Cara Beternak Kambing Etawa

Cara beternak kambing etawa, kambing etawa adalah kambing didatangkan dari India yang juga disebut kambing Jamnapari. Tinggi kambing jantan berkisar antara 90 sentimeter hingga 127 sentimeter dan yang betina hanya mencapai 92 sentimeter.

Bobot jantan bisa mencapai 91 kilogram, sedangkan betina hanya mencapai 63 kilogram. Telinganya panjang dan terkulai ke bawah. Dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina bertanduk pendek. Kambing jenis ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per hari.

Keturunan silangan (hibrida) kambing etawa dengan kambing lokal dikenal sebagai kambing “peranakan etawa” atau “PE”. Kambing PE berukuran hampir sama dengan etawa namun lebih adaptif terhadap lingkungan lokal Indonesia.

Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) merupakan salah satu subspesies kambing yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Kambing merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan biri-biri karena keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae.

Terdapat lebih 300 jenis kambing yang berbeda-beda. Kambing adalah salah satu di antara spesies yang paling lama diternakkan, yaitu untuk susu, daging, bulu, dan kulit di seluruh dunia. Pada tahun 2011, populasi kambing yang hidup di seluruh dunia mencapai 924 juta menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah “Bulan sabit yang subur” dan Turki) dan Eropa.

Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Umumnya, kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berambut lurus dan kasar.

Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter – 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter – 15 sentimeter. Bobot kambing betina 50 kilogram – 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram.

Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dan dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu. Kambing sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu.

Biasanya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua. Sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan.

Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan. Mesin pencacah rumput multifungsi.

 

Cara Beternak Kambing Etawa

1. Mencari Indukan

Langkah pertama budidaya kambing etawa adalah mencari induk. Pilihlah indukan kambing etawa yang kualitasnya di atas rata-rata. Hal ini penting demi menghasilkan anak-anak yang sehat dan menguntungkan saku.

Berikut adalah ciri-ciri bibit kambing etawa jantan unggul:

  • Bentuk punggungnya tidak memiliki benjolan besar atau kecil
  • Kaki kambing sangat kokoh dan cukup tebal
  • Usia kambing jantan sudah mencapai lebih dari 2 tahun
  • Tidak berpenyakit
  • Tidak cacat

Adapun, ciri-ciri bibit kambing etawa betina unggul adalah sebagai berikut:

  • Kakinya lurus
  • Jinak
  • Tubuhnya proporsional, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk
  • Tidak cacat
  • Tidak berpenyakit

2. Memilih Makanan

Setelah berhasil memilih indukan kambing etawa, saatnya memilih makanan. Sama seperti hewan ternak lainnya, indukan kambing etawa perlu diberi makanan berprotein. Induk harus selalu sehat dan anak-anaknya tumbuh menjadi kambing superior.

Biasanya, kambing etawa diberi makan kacang-kacangan, dedaunan hijau, dan air sekucupnya untuk pasokan mineral. Namun, untuk budidaya kambing etawa, kamu membutuhkan makanan yang lebih bervitamin.

Seperti komposisi bekatul dan konsentrat dosis 3:1, misalkan. Kamu juga bisa memilih memberi makan 50% bekatul, 25% bungkil kacang-kacangan, dan 25% bungkil kelapa. Makanan kambing etawa juga tersedia yang lebih murah, tanpa mengurangi asupan protein dan vitamin yang dibutuhkan.

Conton makanan kambing murah adalah daun pohon nangka, daun pepaya, dan daun pohon lamtoro. Dedaunan ini bisa dipetik langsung dari kebun atau memesan dari petani pinggir desa. Tidak usah khawatir, para petani ini biasanya menjual jenis dedaunan untuk pangan ternak dengan harga miring.

Agar kambing tumbuh sehat dan bugar, pemberian pangan harus diatur secara tepat. Kambing tidak boleh kekurangan makanan ataupun kelebihan. Waktu yang tepat untuk memberi makan kambing adalah setiap pagi dan sore hari.

Jangan lupa untuk memberi minum di samping pangan kambing. Tambahkan sedikit garam yodium pada air untuk kebutuhan nutrisi maksimal kambing dewasa.

Leave a Comment