Cara Usaha Bakso Bakar Rumahan dan Sederhana

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Cara Usaha Bakso Bakar. Langsung aja simak pembahasannya dibawah ini,

Bakso selalu tampil bersanding dengan kuah yang segar dan menggoda untuk dinikmati. Kehadiran bakso bakar tentu saja memberikan warna tersendiri. Bakso bakar selalu sukses mengambil hati para peminatnya. Selain tampilannya yang menggoda, rasanya pun jadi lebih nikmat dengan tambahan bumbu pedas yang dibakar.

Sensasi aroma bakaran dan asap yang menempel pada bakso bakar mampu memikat peminatnya. Bakso bakar sukses menjadi makanan yang paling laris dipasaran. Begitu banyaknya para peminat bakso bakar ini membuatnya selalu laris manis dijajakan hanya dalam hitungan jam.

Potensi usaha bakso bakar sejauh ini masih sangat cerah, oleh karena itu kepopuleran ini menjadikan peluang bakso bakar terus menjanjikan. Sehingga usaha bakso bakar ini patut untuk dipertimbangkan.

Cara Usaha Bakso Bakar

cara usaha bakso bakaar

  • Buat bakso sendiri

Apapun jenis usaha kulinernya, ada baiknya dibuat sendiri untuk menghemat pengeluaran dan bisa menciptakan rasa yang khas. Selain itu, Anda bebas menentukan porsi daging yang ingin ditambahkan saat membuat bakso untuk mempertahankan cita rasa dan kualitas yang sesuai menurut versi Anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan dan sederhana, yaitu daging giling, tepung tapioka, bawang merah, dan bumbu penyedap lainnya. Setelah itu, bentuk bakso menjadi bulat atau dibentuk menurut inovasi Anda dengan ukuran sesuai selera. Anda bisa membuat bakso yang bervariasi agar pelanggan bisa memilih dan tidak bosan.

  • Tentukan lokasi berjualan

Anda harus memilih lokasi yang tepat sesuai modal. Jika modalnya minim, maka berjualan di dekat pasar atau sekolah sangatlah tepat. Sehingga Anda tidak perlu menyewa tempat khusus berjualan.

Akan tetapi, pangsa pasarnya lebih sedikit karena waktu berkunjung pelanggan yang terbatas. Hal ini desebabkan karena pasar hanya ramai di pagi hari. Itu artinya Anda harus lebih cepat bergegas jualan agar tidak kehilangan pembeli.

  • Pastikan peralatan memadai

Dari segi peralatan sebenarnya cukup sederhana, apalagi jika lokasi jualannya dekat sekolah atau pasar. Anda hanya membutuhkan alat pemanggang, saos, sendok sayur, tabung gas, tusuk lidi, plastik, dan yang tak boleh lupa sepeda motor.

Peralatan yang dibutuhkan tentunya berbeda jika Anda buka warung bakso bakar sendiri. Anda membutuhkan kursi, sendok, piring, dan garpu. Membeli peralatan untuk berjualan mungkin akan mengeluarkan modal yang cukup banyak. Untung saja, peralatan tersebut dapat digunakan berulang kali, jadi Anda tidak perlu bolak-balik beli.

  • Gunakan promosi yang tepat

Meskipun banyak disukai, bukan berarti usaha bakso bakar tidak perlu dipromosikan. Promosi tetap penting dalam suatu usaha supaya semakin dikenal banyak orang dan pembeli yang datang juga semakin banyak.

Cukup dengan memasang banner di lokasi berjualan supaya masyarakat tahu tentang makanan yang Anda jajakan. Buatlah banner seunik mungkin untuk memunculkan rasa penasaran masyarakat, sehingga masyarakat memutuskan untuk membelinya.

Supaya lebih banyak pembeli lagi dari luar lokasi jualan, Anda bisa memanfaatkan sosial media mulai dari instagram, facebook, dan juga TikTok. Jadi, buatlah konten yang menarik, mulai pembuatan bakso, pembakaran bakso, penyajian dan sebagainya.

  • Harga yang bersaing

Bakso merupakan salah satu olahan makanan yang cukup terjangkau, kecuali bakso sapi karena harga dagingnya jauh lebih mahal dibandingkan ayam. Supaya harga jualnya menjangkau semua kantong masyarakat, maka Anda bisa menggunakan bahan dasar daging ayam yang harga dagingnya relatif murah.

Jika harganya terlalu mahal, masyarakat berpikiran malah takut untuk mencicipi bakso dagangan. Apalagi bakso bakar ini hanya sebagai camilan, bukan lauk pauk.

  • Buat bumbu yang berbeda

Cita rasa dari bakso bakar biasanya menjadi salah satu hal yang selalu membekas di ingatan pembeli. Jadi, pastikan cita rasa bakso bakar milikmu unik, sehingga bakso bakar buatanmu tidak dinilai biasa saja.

Anda bisa bermain di bumbu bakso bakar itu sendiri, misalnya, sausnya dibuat sendiri atau bawang gorengnya dibuat lebih renyah. Terpenting, harus ada faktor yang membedakan bakso bakar Anda dengan milik orang lain. Jangan lupa juga untuk mempertahankan cita rasa supaya pembeli yang tadinya hanya iseng membeli bisa menjadi pelanggan setiamu.

  • Jaga Kualitas Bakso Bakar

Menjalankan usaha bakso bakar tidak bisa dikatakan mudah, pasti ada saja kendala dalam proses produksinya. Tetapi, selagi Anda bisa menjaga kualitas rasa, harga, dan pelayanannya, percayalah usaha bakso bakar akan laris manis. Yang terpenting, sabar karena keberhasilan suatu usaha tidak terjadi dalam waktu semalam.

Demikian artikel tentang Cara Usaha Bakso Bakar, semoga bermanfaat bagi para pengusaha bakso bakar. Jika Anda ingin membuka usaha lain selain bakaran, Anda bisa membuka usaha pentol goreng dan Anda bisa baca artikel tentang Ide Jualan Pentol Goreng.

Leave a Comment