Kerajinan Dari Batok Kelapa yang Mudah dan Sederhana

kerajinan dari Batok kelapa – Siapa yang tidak mengenalnya, kelapa, buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia? Hampir semua bagian kelapa dapat diolah, termasuk kulitnya. Bagian kelapa ini biasanya terbuat dari batok kelapa yang bentuknya berbeda-beda.

Batok kelapa atau tempurungnya sendiri kebanyakan dibuang begitu saja tanpa digunakan lagi. Namun di tangan orang-orang yang sangat kreatif, cangkang ini bisa dibuat dari berbagai barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Membuat batok kelapa buatan sendiri tidak begitu sulit. Mengukir batok kelapa membutuhkan benda tajam seperti pisau, gergaji besi atau alat pertukangan lainnya. Untuk inspirasi lainnya, simak beberapa contoh kerajinan batok kelapa di bawah ini.

Contoh Hasil Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa ini diperlukan Mesin pengupas batok kelapa. Contoh hasil buatan tangan yang terbuat dari batok kelapa adalah sebagai berikut :

1. Bunga Dari Batok Kelapa

Bagi yang memiliki kreativitas tinggi dalam membuat sebuah karya, Anda bisa mencoba membuat kerajinan ini. Kerajinan bunga dari batok kelapa merupakan produk yang masih langka karena jarang dibuat.

Bunga yang didapat dari batok kelapa ini tidak hanya menarik, tetapi juga sangat unik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Seperti kerajinan sebelumnya, membuat bunga dari batok kelapa juga membutuhkan kreativitas yang tinggi. Pembuatan produk unik ini membutuhkan ketelitian yang tinggi.

2. Perahu Layar Dari Batok Kelapa

Perahu layar mini yang biasa ditemui adalah perahu kayu. Namun siapa sangka kerajinan tangan bernilai seni juga bisa dibuat dari batok kelapa. Tidak semua orang bisa membangun perahu layar ini, hanya talenta yang mumpuni.

Membuat perahu layar dari batok kelapa membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Ini seperti kerangka kerja yang harus dirangkai menjadi satu kesatuan yang koheren. Kesabaran dan ketelitianlah yang menghasilkan kerajinan bernilai seni tinggi.

3. Lampu

Ternyata batok kelapa bisa dibuat menjadi lampu yang cantik. Kebanyakan lampu batok kelapa berukuran kecil, sehingga cocok untuk meja. Selain untuk meja, lampu ini juga cocok untuk mendekorasi kafe. Apalagi jika warna lampu tempurung kelapanya berwarna kuning memberikan rasa nyaman dan tidak pedih di mata.

Bentuk lampu batok kelapa berbeda-beda. Namun bentuk yang paling banyak diminati konsumen adalah bentuk pohon kelapa. Wah, sangat menarik dan unik bukan? Selain itu, lampu kelapa ini menghasilkan cahaya berbentuk bulat. Benar-benar estetis dan indah!

4. Hiasan Dinding

Contoh Kerajinan Dari Tempurung Kelapa yang Mudah dan Sederhana

Dekorasi dinding batok kelapa merupakan salah satu kerajinan batok kelapa yang paling banyak diminati. Kerajinan batok kelapa sangat sederhana dan bisa dibuat sendiri di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah tempurung kelapa, gergaji kecil, lem dan papan kayu. Berikut kami jelaskan cara membuat hiasan dinding dengan bunga.

Setelah semua bahan siap, gunakan gergaji untuk memotong batok kelapa menjadi potongan-potongan kecil seperti kelopak bunga. Selain kelopaknya, potong daun dan bentuk potnya. Setelah selesai, tempelkan potongan batok kelapa ke papan kayu untuk membuat bunga. Nah, hiasan dinding sudah siap. Jika ingin hasil yang lebih baik, Anda bisa mengecat tempurung kelapa di atas pasir dengan cat transparan agar berkilau.

5. Set Teko

Baru-baru ini, produk kerajinan organik menjadi populer di mana-mana. Contohnya adalah kerajinan batok kelapa yang berbentuk teko. Teko ini terdiri dari teko, cangkir dan nampan dari batok kelapa. Warna dominan dari teko ini adalah tempurung kelapa yang khas, yaitu coklat tua.

Selain itu, teko tempurung kelapa ini menampilkan desain garis abstrak berwarna cokelat muda. Wanita dijamin menyukai kerajinan ini. Selain itu, teko batok kelapa juga tahan lama dan tidak mudah pecah saat terjatuh.

6. Piring

Apakah Anda menyukai lebih sedikit produk limbah? Mari kita coba sepiring batok kelapa. Makanan yang terbuat dari batok kelapa tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga aman digunakan. Piring batok kelapa juga ringan, jadi bisa dibawa kemana-mana.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, lebih aman membawa tempat makan sendiri. Piring ini tidak hanya ringan, tetapi juga mudah dicuci dan dikeringkan. Wah, kerajinan tempurung kelapa memang unik dan menarik. Harga makanan dari batok kelapa juga terjangkau. Ditata di meja makan, juga menambah kesan estetik.

Itulah beberapa kerajianan dari batok kelapa, semoga bermanfaat.

Leave a Comment