Cara Membuat Sale Pisang Manis, Renyah dan Enak

Cara Membuat Sale Pisang Manis – Pisang yaitu buah yang bisa kita nikmati dalam berbagai macam bentuk. Setiap olahannya mempunyai rasa yang selalu bisa memuaskan lidah para orang yang memakannya. Dan salah satu olahan pisang yang menjadi camilan favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia adalah sale pisang.

Sale pisang mempunyai bentuk yang panjang serta pipih dan juga lebar. Rasanya yang manis dan juga renyah, membuat siapa saja yang makan akan ketagihan dan susah untuk berhenti jika sudah mencicipinya. Terkadang masa saat ini kita juga menemukan sale pisang yang diberi topping misalnya seperti parutan keju atau cairan cokelat, sehingga membuat rasanya akan semakin bertambah nikmat.

Sale pisang ini biasanya bisa Anda temukan di toko tertentu, contohnya toko oleh-oleh. Namun, Anda juga dapat membuatnya dari dapur Anda sendiri jika Anda ingin membuat untuk camilan dirumah bersama keluarga saat sedang bersantai. Cara membuat sale pisang memang bisa dikatakan cara yang cukup mudah. Berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa resep cara membuat sale pisang manis.

Cara Membuat Sale Pisang Manis

cara membuat sale pisang manis

 

  • Sale Pisang Crispy

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain yaitu:

1 sisir pisang kapasan yang tentunya sudah matang

Bahan adonan pencelup:

10 sdm tepung terigu
7 sdm tepung beras
2 sdm tepung tapioka
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt banili bubuk
1 sdm gula pasir (bisa di skip)
300 ml air matang (bisa ditambah ketika proses mengadon berlangsung)

Cara Membuat:

Membuat sale pisang:
Kupas dan iris iris terlebih dahulu buah pisang yang sudah matang sesuai dengan selera untuk tingkat ketebalannya. Jemur irisan buah pisang di bawah sinar matahari beberapa hari hingga pisang mengering (jangan lupa untuk dibalik agar keringnya rata secara menyeluruh).

Membuat adonan pencelup:
Campurkan seluruh bahan kering yang sudah disiapkan kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk hingga merata (air bisa ditambah saat proses pengadonan sampai adonan pas, tidak terlalu kental dan pastinya juga tidak terlalu encer), lalu sisihkan.
Kemudian panaskan minyak goreng terlebih dahulu. Jika dirasa minyak goreng sudah panas, celup sale pisang ke adonan tepung yang tadi sudah dibuat dan goreng hingga sale pisang matang secara merata, angkat lalu sisihkan.
Sale pisang yang enak dan renyah siap untuk disajikan

 

  • Sale Pisang khas Aceh

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

3 sisir pisang
Lidi secukupnya

Bahan pencelup:

Tepung terigu secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama tama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, lalu kemudian kupas pisang. Potong pisang tipis-tipis lalu letakkan di atas piring, jemur pisang selama beberapa hari.
  2. Lihat terlebih dahulu teksturnya. Setelah pisang berubah warna, tusuk dengan menggunakan lidi secukupnya saja.
  3. Lalu buat adonan pencelup dengan menggunakan bahan-bahan yang tadi sudah disiapkan.
  4. Kemudian celupkan pisang yang tadi telah ditusuk menggunakan lidi ke dalam adonan pencelup tepung yang sudah dibuat.
  5. Goreng sampai sale pisang matang, lalu angkat kemudian di tiriskan.
  6. Sale pisang manis khas Aceh siap untuk dinikmati dan dihidangkan.

 

  • Sale Pisang Lilit

Bahan-bahan yang diperlukan:

600 gr
150 gr sale pisang
300 gr tepung terigu
50 gr kanji
65 gr gula halus
1 butir telur
1/2 sdt b powder
50 gr buter
50 ml masing masing untuk air dan air kapur sirih
Secukupnya minyak goreng
1 bungkus vanili bubuk

Cara membuat:

  1. Pertama tama potong-potong sale pisang yang tadi telah di jemur, ukur panjang pendeknya disesuaikan dengan selera Anda saja, lalu di sisihkan.
  2. Kedua masukkan semua bahan, kecuali buter dan juga air, aduk seluruh bahan hingga tercampur secara rata, kemudian masukkan butter, kemudian aduk lagi menggunakan tangan saja sampai tercampur secara merata, terakhir masukkan air kapur sirih dan juga air putih, uleni hingga kalis, biarkan adonan kurang lebih selama 10 menit.
  3. Kemudian ambil sebagian adonan, lalu gilas sampai menjadi agak tipis tetapi jangan terlalu tebal, kerat adonan memanjang, lalu ambil sale pisang yang tadi telah dipotong, ambil 1 potongan sale pisang lalu kemudian ambil 1 adonan yang telah di kerat, kemudian lilitkan pada sale pisang.
  4. Lakukan hal tersebut sampai habis dan semuanya selesai, lalu kemudian panaskan minyak goreng terlebih dahulu, kemudian goreng sale pisang yang tadi sudah di lilit terlebih dahulu, goreng sale pisang higga matang dan warnanya berubah, goreng pisang menggunakan api sedang saja, setelah selesai di goreng semuanya, biarkan gorengan pisang terlebih dahulu sampai dingin, kemudian jika sudah dingin baru di masukkan ke dalam toples.
  5. Sale pisang lilit yang enak siap untuk camilan dan dihidangkan.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Sale Pisang Manis. Semoga bisa menginspirasi dan semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment