Cara Mengolah Daging Sapi Beku Dan Tips Mencairkannya

Cara mengolah daging sapi beku dan tips mencairkannya, pada freezer biasanya memeang digunakan untuk sebagian besar ibu rumah tangga untuk menyimpan segaja jenis jenis makanan seperti daging beku, ikan beku, sayur beku, dan lain sebagainya. Agar makanan tersebut tidak mudah basi dan dapat bertahan lebih lama lagi. Namun untuk daging atau makanan yang disimpan di dalam sebuah freezer akan membeku dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencairkan sebuah daging tersebut sebelum siap untuk dimasak menjadi sebuah hidangan yang sangat lezat sekali dan untuk di nikmati.

Dalam mencairkan sebuah daging anda tidak boleh sembarangan karena jika anda salah maka daging yang akan anda masak akan ditumbuhi oleh beberapa bakteri dan jamur sehingga bisa membuat makanan kita menjadi sangat berbahaya. Nah, supaya usaha es krim gelato yang akan anda masak tetap sehat dan segar berikut ada 3 cara untuk mencairkan sebuah daging yang beku.

Cara Mengolah Daging Sapi Beku Dan Tips Mencairkannya

Cara Mengolah Daging Sapi Beku Dan Tips Mencairkannya

1. Menggunakan lemari pendingin untuk mencairkan sebuah daging

Cara mencairkan daging dengan metode ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan cukup gampang untuk dilakukan dirumah. Apabila anda menggunakan sebuah lemari pendingin untuk mencairkan daging yang beku tersebut anda harus memastikan terlebih dahulu suhu pada lemari pendingin anda berada dikirasaran 1-5 derajat celcius. Selain itu juga gunakanlah wadah atau piring untuk daging agar air yang sudah mencair dapat pertampung dengan sangat baik.

Mendinginkan daging dengan cara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Tergantung dengan berapa besar ukuran bekuan es nya, biasanya bisa memakan waktu kurang lebih 24 jam untuk menghilangkan semua bekuan es nya.

  • Masaklah daging giling atau juga semur daging dan unggas dalam waktu kurang lebih 2 hari pada sejak dicairkan jika anda mencairkannya dalam sebuah lemari es.

2. Mencairkan daging dengan air yang dingin

Cara mencairkan daging beku yang kedua ini yaitu dengan cara menggunakan air dingin. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling umum di gunakan karena tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama sekali. Cara yang dapat anda lakukan untuk mencairkan sebuah daging beku tersebut adalah dengan cara sebagai berikut.

  • Masukkan lah daging ke dalam kantong plastik yang antibocor, kebocoran pada kantong plastik tersebut dapat membahayakan sebuah keamanan pada makanan, dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Rendam kantong yang berisi daging di dalam air yang dingin dan mengganti airnya setiap 30 menit sekali. Daging yang beku akan mengurangi suhu air, dan memperlambat proses pencairan jika airnya tidak diganti dalam 30 menit sekali.
  • Cairkan daging dalam jumlah yang kecil dalam waktu kurang lebih 1 jam. Pada potongan daging yang lebih besar bisa menghabiskan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam.
  • Segera memasak daging yang beku tersebut.

3. Menggunakan microwave

Cara yang terakhir yang dapat anda lakukan untuk mencairkan sebuah daging yang beku adalah dengan menggunakan sebuah microwave. Dengan metode ini merupakan cara yang paling cepat jika ingin mencairkan sebuah daging yang beku. Namun, perlu diketahui bahwa metode yang satu ini mempunyai sebuah resiko daging akan cepat lebih matang. Karena, ketika diberi suhu yang sangat panas, daging ini akan lebih dulu matang sebelum benar benar sudah dimasak.

Microwave telah menggunakan sebuah radiasi di dalam ruang mesin. Energi dari microwave panas yang dihantarkan akan membuat beberapa bagian bagian dari makanan menjadi matang. Jadi tidak hanya menghilangkan bekunya saja.

Berikut adalah cara mencairkan sebuah daging dengan menggunakan microwave:

  • Lepaskan dulu seluruh kemasan dan letakan daging yang sudah tidak terbungkus lagi pada piring yang khusus microwave.
  • Cairkan daging terlebih dahulu dengan menyalakan microwave pada pengaturan yang panas dan rendah atau dengan mencairkan [thaw].
  • Segera masaklah daging setelah dicairkan di dalam microwave. Mencairkan daging yang beku di dalam microwave dapat setengah memasak atau menghangatkan sebuah daging tersebut. Jangan di simpan dan dimasak di kemudian hari.

Leave a Comment