Berbagai Macam Manfaat Sabut Kelapa

Manfaat Sabut Kelapa

sabut kelapa memiliki berbagai macam manfaat untuk kehidupan, lantas apa saja Manfaat Sabut Kelapa? kita simak artikel berikut!

Sabut Kelapa

Fiber adalah bagian mesokarp atau selimut yang berupa serat-serat kasar kelapa . Sabut biasanya disebut juga dengan sebagai limbah yang cuma ditumpuk menjadi satu di bawah tegakan tanaman kelapa kemudian dibiarkan menjadi busuk maupun kering. Penggunaannya paling banyak hanyalah untuk menjadi kayu bakar. Secara tradisional, masyarakat sudah mengolah sabut untuk diubah menjadi tali kemudian dianyam menjadi kesed. Padahal sabut masih mempunyai nilai ekonomis masih cukup baik . Sabut kelapa apabila diurai akan memperoleh hasil serat sabut (cocofibre) dan juga serbuk sabut (cococoir). Akan tetapi produk inti dari sabut merupakan serat sabut. Dari produk cocofibre akan memperoleh beraneka ragam derivasi produk yang memiliki manfaat sangat luar biasa. Pada beberapa Negara tak terkecuali di Indonesia sabut kelapa diubah menjadi pupuk tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Bagi Manusia

1. Membuat Sapu Ijuk

Sapu ijuk sepertinya adalah salah satu jenis dari peralatan rumah tangga yang tidak bisa lepas dari kehidupan bersih-bersih yang selalu dilakukan ibu rumah tangga maupun asisten rumah tangga. Sapu ijuk adalah salah satu jenis sapu yang salah satunya dibuat dengan memakai limbah dari hasil pengolahan kelapa, yakni sabut kelapa.

Manfaat sabut kelapa yang telah menjadi kering biasanya akan diolah sedemikian rupa. Pada akhirnya nanti akan berubah menjadi serabut-serabut tipis, yang diikat kemudian dijadikan satu menjadi berbentuk sapu ijuk, yang sering kalian pakai sehari-hari.

2. Media Pembakaran Pengganti Kertas

Bagi yang sering membuat arang dari bahan dasar batok kelapa, pasti juga sering menggunakan sabut kelapa untuk menjadi sebagai salah satu media dalam melakukan pembakaran batok kelapa tersebut. Kalian juga bisa melihat kegiatan dalam memanfaatkan sabut kelapa untuk menjadi alat dalam membakar ini yang terdapat pada restoran restoran padang untuk menjadi pengganti kertas. Hal ini diakibatkan oleh sifat alami yang berasal dari sabut kelapa itu sendiri yang dapat dengan mudah terbakar serta bisa menghasilkan api yang baik.

3. Membuat Pupuk Organik

Siapa sangka, ternyata manfaat sabut kelapa pun bisa untuk diolah dan juga digunakan untuk menjadi salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dengan memakai sabut kelapa ini bisa untuk menyimpan air dengan jumlah 60% lebih banyak daripada pupuk biasa pada umumnya. Hal ini tentu saja akan memiliki banyak manfaat untuk daerah yang mempunyai curah hujan yang rendah maupun daerah yang tengah mengalami kekeringan.

Selain itu, sabut kelapa juga mempunyai kandungan unsur hara serta mineral yang sangat baik bagi pertumbuhan dari tanaman, sehingga memang sangatlah cocok untuk diolah dan diubah sebagai salah satu bahan dalam pembuatan pupuk organic.

4. Menetralisir Air dan Bau Semen Kolam Baru

Bagi para pengusaha ikan, baik itu ikan hias ataupun ikan ternak yang diletakkan dalam kolam-kolam semen, sudah pasti sabut kelapa sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kalian. Ya, sabut kelapa sering digunakan untuk menetralisir kandungan air yang terdapat dalam kolam yang baru saja selesai dibuat, dan juga dipakai untuk menghilangkan bau yang ada di dalam semen dari kolam tersebut.

Mengapa? Karena ikan yang langsung diletakkan ke dalam kolam yang baru saja dibuat memiliki kemungkinan akan menjadi mati. Hal ini disebabkan karena ikan tidak dapat tahan dengan campuran air dan juga bau semen yang masih terbilang baru.

5. Membuat Briket Ramah Lingkungan

Ternyata, sabut kelapa juga mempunyai manfaat yang sangat baik dalam pembuatan briket. Selama ini, yang kalian  kenal, briket hanyalah terbuat dari bahan dasar batubara, akan tetapi, ternyata briket juga bisa diolah kemudian dibuat dari limbah, salah satunya diantaranya adalah sabut kelapa. Hal ini tentu saja adalah suatu penemuan yang sangat menarik, karena selain ramah lingkungan, biaya produksi yang berasal dari pembuatan briket pun akan jauh menjadi lebih murah daripada memakai batbara.

6. Membuat Kerajinan Tangan

Indonesia adalah salah satu Negara dengan beraneka ragam suku bangsa. Dengan beraneka ragam suku bangsa ini pulalah, Indonesia juga mempunyai bermacam macam jenis kerajinan tangan yang unik serta menarik. Salah satu kerajinan tangan yang menarik adalah dengan memanfaatkan sabut kelapa yang diolah menjadi bentuk tas, dompet, dan juga bentuk – bentuk hiasan serta pajangan.

7. Membuat Coco Net

Coco net adalah salah satu bentuk olahan yang berasal dari manfaat sabut kelapa yang memiliki bentuk seperti jaring-jaring. Coco net ini biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya musibah longsor pada daerah yang mempunyai undakan, sehingga bisa meminimalisir terjadinya musibah longsor dalam suatu daerah.

8. Bahan Baku Spring Bed dan Jok

Bagi kalian yang mungkin belum mengethuinya, beberapa macam jenis jok dan juga spring bed alias tempat tidur dibuat dengan memakai bahan dasar yang dibuat dari sabut kelapa. Sabut kelapa terlebih dahulu diubah menjadi coco fiber yang memiliki isi berupa serat-serat sabut kelapa.

Kemudian menjadi satu dengan berbentuk lembaran, untuk lalu dapat disupplai ke pabrik jok mobil maupun pabrik spring bed untuk dapat dijual kembali ke pasaran.

9. Membuat Keset

Manfaat lainnya yang berasal dari sabut kelapa yang perlu kalian ketahui, dan mungkin juga telah kalian ketahui adalahdapat digunakan untuk menjadi bahan dalam pembuatan keset. Keset ini mempunyai bahan baku yang hampir mirip seperti sapu ijuk serta coco fiber. Biasanya keset yang berasal dari bahan dasar sabut kelapa ini diletakkan diluar rumah.

Kelapa adalah salah satu jenis dari buah-buahan tropis yang sangat populer mengenai manfaatnya untuk manusia serta hewan. Air yang berasal dari buah kelapa dapat memiliki manfaat menjadi salah satu media penyegaran, dan bisa untuk mengganti cairan yang ada dalam tubuh yang sudah menjadi hilang akibat beraktivitas seharian. Hampir semua bagian yang terdapat pada pohon kelapa bisa digunakan untk kebutuhan tertentu, karena itu, kelapa adalah salah satu jenis pohon yang memiliki beraneka macam fungsi fungsi. Hal ini tidak pernah terlepas dari kehidupan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai.

Leave a Comment