Cara Agar Tempat Usaha Muncul di Google Maps dan Manfaatnya

Banyak orang sudah membuka dan menggunakan aplikasi peta digital tersebut setiap harinya. Nah pada artikel ini akan membahas mengenai cara agar tempat usaha muncul di google maps.

Google Maps merupakan salah satu layanan pemetaan web yang sudah dikembangkan oleh Google. Layanan ini akan memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, serta perencanaan rute jalan untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), maupun dengan angkutan umum.

Google Maps selalu menjadi andalan untuk pencarian dengan cepat lokasi lokasi yang terkait keperluan harian, juga guna eksplorasi banyak tempat baru tanpa harus banyak bertanya kepada orang di sekitar. Fiturnya salah satunya adalah dengan membagikan lokasi lokasi tersebut.

Jika Anda mempunyai bisnis offline dan ingin menarik orang baru untuk datang, buatlah tempat usaha Anda eksis dan dapat dicari melalui GMaps. Bayangkan jika lokasi usaha Anda merupakan salah satu yang dibagikan atau direkomendasikan oleh sebagian banyak orang.

Berikut merupakan Manfaat Mendaftarkan Lokasi Usaha atau Bisnis Anda di Google Maps

Mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps sangat penting untuk dilakukan. Secara tidak langsung, ini akan membantu membuat lokasi usaha lebih mudah diketahui publik. Semakin diketahui oleh banyak orang, maka usaha tersebut akan berpotensi mendapatkan lebih banyak konsumen.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pelaku usaha jika dirinya sudah mengetahui cara agar tempat usaha muncul di google maps dan segera untuk mendaftarkannya:

  • Meningkatkan Pengetahuan Konsumen Akan Produk

Manfaat pertama jika kamu sudah memasukkan lokasi usaha di Google Maps yaitu mampu meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk yang dijual. Ini juga sering kali disebut dengan brand awareness, yaitu tingkat seberapa banyaknya publik yang sudah mengetahui usaha dan produk (barang atau jasa) yang dijual.

Jika publik mencari dan mengetahui letak lokasi usaha secara virtual hanya melalui Google Maps, brand awareness pun akan meningkat dan bertambah.

  • Memudahkan Kurir dalam Mengetahui Lokasi

Seperti yang sudah dijelaskan, Google Maps kini telah terkoneksi dengan berbagai aplikasi transportasi online, layanan antar barang serta makanan dan minuman.

Dengan mengetahui cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps dan berminat untuk mendaftarkannya, maka ini akan lebih memudahkan konsumen untuk membeli barang daganganmu hanya dengan via aplikasi. Kurir pun akan lebih mudah untuk mengetahui lokasi usahamu dan lokasi konsumen.

  • Dapat Dijadikan Sebagai Media di Berbagi Informasi

Google Maps tidak hanya berguna untuk mencatat lokasi usaha, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai informasi detail yang lainnya. Seperti detail jenis lokasi, informasi jam operasional (jam buka dan tutup), nomor telepon yang dapat dihubungi, review foto lokasi, dan lain sebagainya.

Dengan lengkapnya informasi yang telah terisi ini, publik akan lebih dimudahkan dengan mengetahui tentang detail usahamu.

Mereka akan tahu kapan harus datang untuk membeli produk (sesuai dengan jam yang telah diisi), perlu menghubungi ke nomor yang mana jika ingin melakukan reservasi atau mengajukan sebuah pertanyaan, dan lain sebagainya.

  • Dapat Dijadikan Sebagai Media Hubungan dengan Konsumen

Sebagai pemilik bisnis, menjaga kedekatan dengan konsumen merupakan hal yang sangatlah penting. Di Google Maps, publik dapat meninggalkan review tempat dan mengajukan pertanyaan atau pernyataan seputar lokasi. Manfaatkan fitur ini guna menjalin komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli.

Berikut adalah Cara Agar Tempat Usaha bisa Muncul di Google Maps

Menaruh Alamat di Google Maps

Menampilkan lokasi usaha di Google Map akan membantu konsumen dengan cepat menemukan data data bisnis Anda seperti petunjuk arah, jam operasional, alamat website, foto lokasi dan bangunan, nomor telepon, promo, deskripsi bisnis, event terbaru, produk yang dijual, serta testimonial dan review dari para pelanggan yang dapat menambah nilai pada bisnis yang akan Anda tawarkan.

Menambahkan Lokasi di Google Maps

1) Buka aplikasi Google Maps melalui smartphone Anda, klik ikon tambah (contribute atau kontribusi) pada menu pada bagian bawah.

2) Kemudian pilih pada add place atau tambahkan tempat.

3) Isikan dengan detail nama tempat, kategori tempat usaha Anda, serta alamat lengkap. Kemudian tandai lokasinya pada peta dan carilah alamat yang tepat di Maps Anda.

4) Tambahkan informasi lainnya seperti jam buka, nomor telepon, situs web jika sudah punya, tanggal buka atau pertama kali bisnis Anda berdiri, serta foto yang merujuk tempat usaha Anda.

5) Setelah lengkap dan sudah diisi semuanya, klik tanda kirim pada pojok kanan atas, kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.

Anda juga dapat mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps dengan Google My Business dan tidak berbayar atau dipungut biaya tambahan. Dengan hanya menggunakan satu akun Gmail, Anda sudah dapat mendaftarkan bisnis Anda ke Google My Business.

Demikian artikel mengenai manfaat dan cara agar tempat usaha muncul di google maps. Kami sarankan segera tambahkan lokasi usaha Anda sekarang ke Google, untuk memudahkan konsumen dalam menemukan lokasi dan mengetahui dengan detail mengenai informasi bisnis Anda. Semoga bermanfaat dan Semoga Berhasil yaa!

Leave a Comment