Jenis Jenis Briket Beserta Kegunaan dari Briket Batu Bara dan Arang

Jenis Jenis Briket – Briket adalah sumber energi yang berasal dari biomassa yang digunakan sebagai minyak bumi dan energi dari fosil. macam macam briket dapat dibuat dari bahan baku yang banyak kita temukan dalam keseharian kita seperti batok kelapa, sekam padi, arang sekam, serbuk kayu, bongkol jagung, daun,dan lain sebagainya.

Pembuatan briket dilakukan dengan proses penekanan atau pemadatan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kalor per satuan luas dari biomassa yang akan digunakan sebagai energi alternatif, sehingga dengan ukuran biomassa yang relatif kecil akan dihasilkan energi yang besar.

elain itu bentuk biomassa menjadi lebih seragam, sehingga akan lebih mudah dalam  penyimpanan dan pendistribusian.

Berikut Ini Macam Macam Briket

Jenis Jenis Briket

  1. Briket Batubara

Batubara adalah suatu batuan sedimen tersusun dari unsur karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan sulfur. Dalam proses pembentukannya, batubara diselipi bebatuan yang mengandung mineral.

Bersama dengan moisture, mineral merupakan pengotor batubara sehingga dalam pemanfaatannya, kandungan kedua materi ini sangat berpengaruh.

Dari ketiga jenis pemanfaatan batubara, yaitu sebagai pembuat kokas, bahan bakar, dan batubara konversi.

Keunggulan Batu Bara

Batubara memiliki keunggulan dibandingkan bahan bakar fosil lainnya, yaitu:

  • Jumlah batubara yang economically exploitable lebih banyak.
  • Distribusi batubara di seluruh dunia sangat merata.
  • Karena komposisi coal adalah CHONS + Ash, coal identik dengan bahan bakar yang sangat kotor dan tidak ramah lingkungan.
  • Dibanding bahan bakar fosil lainnya, jumlah kandugan C per mol dari batubara lebih besar.
  • Hal ini menyebabkan pengeluaran CO2 dari batubara jauh lebih banyak.

 

Manfaat Briket Batubara

Briket Batubara merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari Batubara, bahan bakar padat ini merupakan bahan bakar alternatif atau merupakan pengganti Minyak.

Bahan Bakar ini juga disinyalir merupakan bahan bakar yang paling murah dan dimungkinkan untuk dikembangkan secara masal dalam waktu yang relatif sangat singkat mengingat teknologi dan peralatan yang digunakan relatif sederhana.

  1. Briket Sekam Padi

Sekam padi sering diartikan sebagai bahan buangan atau bahan yang tersisa dari proses penggilingan padi. Proses penghancuran limbah secara alami berlangsung lambat, sehingga limbah tidak saja mengganggu lingkungan sekitarnya tetapi juga mengganggu kesehatan manusia.

Pada setiap penggilingan padi akan terlihat tumpukan bahkan gunungan sekam yang semakin lama semakin tinggi.Disaat ini pemanfaatan sekam padi masih sangat sedikit, sehingga sekam masih tetap menjadi bahan limbah yang begitu mengganggu lingkungan

Sekam padi terdiri dari lapisan keras yang meliputi kariopsis terdiri akan dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Pada proses penggilingan beras sekam akan terspisah dari butir beras dan menjadi bahan sisa atau limbah penggilingan

Struktur sekam padi memiliki empat lapisan yaitu epidermis terluar yang dilapisi kulit ari, Scelerenchyma, Spongi parenchyma, epidermis terdalam. Dari keempat lapisan di atas sekam padi meiliki silikon yang dominan pada kedua lapisan epidermisnya yang berfungsi sebagai pengeras dan pelindung gabah terhadap jamur.

Manfaat Briket Sekam Padi

Briket arang sekam bisa menjadi energi alternatif dalam rumah tangga. Dengan dimanfaatkannya sekam padi menjadi briket arang sekam, maka bisa mengurangi limbah hasil pertanian, menambah pendapatan petani dan mengurangi  pengeluaran keluarga untuk membeli bahan bakar.

Briket Tempurung Kelapa (Macam Macam Briket)

Indonesia adalah negara teropis yag dikaruniai pohon kelapa yang melimpah. Pohon kelapa sendiri memiliki banyak manfaat dan kegunaan, baik dari pohonnya hingga buahnya itu sendiri.

Meskipun sekarang sudah banyak orang melakukan pengelolaan terhadap pohon kelapa namun terdapat beberapa potensi kelapa yang belum optimal dan dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam pemanfaatan limbahnya. Salah satu pemanfaatan limbah padat kelapa adalah dengan memanfaatkannya menjadi bahan bakar alternatif.

Salah satu bentuk pemanfaatannya adalah dijadikan briket arang. Briket adalah sebuah blok bahan yang menjadi bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan api agar tahan lama.

Alat dan Bahan :

  • Tempurung Kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air
  • Pipa paralon

Cara Membuat Briket Tempurung Kelapa :

  • Pegarangan
  • Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).
  • Pengayakan (Untuk pembuatan briket yang lebih cepat dan efisien bisa gunakan mesin briket arang kelapa)

Pengayakan dilakukan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbug gergaji dan tempurung kelapa diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70mesh.

  • Pencampuran media

Arang serbuk gergaji, tempurung kelapa dan lem kanji (campuran tepung kanji dan air) dicampur dengan perbandingan serbuk gergaji 10% dan arang tempurung kelapa 90%. Pada saar pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

  • Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata selanjutnya dimasukan kedalam cetakan briket dan dikempa. Jemur diterik sinar matahari smapai benar benar kering. Setelah benar-benar kering brket baru dapat digunakan.

 

Itulah beberapa ulasan tentang jenis jenis briket beserta macam macam kegunaannya yang perlu kita ketahui bila ingin berbisnis briket.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment