Ini Arti Kode Kemasan Plastik, Yuk Kenali Perbedaan Setiap Jenisnya!

Ada banyak kemasan plastik yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Disetiap kemasan plastik memiliki kandungan zat yang berbeda-beda. Bukan hanya untuk mengemas makanan dan minuman, kemasan plastik juga digunakan sebagai bahan pembuatan seperti meja, lemari, kursi, botol minuman, kotak makan, rak sepatu, dan masih banyak lagi. Jika diperhatikan setiap plastik kemasan memiliki kode yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Arti kode kemasan plastik juga berbeda satu sama lain. Apa aja sih artinya? Dan ada berapa jenis kode-kode tersebut?

Jenis-Jenis Plastik

arti kode kemasan plastik

Bisa kita artikan jika plastik merupakan salah satu kemasan yang paling sering dan banyak dipakai. Hal ini terjadi karena plastik mempunyai harga cukup ramah di kantong dan mudah didapatkan. Tak sampai di situ, kemasan dengan bahan plastik dikenal mempunyai ketahanan yang baik dan mempunyai banyak keunggulan.

Ada beragam jenis plastik dari yang sering digunakan sampai yang dilarang oleh beberapa negara. Beberapa jenis plastik ini antara lain :

  • (PET or PETE or Polyester) Polyethylene Terephthalate
  • (HDPE) High-Density Polyethylene
  • (PVC) Polyvinyl Chloride
  • (LDPE) Low-Density Polyethylene
  • (PP) Polypropylene
  • (PS) Polystyrene
  • (PC) Polycarbonate (sudah tidak dipakai lagi)

Plastik jenis Polycarbonate atau PC sudah tidak dipakai karena kandungan BPA yang terkandung di dalam plastik ini terbukti dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk penurunan jumlah sperma pada pria, pubertas dini, beberapa perubahan perilaku, perubahan fungsi imunitas, kerusakan sistem kardiovaskular, diabetes type III, kegemukan, kegagalan kemoterapi, perubahan kelamin pada katak, kerusakan otak dan saraf, kerusakan kromosom di dalam rahim wanita, kanker payudara, kanker prostat, kemandulan, serta kelainan metabolik.

Arti Kode Kemasan Plastik

arti kode kemasan plastik

Jika kita perhatikan secara seksama, ada beberapa macam kode segitiga pada plastik yang kita gunakan. Kode segitiga itu mempunyai arti yang berbeda. Sudah tahu apa saja artinya? Atau apakah kamu tahu apa saja kode disegitiga tersebut?

Ini dia tujuh arti kode kemasan plastik yang perlu kamu ketahui :

Kode Angka 1 dan PETE atau PET

Kode angka 1 pada simbol segitiga yang terdapat pada plastik ini menandai proses daur ulang dan proses pembuatannya. Plastik yang terbuat dari polyethylene terephthalate yang biasanya tertera pada kemasan saus tomat, vitamin, hand sanitizer, air mineral, dan lotion. Kemasan ini hanya dipakai sekali dan tidak disarankan untuk dipakai berkali kali.

Kode angka 2 dan HDPE atau PE-HD

Simbol angka dua ini bisa ditemukan pada kemasan plastik yang menggunakan high density polyethylene. Secara umum biasa ditemukan pada kemasan botol susu, botol deterjen, botol sampo, galon air minum, sabun. Arti simbol kode angka 2 yang tertera pada HDPE atau PE-HD ini berarti produk bisa didaur ulang, bisa dipakai berulang kali dan proses daur ulangnya lebih sederhana.

Kode angka 3 dan V atau PVC

Kode yang berasal dari bahan yang mengandung polyvinyl chloride yang dipakai pada kabel listrik, mainan anak, pipa air, dan wrap. Bahan plastik ini termasuk berbahaya sebab mengandung zat kimia yang bisa larut dan berisiko buruk pada kesehatan sehingga sulit didaur ulang dan perlu meminimalisir pemakaiannya.

Kode angka 4 dan LDPE atau PE-LD

Kode segitiga ini paling sering ditemukan sebab terdapat pada tas belanja, kantong plastik, dan pembungkus makanan. Segitiga angka 4 ini berarti kantong plastik LDPE atau PE-LD terbuat dari bahan low density polyethylene.

Memiliki sifat elastis, tahan lama dan bisa dipakai berulang kali. Ini artinya, jika kamu tidak mendaur ulang plastik ini pastikan untuk tidak membuangnya sembarangan karena bisa mencemari lingkungan.

Kode angka 5 dan PP

Pada botol minum, sedotan, tempat makan, dan selotip tertera kode angka 5 dan PP yang berarti memakai bahan polypropylene. Arti simbol tersebut berarti bila kemasan itu cukup aman jika digunakan berulang kali bahkan pada suhu panas sehingga plastik ini membutuhkan panas yang tinggi untuk mendaur ulang.

Kode angka 6 dan PS

Plastik tidak bewarna dan teksturnya keras memiliki simbol segitiga angka 6 dan PS yang memiliki arti terbuat dari bahan polystyrene. Biasanya barang berupa sendok plastik, busa, dan garpu plastik berkode simbol segitiga ini.

Kode angka 7 dan PLA atau O

Yang terakhir atau yang ketujuh adalah simbol segitiga angka 7. Simbol angka 7 ini mengartikan bahwa plastik terbuat dari kombinasi berbagai macam bahan. Bahan-bahan tersebut antara lain nylon, polycarbonate, acrylic, dan polylactic acid. Kode angka 7 dan PLA atau O dijumpai pada pendingin air, compact disk,  botol minum bayi, dan case telepon genggam.

Namun, kini penggunaan bahan ini pada botol minum bayi sudah dilarang karena dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan

Alat Pengemas Plastik

Vacuum Sealer

Mesin vacuum sealer ini bisa menghampakan udara yang terdapat pada kemasan plastik. Akibatnya bahan makanan tersebut bisa lebih awet atau tahan lama, fresh, bersih, dan terhindar dari debu.

Tetap bijaklah dalam memilih plastik untuk kemasan makanan, jangan sampai plastik tersebut menimbulkan masalah kesehatan. Itu tadi penjelasan mengenai arti kode kemasan plastik. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment