Barang-barang Asal China yang Berdatangan ke Indonesia

Barang-barang China jadi barang yang laris diimpor Indonesia. Masuknya barang-barang Negeri Tirai Bambu ke Indonesia gak lepas dari perkembangan membeli online yang berikan kemudahan bagi banyak orang membuat mengimpor barang dengan jasa forwarder .

Bukan rahasia kecuali barang-barang asal China itu terkenal dengan harganya murah. Hal berikut sesudah itu dilihat sebagai kesempatan kebanyakan orang Indonesia yang cenderung menyukai barang-barang murah dengan kualitas masih oke!

Kalau harga dijadikan acuan oleh kebanyakan orang Indonesia membuat membeli barang, masuk di akal kecuali produk made in Indonesia kalah saing dengan kata melabeli made in China alias buatan China. Ya, membuat apa membeli barang mahal kecuali ada yang jauh lebih murah? Respons seperti itu kebanyakan jadi kata-kata yang umum keluar dari banyaknya penikmat barang buatan China.

Menarik membuat dicari tahu, emangnya apa aja barang-barang China yang kerap diimpor Indonesia? Berikut ini ulasannya.

Daftar barang-barang China yang diminati para importir Indonesia selama tahun 2017

The Observatory of Economic Complexity (OEC) mengatakan sebanyak 21 barang China yang masuk ke Indonesia selama tahun 2017. Total nilai impor dilaporkan menggapai US$34,3 miliar.

Dari banyaknya barang asal China tersebut, paling tinggi impornya adalah barang yang dikategorikan sebagai mesin dengan kandungan 41 persen. Kemudian ada logam sebesar 13 persen, produk kimia sebesar 11 persen, tekstil sebesar 9,2 persen, plastik dan karet sebesar 4,5 persen, sayur-sayuran sebesar 3,6 persen, hingga transportasi sebesar 3,0 persen.

The Observatory of Economic Complexity (OEC) merupakan web yang menyajikan knowledge perdagangan internasional. Keberadaan OEC ini digagas Massachusetts Institute of Technology (MIT) Lab sebagai bagian dari proyek mereka.

Karena barang China berkategori mesin paling tinggi nilai impornya, kira-kira barang-barang kategori mesin yang seperti apa ya yang masuk ke Indonesia? Berikut ini daftarnya.

Dalam datar di atas, hanya 20 barang yang dimasukkan. Sebenarnya, masih banyak barang China berkategori mesin lainnya yang diimpor Indonesia.

Impor bawang putih Indonesia paling besar, keliru satu sumbernya ternyata dari China

Seperti yang ramai diberitakan belakangan ini, Indonesia mencatatkan volume impor yang tinggi. Bahkan, selama tahun 2016, nilai impor bawang putih yang dilaksanakan Indonesia paling tinggi di dunia.

Indonesia mencatatkan nilai impor bawang putih selama tahun 2016 menggapai US$674 juta. Nilai impor ini lebih tinggi dari nilai yang dicatatkan Vietnam sebesar US$241,50 juta ataupun negara tetangga, Malaysia dengan nilai sebesar US$235,49 juta.

Rupanya nih China jadi keliru satu negara yang memasok bawang putih ke Indonesia. Pada 2016, impor bawang putih dari China yang dilaksanakan Indonesia mencatatkan nilai US$477 juta.

Leave a Comment