Resep Lemper Abon Untuk Jualan Yang Bisa Menguntungkan

Resep lemper abon untuk jualan merupakan jajanan pasar yang masih eksis hingga saat ini. Umumnya, lemper diisi dengan isian daging ayam, sayuran, serta abon. Abonnya sendiri juga bisa memakai berbagai macam sesuai dengan selera yang diinginkan. Baik itu abon ayam, sapi, juga ikan.

Selain dikukus, lemper juga bisa diolah dengan cara digoreng dan dibakar, lho. Rasanya juga sama-sama lezat dan tidak kalah gurih banget. Dibungkus dengan menggunakan daun pisang, lemper juga cocok untuk dijadikan sebagai bekal pada saat bepergian keluar rumah dan juga sebagai ide untuk jualan.

Bisa praktis dimakan pada saat bepergian karena tidak membutuhkan berbagai alat makan. Cara membuatnya pun juga bisa dibilang relatif mudah. Untuk pecinta lemper, kamu bisa membuat kreasi lemper kesukaanmu sendiri di rumah dengan rasa yang tak kalah enak.

Tinggal eksekusi saja resep di bawah ini untuk mengolahnya. Penasaran seperti apa? Yuk simak resep lemper abon untuk jualan.

1. Lemper abon

resep lemper abon untuk jualan

  1. Ambil 2 kg beras ketan
  2. Gunakan 8 siung bawang merah
  3. Gunakan 1 kelapa
  4. Sediakan 2 ons abon sapi
  5. Gunakan Sedikit garam
  6. Gunakan 2 gelas air
  7. Ambil Daun pisang untuk bungkusan
  8. Siapkan Steples / tusukan daun
LANGKAH-LANGKAH MENYIAPKAN LEMPER ABON SAPI:
  1. Cuci beras ketan sampai benar- benar bersih lalu kukus selama 20 menit
  2. Parut buah kelapa, tuangkan 2 gelas air lalu peras, ambil santan kentalnya saja lalu didihkan sambil di aduk- aduk terus jangan sampai santan menjadi pecah, masak hingga santan mendidih.
  3. Iris bawang, campurkan dengan sedikit garam kemudi di goreng hingga berwarna keemasan
  4. Angkat beras ketan yang sudah dikukus tadi kemudian campurkan dengan santan kental yang sudah dimasak tadi, diamkan hingga 10 menit lalu kukus lagi sampai matang
  5. Sesudah matang, campurkan dengan bawang goreng sambil dikipas- kipas hingga nasi ketan siap untuk dibungkus.
  6. Siapkan abon sapi, minyak sedikit agar tidak lengket, nasi ketan. Lalu nasi ketan isi abon dibulatkan sampai semua bahan habis
  7. Bungkus bulatan nasi ketan tersebut dengan menggunakan daun pisang yang diolesi dengan minyak dan steples sesudah semua selesai kukus lagi selama 20 menit
  8. Setelah lemper matang tiriskan. Maka sudah siap untuk disajikan.

2. Lemper goreng.

resep lemper abon untuk jualan

 

Bahan:
– 500 gr ketan, rendam selama minimal 5 jam, kemudian masak dengan menggunakan santan dan sedikit garam lalu di kukus hingga matang
– 90 gr mi kering
– Abon ayam untuk isian secukupnya saja
– 1 butir telur

Cara membuat:
1. Ambil 2 sendok makan nasi ketan yang sudah matang, pipihkan dengan menggunakan tangan yang sudah dilapisi dengan plastik, beri isian abon ayam di dalamnya lalu bentuk lonjong.
2. Celupkan adonan dalam telur yang di kocok, lalu gulingkan ke dalam mi kering sampai semua permukaan terlapisi, sambil ditekan-tekan perlahan agar bisa menempel sempurna.
3. Goreng di dalam minyak yang panas dengan api sedang saja agar tidak gosong, jika telah kering kecokelatan, angkat lalu sajikan.

3. Lemper abon ayam.

resep lemper abon untuk jualan

Bahan:
– 500 gr beras ketan putih
– 350 ml santan
– 1 sdt garam
– Abon ayam
– Daun pisang
– Plastik
– Tusuk gigi

Cara membuat:
1. Rendam beras ketan sekitar minimal 1 jam.
2. Masak santan dan garam sampai mendidih, kemudian sisihkan.
3. Setelah 1 jam di kukus beras ketan 15 menit, pindahkan ke dalam baskom lalu aduk hingga  rata bersama santan. Biarkan sebentar agar santan bisa meresap.
4. Kukus lagi beras ketan tadi sampai bisa matang pulen.
5. Sesudah matang, bagi menjadi 2 ketannya.
6. Siapkan wadah dan juga alas plastik. pindahkan sebagian ketan lalu di tekan-tekan. Tata abon, tekan-tekan lalu berikan lagi sebagian ketan, kemudian tekan-tekan lagi.
7. Potong sesuai dengan selera yang diinginkan, bungkus dengan menggunakan daun pisang, sematkan tusuk gigi lalu di bakar.

4. Lemper abon sapi magic com.

resep lemper abon untuk jualan

Bumbu:
– Abon sapi kemasan (secukupnya)
– 300 gr beras ketan putih
– 1 bungkus santan
– 1,5 gelas air putih
– 1 sdt garam
– 2 batang serai geprek
– 2 lembar daun salam
– Daun untuk membungkus lemper
Minyak untuk olesan

Cara membuat:
1. Masak beras ketan bersamaan dengan santan, air, garam, serai, dan daun salam dengan menggunakan magic com.
2. Ketika sudah setengah matang, aduk-aduk supaya santan menjadi rata.
3. Angin-anginkan sebentar saja sebelum dibentuk menjadi bulat memanjang.
4. Alasi dengan menggunakan plastik supaya tidak lengket ketan dan abon.
5. Bungkus dengan menggunakan daun pisang. Oles dengan minyak sedikit dan panggang di bagian atas teflon. Lemper sudah siap untuk disajikan.

Jika ingin membuat abon dengan mudah bisa dengan menggunakan mesin pembuat abon yang bisa dijumpai di toko tertentu. Dengan menggunakan mesin pembuat abon maka pekerjaan akan jauh lebih mudah.

Leave a Comment