalahan dalam proses pembangunan.

Hal yang Dilakukan Ketika Maintenance Website

Maintenance Website
Maintenance Website

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan sendiri, Anda perlu melakukannya secara rutin. Dan berdasarkan periodenya, jenis perawatan website terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Pemeliharaan situs web mingguan
  • Pemeliharaan situs web bulanan
  • Pemeliharaan situs web tiap kuartal

Maintenance Website Mingguan

Ada 2 hal yang perlu Anda lakukan saat memelihara situs web Anda setiap minggu.

1. Backup Data website

Data website (file) yang terdapat di dalam hosting harus dibackup dari waktu ke waktu untuk mencegah force majeure seperti serangan hacker atau virus yang membahayakan keamanan website. Dan jika sesuatu yang buruk terjadi pada situs web Anda. Apakah Anda masih memiliki cadangan?

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah menyimpan file backup di tempat yang berbeda dari data website untuk mencegah pihak yang ingin menghapus seluruh data website termasuk file backup tersebut..

2. Perhatikan Serangan Virus atau Hacker

Banyak situs web yang dapat diserang oleh virus atau peretas, tidak terkecuali situs web Anda. Serangan ini dapat mempengaruhi fungsionalitas situs web dan bahkan mencuri informasi di situs web tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alat Google Search Console. Alat-alat ini memberi tahu Anda tentang beberapa skrip berbahaya yang mencoba menyerang virus atau peretas.

aintenance Website Bulanan

Berikut adalah dua hal yang perlu Anda lakukan dalam hal pemeliharaan situs web bulanan.

1. Evaluasi Kerja SEO

Teknik optimasi SEO (Search Engine Optimization) terbukti dapat meningkatkan traffic website di mesin pencari. Namun optimasi tidak bisa dilakukan sekali saja, Anda harus secara bertahap dan terus menerus menilai (evaluasi) performa SEO Anda. Tujuannya agar performa SEO berjalan dengan baik dan trafik website terus bertambah.

Anda dapat mengevaluasi keefektifan pengoptimalan mesin telusur dengan empat cara berikut:

  • Gunakan Google Analytics dan Google Search Console untuk mengetahui berbagai hal tentang website Anda, seperti: B. jumlah pengunjung yang datang ke website, jumlah pengunjung yang keluar dari website, dll.
  • Lakukan penjelajahan yang berguna untuk menemukan informasi di situs web seperti kesalahan, tautan rusak, konten duplikat, dll. Anda dapat menggunakan alat seperti Beam Up SEO Crawling Software, WildShark SEO Spider, atau Screaming Frog SEO Spider.
  • Penelitian kata kunci.
  • Analisis Kinerja Konten.

Sudahkah Anda mengevaluasi kinerja SEO menggunakan keempat metode di atas sebelumnya? Atau ada yang bikin bingung? Anda dapat membaca artikel tentang mengevaluasi kinerja SEO.

Baca Juga : Bisnis Online Untuk Pelajar

2. Update Konten

Apakah memperbarui konten mencakup kegiatan pemeliharaan situs web? Jawabannya iya. Mengapa?

Hal ini karena salah satu keuntungan memiliki website adalah memberikan pengunjung website berbagai informasi terkini tentang bisnis Anda. Semakin up-to-date informasi yang Anda tampilkan, semakin sering mereka mengunjungi situs Anda. Lantaran itu, perbarui konten situs web Anda secara teratur. Bahkan, tidak ada aturan (batasan) waktu update yang jelas. Namun idealnya, konten terbaru harus tersedia paling lambat sebulan sekali.

Maintenance Website Tiap Kuartal

Maintenance Website

Setiap kuartal tunggu di sini artinya setiap tiga bulan, karena banyak hal yang harus diperhatikan dalam jangka panjang juga.

Apa yang membutuhkan pemeliharaan setiap kuartal?

1. Periksa Durasi Masa Aktif Domain Website Kamu

Validitas nama domain juga harus diperiksa setiap tiga bulan. Jangan izinkan orang lain (pengunjung situs) mengakses situs Anda. Atau jika Anda tidak mengecek tanggal kadaluarsa website, website Anda tidak akan ditemukan oleh mesin pencari.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memeriksa aktivitas domain situs web saat Anda melakukan pemeliharaan situs web.

2. Periksa Info Kontak Di Website

Langkah selanjutnya adalah mengecek informasi kontak yang disajikan di website dan memastikan bahwa semua informasi kontak yang dapat dihubungi oleh pengunjung website baik itu nomor telepon, nomor WhatsApp, alamat email, ada.

 

Inilah mengapa tampaknya penting untuk mempertimbangkan metode pemeliharaan, karena dapat membuat situs web tetap berjalan optimal. Karena manfaatnya yang besar, Anda harus rutin dan rajin merawat website agar bisa terus membuatnya optimal.

Jadi pastikan Anda benar-benar optimal dalam melakukan perawatan website! Jangan ragu untuk membuat pengunjung Anda senang dan nyaman menerima informasi di website Anda.

Untuk kamu yang ingin mengetahui berbagai jenis masakan nusantara bisa mengunjungi website kami yaitu Iresepi

 

Leave a Comment