Apa itu Strategi Pemasaran Digital? Pengertian dan Jenisnya

Apa itu strategi pemasaran digital? Pemasaran digital adalah strategi pemberdayaan bisnis yang mulai diadopsi oleh banyak pelaku ekonomi. Mulai dari pengusaha UMKM hingga korporasi besar menerapkan strategi digital marketing yang dianggap penting untuk menarik perhatian masyarakat luas untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Apakah Anda tahu contoh strategi pemasaran digital? Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi penting tentang berbagai strategi pemasaran digital yang akan populer di tahun 2022. Namun, sebelum kita beralih ke pembahasan utama, mari kita pahami dulu pentingnya strategi pemasaran digital.

Apa itu Strategi Pemasaran Digital?

Para pebisnis biasa menggunakan strategi pemasaran untuk mempromosikan bisnis mereka dari mulut ke mulut. Seiring perkembangan teknologi, strategi pemasaran mulai berubah. Bisnis dapat dipasarkan ke media elektronik seperti televisi dan radio melalui media cetak seperti surat kabar.

Di awal abad ke-20, internet menjadi teknologi terkini yang masih digunakan oleh masyarakat luas hingga saat ini. Tentunya, kehadiran internet juga mengubah cara pemasaran ke format digital. Ini dikenal sebagai strategi pemasaran digital.

Sederhananya, strategi pemasaran digital adalah bentuk periklanan yang dilakukan secara digital atau di web. Kami dapat membuat iklan dalam bentuk konten yang diunggah ke media sosial dan situs web. Strategi pemasaran digital ini juga bisa disebut sebagai pemasaran digital.

Apa Saja itu Strategi Pemasara Digital yang Populer di Era Sekarang?

Apa itu Strategi Pemasaran Digital

Di bawah ini adalah berbagai strategi pemasaran digital ataupun strategi instagram marketing yang dapat Anda coba untuk mempromosikan bisnis Anda kepada pengguna internet.

1. Social Media Marketing

Strategi pemasaran digital pertama adalah pemasaran media sosial. Kamu pasti punya akun media sosial seperti Facebook, Instagram atau bahkan TikTok kan?

Media sosial tidak lagi digunakan hanya untuk berbagi pengalaman sehari-hari. Bisnis dapat menggunakan media sosial untuk melakukan kegiatan pemasaran dalam bentuk digital.

Untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif melalui pemasaran media sosial, Anda harus dapat mengikuti tren saat ini dan membuat berbagai konten kreatif. Menerapkan social media marketing merupakan softer sell untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat luas.

Kesadaran merek sangat penting untuk bisnis Anda. Pengertian brand awareness sendiri adalah brand awareness yang dimiliki audiens untuk mengenali brand atau bisnis Anda. Jika orang tidak mengenali perusahaan, bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan?

2. Social Media Ads

Melanjutkan poin pembahasan sebelumnya tentang social media marketing, Anda juga bisa memadukannya dengan strategi social media advertising Anda. Iklan media sosial adalah strategi pemasaran digital berbayar di mana Anda ingin mempromosikan produk atau konten promosi pada platform tertentu.

Hampir semua situs media sosial menawarkan layanan periklanan untuk pemasar. Anda bisa membuat konten promosi yang kreatif kemudian mempromosikannya di media sosial yang ingin digunakan.

Hal terpenting yang perlu diketahui tentang iklan media sosial adalah biayanya biasanya lebih rendah daripada iklan televisi. Selain itu, iklan media sosial memiliki potensi lebih besar untuk menarik perhatian banyak orang tanpa terkendala jarak dan waktu.

Baca Juga: Buka Usaha Online dari Nol untuk Pemula yang Efektif

3. SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi pemasaran digital untuk mengoptimalkan situs web bisnis. Strategi pemasaran ini sangat cocok jika Anda sudah memiliki website bisnis, khususnya website bisnis.

SEO dapat membantu website bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Website apapun yang muncul di halaman pertama Google memiliki peluang lebih besar untuk menarik pengguna internet untuk mengunjungi situs tersebut.

Untuk menerapkan SEO, Anda perlu membuat artikel dengan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Misalnya, jika Anda pengecer jam tangan, telusuri kata kunci yang terkait dengan jam tangan seperti B. “cara membedakan jam tangan asli dan palsu” atau “cara mengganti baterai jam tangan”.

4. Email Marketing

Kebanyakan orang usia kerja membuka email mereka setiap hari. Email diperlukan untuk bertukar dokumen dan mengatur pekerjaan dengan lebih jelas dan efisien.

Anda dapat melihat intensitas penggunaan email yang tinggi sehingga Anda dapat mengubahnya menjadi peluang untuk menerapkan strategi pemasaran digital. Strategi pemasaran yang menggunakan email disebut juga dengan email marketing.

Email marketing dapat digunakan untuk banyak hal, mulai dari mengirimkan newsletter hingga informasi tentang peluncuran produk terbaru hingga pengumuman penjualan. Anda juga dapat mengirim email kepada pembeli informasi transaksi pembelian produk, serta waktu pengiriman.

Jadi, ini adalah strategi pemasaran digital yang bisa menjadi ide untuk memasarkan bisnis Anda. Lakukan berbagai kegiatan promosi dalam strategi pemasaran digital Anda.

Promosi digital dapat membantu Anda meningkatkan penjualan secara cepat dan signifikan. Namun, mereka pasti membutuhkan modal tambahan untuk menerapkan langkah-langkah pemasaran digital.

Leave a Comment