Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tahan Lama

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tahan Lama

Keripik singkong memang nikmat untuk dikonsumsi ketika dalam keadaan renyah dan tidak terlalu tebal, sehingga tidak sulit ketika digigit. Tidak perlu membelinya berulang kali, tapi Anda juga bisa membuat keripik singkong sendiri lhoo. Cara membuat keripik singkong renyah tahan lama ada beberapa cara lhoo teman-teman ini merupakan tips membuat keripik singkong yang renyah dan tahan lama jika disimpan di toples.

Tips Membuat Keripik Singkong yang Renyah dan Tahan Lama

1. Iris Tipis-tipis Singkongnya

Langkah atau tips pertama adalah Anda perlu memperhatikan ketipisan ketika mengiris daging singkongnya. Ini dilakukan supaya hasil keripik tidak terlalu keras karena ketebalannya pada saat dimakan. Iris tipis dapat dibantu juga dengan menggunakan alat peeler atau pengupas buah.

2. Rendam Irisan Singkong dengan Kapur Sirih

Ternyata inilah rahasia membuat keripik singkong menjadi tahan lama kerenyahannya. Anda bisa menyiapkan larutan yang terdiri dari 750 ml air dan satu sendok teh kapur sirih. Anda juga bisa menambahkan garam satu sendok teh. Biaarkan irisan singkong terendam 15 menit, lalu cuci dengan air bersih sebelum menggorengnya.

3. Siapkan Minyak Goreng

Minyak untuk menggoreng juga harus diperhatikan. Terutama seberapa banyak minyak yang akan digunakan untuk menggoreng singkong. Keripik singkong akan lebih renyah jika minyak yang digunakan lebih banyak. Teknik ini dinamakan deep-fry.

Tunggu hingga minyak panas disarankan juga untuk menggunakan api sedang pada kompor. Ini bertujuan agar keripik singkong tidak cepat gosong.

4. Tips Tambahan

Berikut juga ada tips tambahan yang bisa Anda gunakan ketika ingin menambahkan saus atau bumbu agar menjadi keripik singkong manis pedas. Sebelum mencampurnya dengan saus atau bumbu yang sudah disiapkan, Anda harus menunggu keripik singkong sampai benar-benar kering dari minyak setelah menggoreng.

Jika keripik singkong sudah kering dan tidak panas lagi, Anda bisa segera mencampurkannya dengan saus atau bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya. Tunggu sampai dingin, dan keripik singkong renyah siap disajikan dan siap untuk dinikmati.

Setelah berbagai hal diatas selesai dipersiapkan, tentu supaya bisnis ini dapat berjalan dengan baik, Anda harus melakukan produksi produknya. Dimulai dari memilih bahan, cara mengolahnya, cara pengemasan hingga selanjutnya cara pemasaran. Pastikan dalam produksi keripik ini Anda mengutamakan kualitas dan rasa keripik singkong yang terbaik. Berikut merupakan strategi pemasaran keripik singkong renyah dan tahan lama.

cara membuat keripik singkong renyah tahan lama

 

Strategi Pemasaran Usaha Keripik Singkong

Tahapan berikutnya yaitu ketika keripik sudah selesai diproduksi kemudian dipasarkan. Berikut beberapa cara atau strategi pemasaran usaha ini, seperti :

Melalui Sistem Konsinyasi

Sistem ini dilakukan dengan cara Anda menitipkan produk Anda untuk dijual di toko milik orang lain atau biasanya di pusat oleh-oleh, selain itu Anda juga bisa membuka peluang bisnis bawang merah serta dengan keripik singkong dimana mereka akan mempromosikan keripik yang Anda produksi tetapi tetap Anda juga mendapat keuntungan.

Gunakan Media Sosial

Saat ini, berbagai model usaha dapat dipasarkan melalui platfrom digital atau media sosial. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat menjangkau lebih luas. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti facebook, instagram, dan masih banyak lagi.

Unggah foto produk Anda semenarik mungkin dan deskripsikan tentang produk yang Anda jual hingga konsumen tertarik dengan produk yang diproduksi Anda. Unggah juga testimoni atau review keripik singkong dari pembelian Anda untuk semakin meyakinkan pembeli akan kualitas dan rasa dari keripik yang Anda jual.

Direct Selling

Untuk langkah selanjutnya ini maksudnya adalah dengan menjual atau penjualan langsung pada konsumen. Anda bisa menjual keripik pada event-event tertentu, melalui sistem COD atau membuka pesanan melalui kontak whatsapp dan sebagainya.

Itulah beberapa strategi untuk menjalankan usaha keripik singkong renyah dan tahan lama untuk pemula. Mulai dari menyiapkan modal, produksi, hingga strategi pemasarannya. Dengan Anda membaca artikel ini semoga dapat membantu Anda untuk menjalankan usaha ini dengan laris manis diserbu pembeli.

Leave a Comment