Cerdas Buat Kamu yang Ingin Kuliah Tapi Tak Ada Dana

Ada banyak anak muda yang mengidamkan kuliah setinggi kemungkinan demi raih jaman depan yang lebih baik. Bagi anak yang punyai orang tua dengan ekonomi yang lumayan sudah pasti kuliah bukanlah hal yang sukar diraih.

Tapi bagaimana jikalau kondisi keuangan di keluargamu tidak terlalu mungkin kamu untuk kuliah? Jika hal itu terjadi, sudah pasti kuliah jadi hal yang tidak gampang untuk diwujudkan. Kamu tak perlu kuatir JBers, asal niat dan permintaan kamu kuat untuk melanjutkan kuliah, maka akan selalu ada jalan jikalau kamu berusaha. JadiBerita punyai lima langkah cerdas membuat kamu yang mengidamkan kuliah tetapi tak ada dana. Benarkah? Langsung review saja lima langkah di bawah ini!

 

1. Beasiswa

Mencari beasiswa adalah langkah cerdas pertama yang perlu kamu tempuh jikalau tak ada dana untuk kuliah. Ada banyak program pertolongan beasiswa ditawarkan universitas, tetapi sudah pasti kamu perlu punyai nilai yang bagus donk. Akan lebih gampang bagi kamu jikalau punyai nilai yang bagus sementara SMA, apalagi jikalau kamu menyandang predikat rangking tiga besar. Biasanya tanpa mengajukan beasiswa, lebih dari satu universitas justru yang tawarkan beasiswa khususnya dahulu terhadap siswa berpredikat rangking tiga besar. Enak bukan?

 

2. Student Loans

Tak sanggup beasiswa? Jangan bersedih pernah JBers! Kamu sanggup mengajukan student loans kok. Student loans itu apa sih? Student loans adalah dana pertolongan dari lembaga atau institusi tertentu untuk mahasiswa yang mengidamkan kuliah tetapi tak ada dana. Student loans ini meliputi biaya kuliah, biaya buku, serta biaya hidup layaknya kostan dan biaya kuliah.

Bedanya student loans dengan beasiswa adalah dana pertolongan student loans berupa utang yang perlu kamu lunasi sementara kamu sudah lulus dan mendapat pekerjaan. Kamu sanggup mengecek lembaga dan institusi yang tawarkan student loans layaknya Yayasan Sampoerna Foundation, Koperasi Jasa Siswa Bangsa, hingga perguruan tinggi layaknya Sekolah Bisnis Prasetya Mulya, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan masih banyak lagi. Jika kamu mengidamkan mengajukan student loans, jangan lupa untuk membaca dengan teliti syarat-syarat serta mekanisme student loans yang ditawarkan ya!

 

3. Kerja di Pagi Hari, Kuliah di Malam Hari

Tak sanggup mendapat beasiswa dan tidak mengidamkan mengambil student loans? Cobalah untuk bekerja sambil kuliah. Sekarang sudah banyak alternatif kelas kuliah malam yang sanggup kamu ambil. Biasanya program kuliah malam diperuntukkan untuk para karyawan. Kuliah malam ini lebih fleksibel dibanding kuliah pagi sebab jam kuliahnya tidak banyak tetapi lebih difokuskan terhadap tugas-tugas kuliah yang diberikan. Biaya kuliah malam sebetulnya agak sedikit lebih mahal dibanding kuliah pagi, tetapi sudah pasti hal tersebut tidak jadi persoalan asalkan kamu menyandang gelar sarjana khan JBers?

 

4. Jadi Freelancer sambil Kuliah

Terlalu penat untuk kerja full time sambil kuliah? Atau biaya kuliah malam terlalu mahal untukmu? Kamu sanggup jadi freelancer sambil kuliah kok yang disampaikan mediator kuliah timur tengah. Pekerjaan freelancer ini sebabkan sementara kamu lebih fleksibel sebab tak mengharuskan kamu untuk mengantor dari pagi hingga sore.

Kamu termasuk sanggup mengerjakan pekerjaanmu di universitas sambil tunggu kelas dimulai. Ada banyak pekerjaan freelance yang sanggup kamu jalankan terasa jadi penulis, design grafis, fotografer, dan masih banyak lagi. Pilih pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan dan hobi kamu sehingga pekerjaanmu lebih menyenangkan.

 

5. Wirausaha Sambil Kuliah

Kamu punyai keahlian berdagang? Jangan disia-siakan ya JBers! Manfaatkan kemampuan berdagang kamu untuk membiayai kuliah. Tak perlu terhubung toko atau lapak di pinggir jalan sebab saat ini kamu sanggup menggunakan internet dengan berjualan secara online. Dengan berwirausaha, duit yang kamu sanggup sanggup melebihi pekerja kantoran atau freelancer loh. Asal kamu tekun dan pantang menyerah untuk berjualan, maka uangmu tentu akan tetap mengalir.

Leave a Comment