Peluang Bisnis Modal Batok Kelapa

Hai temen temen semua, di artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja peluang bisnis modal batok kelapa. Sebagian dari kita mungkin belum dan bahkan tidak menyadari sama sekali jika benda yang dianggap tidak bermanfaat bisa menghasilkan banyak pundi pundi keuangan.

Produk yang berbahan dasar dari batok kelapa ini nyatanya juga bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Batok atau tempurung kelapa adalah limbah yang dihasilkan dari buah kelapa yang biasa dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar untuk keperluan memasak.

Khususnya bagi keluarga yang masih menggunakan tungku dapur tradisional sebagai alat untuk memasak. Bahkan, tidak jarang, sisa tempurung kelapa hanya akan dibiarkan begitu saja dan berakhir di tempat pembuangan sampah. 

Peluang Bisnis Modal Batok Kelapa

Berikut ini adalah usaha yang dapat dilakukan yang hanya bermodalkan tempurung kepala saja dan bisa dicoba untuk mengisi waktu luang:

1. Pembuatan Kerajinan Tangan Contohnya Cangkir

Banyak kisah sukses yang menceritakan tentang pengalaman pengusaha-pengusaha kecil yang sudah berhasil dalam mendulang rupiah berkat keterampilannya untuk mengolah batok kelapa menjadi produk kerajinan yang mempunyai nilai estetika tinggi. Bahkan beberapa diantaranya sudah berhasil menembus pasar hingga luar negeri. Modal utamanya hanya pada keterampilan dan jiwa seni yang terdapat di sebuah produk.

Dengan cara menggunakan mesin pemotong dan penghalus kayu, lem serta cat pelapis, mereka mampu dengan mudah untuk menyulap suatu sampah tempurung kelapa menjadi sebuah barang kerajinan yang cantik, seperti tas, dompet, keranjang buah, ikat pinggang, kancing baju, dan cangkir.

Hal ini ternyata sudah dilakukan dan dibuktikan langsung oleh sebagian besar para pengrajin asal Blitar yang telah menembus pasar dunia. Ia sudah membuat batok kelapa menjadi sebuah cangkir yang cantik dengan harga jual yang begitu tinggi, dan bahkan pengusaha tersebut sudah mengirimkan produknya tersebut ke negara India sebanyak 800 ribu buah banyaknya.

Untuk satu cangkirnya bisa dijual dengan harga Rp 8 ribu per buah, kap lampu Rp 25 ribu sampai Rp 350 ribu per buah dan kalung di jual dari harga Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu per buahnya.

2. Bisnis Pembuatan Briket Arang.

Peluang Bisnis Modal Batok Kelapa

Hal pertama yang dapat di lakukan untuk menghasilkan uang dari batok kelapa adalah dengan cara mengolahnya menjadi arang atau briket tempurung kelapa. Arang atau briket ini adalah sumber bahan bakar yang paling praktis dalam kegiatan panggang memanggang. Untuk membuat sebuah arang atau briket, anda dapat melakukannya secara manual maupun dengan bantuan mesin.

Secara manual (sederhana), anda hanya cukup melakukannya dengan cara membakarnya dalam sebuah tungku (drum) besar dan dengan pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya proses ini akan berlangsung sekitar 6 sampai 8 jam, lalu setelah bahan tempurung kelapa sudah berubah menghitam menjadi arang, maka proses pembakaran dihentikan dan bisa dijemur sebelum dikemas menggunakan dalam plastik atau karung.

Sementara untuk cara pembuatan briket, arang yang telah jadi dihancurkan dan diayak supaya bisa lebih mudah untuk dicetak menjadi berbentuk bulat atau kotak. Bahan lain yang perlu disiapkan adalah perekat (tepung kanji) dan air. Untuk mempercepat dalam proses produksi, maka sebaiknya jika memakai mesin pengayak dan pencetak untuk briket arang.

Lihat juga produk kami : JUAL COCOMESH MURAH DAN BERKUALITAS

3. Usaha Pembuatan Campuran Obat Nyamuk

Pernakah kamu melihat sebuah obat nyamuk yang berbentuk lingkaran? Ternyata bahan dasar dari produk tersebut salah satu nya adalah batok kelapa, loh. Tetapi yang digunakan bukan hanya sekadar tempurung kelapa melainkan batok kepala yang sudah diolah menjadi sebuah tepung.

Nantinya tepung batok kelapa tersebut akan berfungsi sebagai penghambat laju pada pembakaran sebuah obat nyamuk. Nah untuk membuat sebuah usaha ini kamu juga harus untuk bekerja sama dengan sebuah perusahaan atau toko yang memproduksi dan pembuatan obat nyamuk. Dari sana pada tahap pembuatannya akan kamu dapatkan sekaligus bisa dijadikan sebagai sebuah pembelajaran.

4. Usaha Sepatu Berbahan Dasar Batok Kelapa

Sepatu yang berbahan dasar dari batok kelapa ternyata sudah diwujudkan oleh salah satu merek sepatu lokal, yaitu brand lokal yang bernama Pijak Bumi. Untuk membuat sepatu ini dibutuhkan beberapa bahan baku seperti kulit samak nabati dari Pekalongan, katun organik serta kulit kelapa yang sudah dilebur menjadi bubuk dan kemudian bisa dicetak menjadi kain.

Dari beragam bahan baku tersebut, Pijak Bumi langsung bisa mendesain dan membuat sepatu sendiri secara mandiri. Harga sepatu juga terjangkau dan ramah lingkungan ini bisa dipatok mulai dari angka Rp 375.000 per pasang bahkan bisa mencapai Rp 1,8 juta per pasang.

Demikian artikel di atas yang membahas mengenai peluang bisnis modal batok kelapa yang bisa dipraktekan dengan mudah di rumah menggunakan langkah dan cara yang sudah ada diatas. Selamat mencoba dirumah dan semoga berhasil.

Leave a Comment