Cara Memotong Singkong Menjadi Keripik dengan Baik dan Benar

Cara Memotong Singkong Menjadi Keripik

Cara memotong singkong menjadi keripik, berbagai varian pada olahan keripik singkong sudah banyak disajikan. Namun, masalah yang paling sering dijumpai adalah cara memotong singkong menjadi keripik. Memotong singkong untuk menjadi keripik bisa dibilang sedikit sulit. Karena ini disebabkan tebal tipisnya singkong dapat mempengaruhi proses produksi pada penggorengan keripik singkong.

Kecepatan, ketepatan, dan keseragaman potongan singkong juga menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk keripik singkong. Jenis potongan singkong juga menjadi hal yang paling sering dipertimbangkan. Berikut ini merupakan jenis-jenis potongan singkong yang dapat Anda gunakan dalam produk  Anda yaitu :

1. Memanjang

Memotong singkong dengan cara memanjang cukup mudah dilakukan. Memotong singkong dengan bentuk memanjang harus memperhatikan ketebalan ukuran potongan agar seragam.

2. Spiral

Pada potongan spiral bisa menjadi alternatif untuk singkong yang biasa diolah dengan cara dipanggang atau pun di goreng. Dilihat dari study sumber, kalau singkong dipanggang dengan cara potongan spiral. Maka akan menghasilkan tekstur yang lebih renyah pada bagian luar dan dalamnya pun terasa lembut. Disatu sisi jika singkong digoreng secara spiral umumnya disajikan dengan cara ditusuk pada lidi atau tusuk sate atau yang lebih dikenal dengan sebutan singkong tornado.

Cara memotong singkong spiral dilakukan dengan cara menusuk tusuk sate pada potongan singkong dari satu ujung ke ujung lainnya. Kemudian potong ujung singkong pada salah satu ujungnya dengan pisau kecil sampai mengenai tusuk sate. Singkong di putar secara perlahan dengan menggunakan pisau untuk membentuk singkong menjadi tornado. Potonglah menjadi spiral di sekitar tusuk sate. Saat sudah mencapai sampai ujung, geser singkong tersebut yang sudah diiris ke bawah dengan pisau, lalu tusuk sate untuk membuka spiral.

Akan tetapi, memotong singkong dengan bentuk spiral secara manual itu membutuhkan waktu dan usaha yang lebih banyak. Alangkah baiknya gunakan alat atau mesin untuk memotong singkong jika ingin menghemat tenaga dan biaya.

3. Potongan Bulat-bulat

Singkong dipotong secara bulat-bulat tipis yang paling enak untuk dijadikan sebagai camilan keripik singkong. Singkong yang dipotong secara tipis-tipis ini agar memberi tekstur renyah setelah digoreng, karena adanya panas minyak yang dapat mematangkan singkong dengan cepat dan kering.

Agar bisa memperoleh potongan singkong yang lebih tipis, pisau yang digunakan harus lah tajam sehingga akan lebih mudah untuk mengiris singkong. Dengan berkembangnya teknologi, memotong singkong secara berukuran bulat-bulat tipis sudah bisa dilakukan dengan menggunakan mesin pemotong singkong.

cara memotong singkong menjadi keripik dengan baik dan benar

Alat Untuk Memotong Singkong Menjadi Keripik

Terdapat banyak cara memotong singkong untuk keripik. Dari mulai manual, membuat alat pemotong singkong. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan menghemat biaya tenaga semaksimal mungkin.

Memotong menggunakan pisau membutuhkan lebih banyak keterampilan. Anda perlu berlatih hingga terbiasa supaya potongan singkong yang Anda hasilkan benar- benar rapi dan memuaskan. Selain itu, untuk memotong singkong dengan menggunakan pisau atau secara manual perlu membutuhkan banyak waktu.

Mengerjakan secara manual jelas memerlukan waktu yang cukup lama dibanding menggunakan mesin atau alat yang dihasilkan suatu perusahaan. Mesin ini sama halnya dengan mesin bawang jika Anda berminat untuk berbisnis bawang goreng Anda bisa lihat pada artikel berikut bisnis brambang goreng. Selain itu kecepatan dalam memotong singkong secara manual tidak secepat dan sebaik dengan menggunakan mesin. Karena mesin pemotong singkong lebih memiliki jangka waktu yang paling cepat dibandingkan dengan tenaga manusia.

Sedangkan kalau Anda membuat alat pemotong singkong sendiri, akan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam pembuatannya. Bukan hanya itu Anda benar-benar harus menguasai dalam perakitan supaya alat yang Anda buat tidak mengganggu proses produksi.

Karena hal itu, menyababkan mesin pemotong singkong buatan suatu perusahaan atau pabrik lebih banyak digemari oleh pelaku pengusaha keripik singkong. Berikut ini beberapa mesin pemotong singkong :

Mesin Pemotong Singkong

Mesin atau alat pemotong singkong merupakan mesin untuk memotong singkong yang dijadikan sebagai keripik singkong.

Pada umumnya mesin atau alat ini digunakan dalam sistem piringan pisau berputar dengan mengandalkan kekuatan tangan untuk menekan singkong supaya bisa terpotong secara tipis-tipis.

Mesin yang digunakan untuk pemotong singkong ini sudah tersedia dengan berbagai jenis yang digunakan secara manual dengan mengandalkan engkol tangan atau langsung di gerakkan dengan mesin motor.

Keunggulan Mesin Pemotong Singkong

  • Mesin mudah dibawa kemana-mana.
  • Cara pengoperasiannya mudah.
  • Lebih hemat bahan bakar.
  • Untuk perawatan mesin ini sangat mudah dan sederhana.

Mesin Keripik Singkong Multifungsi Terbaru 2022

Alat pemotong keripik singkong digunakan atau difungsikan sebagai perajang ketela pisang talas dan lainnya. Hasil rajangan yang dihasilkan oleh mesin ini berbentuk tipis, dan menggunakan mesin ini akan sangat mudah dalam proses penggorengan sehingga menghasilkan keripik singkong yang renyah.

Spesifikasi mesin keripik singkong ini tidak berbeda jauh dengan mesin pemotong singkong diatas.

Leave a Comment