Resep Telur Bacem Dengan Rasa Yang Tidak Seperti Telur Biasanya

Resep Telur Bacem – Pernahkah Anda makan gudeg, nasi kucing atau rawon? Makanan khas ini biasanya menghadirkan salah satu menu yang identik yaitu baceman.

Baceman yang dihadirkan biasanya berupa baceman tempe, baceman tahu serta baceman telur. Mungkin yang sudah akrab di lidah adalah baceman tempe serta baceman tahu. Namun baceman telur juga menghadirkan sensasi makanan yang berbeda.

Asal Mula Bacem

Bacem merupakan teknik pengawetan makanan dengan memasak bahan makanan dalam rendaman bumbu dengan waktu yang cukup lama. Masakan bacem memiliki cita rasa manis legit dan asin gurih khas daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bacem muncul tepatnya di lingkungan masyarakat Mataram atau bagian timur kota Yogyakarta.

Selera manis orang Yogyakarta tidak datang begitu saja. Bacem yang bisa kita nikmati sampai sekarang, memiliki sejarah panjang dari peristiwa sistem tanam paksa atau culturstelsel oleh pemerintah kolonial Belanda pertengahan abad ke-19. Masyarakat pada masa itu dipaksa menanam tebu di perbatasan timur Yogyakarta.

Hasil panen yang begitu melimpah kemudian diolah menjadi gula. Melimpahnya produk ini membuat harga gula menjadi sangat murah. Tergerak karena gula melimpah dan murah, mereka mengolah beberapa bahan makanan menggunakan gula, sehingga cita rasa manis menjadi khas masakan daerah tersebut.

Tips Membuat Bacem

Pasalnya, bahan yang digunakan gampang hancur bila dimasak lama-lama. Agar tidak hancur ketika proses memasak, ikuti tips berikut:

1. Pastikan Pakai Api Kecil

Proses memasak baceman biasanya membutuhkan waktu lama, karena proses marinasi dibarengi dengan proses memasak. Untuk itu, gunakan api kecil agar mendukung proses peresapan bumbu yang sempurna ke dalam masakan. Jika api yang digunakan besar, kemungkinan prosesnya akan lebih cepat tapi bumbu tidak meresap sempurna. Selain itu masakan akan kelewat matang dan menjadi mudah hancur saat diangkat.

2. Aduk Sesekali

Memasak memang identik dengan mencampur maupun mengaduk bumbu agar tercampur rata. Namun untuk kasus khusus memasak bacem, baiknya mengaduk sesekali saja. Setelah memasukkan bumbu dan bahan, segera aduk sebentar, tutup, dan tunggu air menyusut dengan sendirinya. Semakin sering diaduk, spatula akan semakin sering beradu dengan bahan sehingga mudah hancur.

3. Gunakan Air Secukupnya

Saat memasak bacem, ada dua jenis cairan yang digunakan, air biasa atau air kelapa. Atau dapat pula mencampurkan keduanya agar rasanya lebih seimbang. Alih-alih merendam bahan dalam cairan tersebut, tuang air secukupnya atau sebatas susunan bahan tersebut. Makin nikmat, kalian bisa coba merendam bahan-bahan dengan cairan tersebut semalaman. Esok harinya baru mulai dimasak bersamaan dengan bahan yang hendak ditambahkan. Rendaman bumbu dalam cairan jauh lebih kaya rasa karena proses marinasi semalam suntuk.

Baca Juga : Alat Perebus Telur Untuk Kemudahan Di Dapur

Rahasia Awetnya Bacem

Proses memasak dalam waktu yang lama di dalam larutan gula menjadi salah satu teknik dalam mengawetkan makanan secara alami. Bahan baku pengawetan alami tersebut didukung pula dengan proses memasaknya yang cukup lama. Proses ini membuat bahan makanan benar-benar matang dan masak sempurna hingga ke dalam.

Masakan akan cenderung tahan lebih lama bahkan sampai berhari-hari. Hal ini membuat mikroorganisme dalam makanan tak dapat bertahan hidup dalam waktu lama. Menikmati baceman bisa dengan banyak cara. Bisa jadi lauk teman makan nasi maupun jadah atau uli – ketan yang dicampur kelapa dan dipadatkan selagi hangat. Kalau di Yogyakarta, tepatnya di Kaliurang, menikmati jadah biasa ditangkupkan dengan bacem.

Sayur pendamping untuk baceman bisa juga dengan gudangan atau urap – sayur rebus dengan topping bumbu kelapa parut. Dominan rasa segar, manis, dan gurih cocok dihidangkan bersama tempe maupun tahu bacem. Makanan ini sesuai untuk kalian yang vegetarian, penggemar berat makan sayur, maupun kamu yang lagi dalam program menurunkan berat badan!

Resep Telur Bacem

resep telur bacem

Baceman telur ini identik dengan warna cokelat kehitaman. Sebenarnya telur bacem ini adalah telur rebus yang mendapat pengolahan lagi dengan cara di bacem. Tidak hanya karena rasanya yang enak tetapi juga warna serta tampilannya yang unik dan tidak biasa. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan- Bahan:

  • 5 butir telur ayam
  • 250 ml air kelapa
  • 500 ml air putih matang
  • 3 lembar daun salam
  • Kecap manis 3 sdm
  • 1 ½ sdm gula pasir
  • 3 sdm air asam Jawa
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • Garam halus ¼ sdm

Baca Juga : Alat Perebus Telur Untuk Kemudahan Dalam Merebus

Bumbu Halus:

  • 30 gram gula merah, sisir halus
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • ¼ sdm ketumbar, sangrai

Cara Membuat Resep Telur Bacem:

  1. Langkah pertama kita harus mengolah dahulu telur mentah menjadi telur rebus. Siakan panci dan tuangkan air secukupnya. Masukan telur dan sedikit garam masak sampai telur matang kira-kira 10 menit.  Angkat, diinginkan, kupas telur dan sisihkan.
  2. Ambil wajan bersih dan masukan sedikit minyak. Panaskan dengan api sedang.
  3. Masukan bumbu halus dan tumis hingga matang serta harum.
  4. Tuangkan air matang dan air kelapa ke dalam wajan dan aduk-aduk.
  5. Tambahkan juga bahan lain seperti air asam Jawa, lengkuas, daun salam dan juga gula merah. Aduk-aduk kembali.
  6. Masukan telur rebus yang sudah di kupas tadi dan kecilkan api.
  7. Tambahkan bumbu kecap manis, garam dan juga gula pasir. Aduk-aduk sesekali agar bumbu  meresap pada telur rebus.
  8. Masak terus hingga air menyusut dan warna telur berubah cokelat kehitaman, matikan api dan telur bacem siap untuk disajikan.

Demikian informasi tentang resep telur bacem yang mudah dan praktis. Tidak hanya telur ayam yang bisa dijadikan telur bacem tetapi juga jenis telur lain seperti telur bebek atau telur puyuh. Sajikan telur bacem dengan sayur dan nasi putih yang hangat. Silahkan Anda mencoba dan praktikan sendiri di rumah.

Leave a Comment