Pallet Plastik VS Pallet Kayu, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia pergudangan atau stok barang, terdapat suatu barang yang umum ditemukan yakni bernama Pallet. Pallet sendiri merupakan benda yang digunakan untuk menampung beban dengan kapasitas tertentu. Oleh karena itu, tak heran apabila Pallet banyak ditemukan di tempat pergudangan atau stok barang.

Sebenarnya, Pallet sendiri memiliki tiga perkembangan, yakni mulai dari Pallet kertas, Pallet kayu, hingga yang saat ini sering digunakan adalah Pallet plastik. Tentu saja, masing-masing jenis Pallet tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, pada pembahasan ini akan difokuskan untuk mengulas tentang Pallet yang terbuat dari bahan kayu dan plastik. Sebelum itu, kamu perlu mengenal terlebih dahulu keseluruhan pengertian jenis Pallet.

Pengertian dan Jenis Pallet

Pallet adalah jenis barang yang digunakan untuk mengangkut beban dengan kapasitas tertentu. Pallet sendiri banyak digunakan untuk mengangkut barang sehingga tidak heran apabila sering digunakan di pergudangan atau stok barang. Pallet sendiri merupakan benda penting yang dapat membantu aktivitas pergudangan agar pekerjaan semakin mudah.

Dalam sejarah perkembangannya, Pallet melalui tiga masa yakni Pallet kerta yang tentunya terbuat dari bahan kertas. Karena terbuat dari bahan yang tidak begitu kokoh, tidak heran apabila kapasitas yang bisa dimuat pada Pallet jenis ini hanya mencapai 100 kilogram hingga 3 ton saja. Karena dianggap masih kurang efektif, seiring berkembangnya waktu Pallet jenis ini mulai ditinggalkan.

Sejarah selanjutnya mencatat Pallet terbuat dari bahan kayu, dilihat dari bahannya saja pasti banyak orang berpikir bahwa Pallet ini sangat cocok untuk digunakan di pergudangan. Namun, mengapa saat ini Pallet kayu mulai ditinggalkan dan tergantikan dengan Pallet plastik? Tentu saja ada beberapa alasan tertentu yang melatarbelakangi hadirnya Pallet yang terbuat dari plastik ini.

Pallet Plastik VS Pallet Kayu

Saat muncul pertanyaan mana yang lebih baik antara plastic pallet dan Pallet kayu, maka jawabannya adalah tergantung pemakainya. Jika pemakainya ingin lebih praktis, maka Pallet plastik merupakan pilihan yang paling tepat untuk digunakan. Sebaliknya, jika pemakainya ingin menitikberatkan pada  kapasitas beban yang dapat diangkut, maka Pallet kayu lebih cocok digunakan.

Sebelum itu, mari kita lihat beberapa kelebihan dari masing-masing jenis Pallet ini agar kamu bisa menentukan mana yang lebih baik di antara keduanya.

Kelebihan Pallet Kayu

  1. Dapat menampung kapasitas yang lebih berat, yakni sebesar 100 kilogram hingga 4 ton
  2. Terdiri dari berbagai macam jenis kayu, seperti triplek, multiplek, kayu murni, dan kayu keras
  3. Bahan Pallet kokoh sehingga memiliki sifat yang awet daripada plastic pallet
  4. Tahan lama
  5. Sering digunakan di pergudangan dengan beban yang cukup berat

Kelebihan Plastic Pallet

  1. Lebih modern dan banyak digunakan saat ini
  2. Lebih praktis dibawa kemana-mana karena tidak berat dan ukurannya pas
  3. Memiliki variasi yang bisa disesuaikan dengan kapasitas berat beban yang akan diangkut
  4. Sering digunakan di pergudangan milik perusahaan ternama
  5. Lebih mudah untuk dibersihkan daripada Pallet kayu

Mana yang Lebih Baik Antara Pallet Kayu dan Plastic Pallet?

Kesimpulannya, jika kamu ingin menggunakan jenis Pallet yang kekinian, praktis, lebih mudah dibersihkan, dan tidak butuh menampung beban yang sangat berat, maka plastic pallet lebih cocok untuk kamu gunakan. Namun, jika kamu butuh Pallet dengan keawetan yang tahan lama, bahan kokoh, dan tentu bisa menampung beban yang sangat berat, maka Pallet kayu lebih cocok untuk dipilih.

Leave a Comment