Arti SEO dalam Digital Marketing, Manfaat dan Cara Kerjanya!

Anda yang memiliki sebuah website pasti ingin kan websitenya ada di urutan pertama halaman pencarian Google? Jika website anda berada di urutan paling atas, dapat dipastikan visitor akan lebih mudah menemukan website anda tanpa harus scroll lebih jauh. Apalagi jika anda memiliki bisnis dengan menjadikan website sebagai media promosi atau marketing, pasti bisnis anda secara tidak langsung akan perlahan naik. Nah, sebenarnya ada caranya lho untuk membuat website anda ada di halaman pertama Google. Caranya adalah dengan menerapkan SEO dan SEM untuk websitemu. Tetapi yuk kenali terlebih dahulu arti seo dalam digital marketing!

 

Arti Seo dalam Digital Marketing?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari yaitu sebuah strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan.

Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan khusus. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan juga strategis. Hal tersebut dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Tujuan utama melakukan SEO yaitu untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO yaitu semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi juga pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.

 

Apa saja Manfaat Optimasi SEO

1. Peluang Mendapatkan Trafik Potensial Terhadap Website

Ketika website anda berada dalam posisi teratas dihasil mesin pencarian tentunya akan mendapatkan jumlah pengunjung terbanyak dibanding website lainnya. Hal tersebut akan memberikan peluang yang besar untuk anda, karena semakin banyak pengunjung tentunya amda akan kedatangan juga trafik yang potensial untuk website atau halaman anda. Jika website yang anda miliki merupakan website bisnis tentunya bisnis anda akan semakin berkembang dan pengunjung yang potensial tadi lah yang akan menjadi calon pelanggan kita.

Tetapi ada hal yang perlu anda ketahui yaitu tidak semua pengunjung akan memberikan profit kepada anda. Para pengguna search engine biasanya sebelum mencari produk mereka terlebih dahulu mencari informasi-informasi mengenai produk yang mereka inginkan dengan menggunakan kata kunci yang unik. Sehingga mereka akan mendapatkan informasi-informasi atau juga rekomendasi yang tepat atas apa yang mereka inginkan. Jika mereka menemukan website yang tepat sesuai dengan yang mereka cari, tentunya ini menjadi peluang yang besar, mereka akan menjadikan website tersebut acuan dan sekaligus juga akan menjadi customer anda. Karena dari kata kunci yang terdapat pada website anda, yang mana telah sesuai dengan bisnis anda.

2. Brand Awareness Meningkat

Brand awareness merupakan kemampuan calon konsumen atau pelanggan untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Jika suatu brand semakin dikenal, maka otomatis intensitas penjualan juga akan semakin meningkat. Salah satu cara agar brand awareness bisa meningkat, yaitu dengan cara mengoptimasi website disearch engine atau dikenal dengan teknik SEO.

3. Meningkatkan Pendapatan

Jika yang anda punya merupakan website bisnis, kemudian teknik SEO ini sudah diterapkan dengan baik. Maka hasil dari pencarian website anda akan muncul diposisi yang paling teratas, tentunya orang-orang yang ingin membeli suatu produk akan memilih mengklik website yang memiliki rating tertinggi, dari situ sudah pasti anda akan mendapatkan pendapat bila dari hasil produk anda yang terjual. Setelah itu brand anda juga akan semakin terkenal dan banyak customer yang menjadikan acuan pada website kita. Dari situ juga pendapatan anda akan terus meningkat.

Baca Juga : Apa arti SEM, Manfaat dan Kelebihannya!

 4. Website Anda Akan Lebih Mudah Ditemukan Dari Beragam Kata Kunci

Jika anda sudah melakukan optimasi SEO dengan baik, maka website anda akan lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci. Anda bisa menjangkau banyak audiensi dengan menggunakan berbagai kata kunci yang berhubungan dengan topik utama anda.

seo

Cara Kerja SEO

1. Crawling

Adalah proses mengumpulkan lalu menyimpan laman situs yang baru dirilis atau diperbaharui. Mesin pencari akan bekerja dari halaman ke halaman lainnya dan memeriksa setiap link yang sudah ada.

 2. Indexing

Cara kerja SEO berikutnya adalah proses indexing, yaitu ketika mesin pencari mempelajari struktur sebuah situs serta kualitasnya untuk melihat relevansi dengan kebutuhan audiens. Lalu akan melihat kredibilitas setiap halaman web yang sudah tersimpan.

3. Processing

Adalah proses dimana mesin pencari akan menerima permintaan dari pengunjung internet yang memasukkan kata kunci. Lalu mesin pencari akan melakukan proses dengan mengolah kata kunci tersebut.

4. Calculating Relevancy

Cara kerja SEO berikutnya adalah memproses dan menghitung relevansi kata kunci pada setiap halaman tersimpan, lalu menghitung berapa banyak kata kunci tersebut digunakan pada satu halaman situs.

 5. Retrieving Result

Langkah terakhir adalah mengambil result yang paling relevan dari kata kunci dan menampilkannya dalam satu halaman. Di halaman ini akan ter-index halaman-halaman yang sesuai dengan kata kunci yang paling relevan.

 

Demikian penjelasan mengenai arti SEO dalam digital marketing, manfaat SEO dan cara kerjanya. Yang pasti dengan menerapkan SEO, website anda akan teroptimasi dengan baik dihasil mesin pencarian (search engine). Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment