Resep Keripik Singkong Balado Pedas Manis

Resep Keripik Singkong Balado Pedas Manis

Resep keripik singkong balado peda manis ini sangat banyak disukai oleh banyak kalangan cara membuatnya juga tidak begitu sulit untuk di praktekkan. Keripik singkong merupakan salah satu aneka camilan enak yang sangat digemari oleh banyak orang. Namun, untuk membuat keripik singkong tersebut Anda harus tahu resep dan cara mengolahnya juga lho. Karena dikhawatirkan jika Anda salah dalam pembuatan keripik ini, tekstur dari keripik ini tidak akan renyah atau yang biasa kita sebut melempem.

Masih seputar cemilan ringan ya gays, seperti yang kita ketahui bahwa singkong adalah bahan utama yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Disamping harganya yang terjangkau singkong ini memang sangat cocok untuk dijadikan cemilan. Apalagi jika diolah menjadi keripik singkong balado pedas manis yang renyah dan gurih. Jika Anda tertarik untuk membuat bawang goreng silahkan Anda bisa baca di cara membuat bawang goreng untuk jualan. Tidak jarang kita jumpai pedagang keripik singkong ini dipinggir jalan karena ternyata banyak peminat masyarakat untuk membelinya. Namun disini saya akan mengajak Anda untuk membuatnya sendiri dirumah bahkan bisa juga dijadikan ide bisnis jualan dirumah loh. Untuk bahan dan caranya Andabisa langsung simak dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Nah, dibawah ini merupakan resep membuat olahan keripik singkong balado pedas manis agar rasanya renyah dan gurih. Mari kita simak sama-sama yuk cara dan resep keripik singkong balado pedas manis berikut ini.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Pedas Manis

resep keripik singkong balado pedas manis

1. Persiapkan Bahan-bahan yang Akan Digunakan

Bahan-bahan :

  • 1 kg singkong
  • 3 sdm gula pasir untuk bumbu
  • 5 sdm garam untuk rendaman
  • 4 siung bawang putih, haluskan untuk rendaman
  • 1 sdm kapur sirih
  • 300 ml air matang
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan-bahan untuk bumbu adonan halus :

  • 8 butir bawang merah
  • 150 gram cabai merah keriting
  • Garam dapur secukupnya

2. Kupas dan Iris Singkong

Kupas singkong dari kulitnya dan masukkan ke dalam wadah, lalu cuci bersih singkong sampai bersih. Diusahakan saat mengambil singkong pilih singkong yang masih segar, berukuran besar dan isinya berwarna putih tidak berwarna ungu.

Iris semua singkong yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik atau bisa juga dengan menggunakan pisau. Tetapi, diusahakan untuk ukuran irisannya sama tipis atau tidak tebal sebelah.

3. Rendam Adonan Singkong yang Sudah Diiris

Masukkan singkong yang sudah diiris tipis ke dalam wadah, lalu taburkan air dengan campuran air kapur sirih, masukkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan aduk merata. Diamkan rendaman singkong kurang lebih sampai 25 menit.

Angkat, lalu tiriskan singkong yang sudah direndam hingga benar-benar kering dan jangan terkena sinar matahari langsung.

4. Menggoreng Singkong Dalam Wadah Penggorengan

Sediakan wajan penggorengan dan panaskan minyak, goreng singkong sampai matang dan kering. Angkat, lalu tiriskan keripik singkong sampai tidak ada minyak yang tersisa dan tunggu hingga keripik singkong dingin.

5. Mencampur Bumbu Balado dengan Keripik Singkong

Sediakan alat penggorengan, panaskan minyak lalu tumis bahan bumbu adonan halus, aduk hingga semuanya tercampur merata. Tambahkan gula pasir ke dalam tumisan bumbu balado, aduk hingga tercampur rata.

Setelah bumbu mengering, kecilkan api lalu masukkan keripik singkong yang sudah digoreng tadi, aduk tumisan bumbu balado pedas manis sampai merata pada bagian singkong dan hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan lalu diamkan hingga keripik singkong balado pedas manis dingin.

Jika keripik singkong balado sudah dingin masukkan keripik kedalam wadah yang kedap udara agar kerenyahan keripik tetap terjaga. Keripik singkong balado pedas manis siap untuk disajikan sebagai camilan saat bersantai sendiri ataupun dimakan pada saat berkumpul dengan keluarga kecil Anda.

Itulah beberapa resep keripik singkong balado pedas manis. Semoga dapat membantu Anda jika Anda minat untuk membuatnya.

Leave a Comment