Cara Membuat Mie dari Tepung Porang Enak dan Gurih

Cara Membuat Mie dari Tepung Porang – Nyatanya, masih banyak yang tidak mengetahui umbi-umbian yang bisa dimakan ini. Iles-iles terdapat di berbagai negara di benua Asia, mulai dari India dan memanjang ke timur melalui Myanmar, Thailand, dan india.

Penyebaran Iles-iles di Indonesia banyak terdapat di pulau Jawa dan dapat ditemukan di beberapa tempat seperti Malang, Madiun dan Bojonegoro.

Secara penampakan, Iles-les tumbuh pada tangkai atau batang dengan garis-garis hijau dan putih. Batangnya kemudian meluas ke dahan karena helaian daunnya hanya bisa tumbuh di bawah pohon penyangga seperti jati. Tanaman ini tidak bisa tumbuh di sawah.

Anggota marga Amorphopallus masih berkerabat dekat dan memiliki penampilan dan fungsi yang mirip dengan Suweg, sehingga membuat banyak orang bingung membedakan antara iles-iles dan Suweg.

Ada dua ciri yang membedakan Iles-iles dengan Suweg, yaitu bercak hitam pada permukaan daun yang disebut umbi, dan kedua, pada saat umbi dipotong, bagian dalam Iles-iles berwarna jingga, sedangkan umbi Suweg berwarna putih.

Iles-iles merupakan pabrik dengan potensi ekonomi yang tinggi karena memiliki nilai ekspor yang tinggi terutama di Jepang. Di Jepang, iles-iles merupakan bahan dasar yang digunakan untuk membuat shirataki. Buat kamu yang belum tahu, shirataki adalah pengganti karbohidrat yang bentuknya mirip pasta atau nasi. Shirataki sendiri sangat rendah kalori, bahkan banyak yang menyebutnya sebagai makanan nol kalori.

Oleh karena itu, Iles-Iles memiliki nilai ekonomis karena umbinya mengandung glukomanan. Umbinya jarang dimakan langsung karena mengandung kristal kalsium oksalat yang menimbulkan rasa gatal sehingga harus diolah terlebih dahulu menjadi singkong atau tepung.

Apa Itu Mie Shirataki

Cara Membuat Mie dari Tepung Porang

Mie Shirataki (alias mi ajaib, alias mi konjac, alias mi konnyaku) adalah bahan masakan Asia yang populer. Terbuat dari tanaman porang atau umbi iles iles yang digiling lalu dibentuk menjadi mie, fettuccini atau bahkan nasi.

Mie Shirataki hampir tidak mengandung kalori atau karbohidrat. Mengolah umbi porang atau iles iles akhir-akhir ini bisa dibilang cukup mudah karena tersedianya mesin porang.

Mesin perajang porang sendiri merupakan mesin yang dapat mengolah umbi porang atau iles iles mulai dari pencucian hingga pembuatan tepung. Mereka mengandung 97% air, 3% serat dan sejumlah kecil protein, lemak dan kalsium.

100 g mie shirataki mengandung 4 kkal dan 1 gram karbohidrat bersih. Jika Anda memperhatikan bahwa paket tersebut mengatakan “nol” kalori atau “nol karbohidrat”, dll. Itu karena FDA mengizinkan produk dengan kurang dari 5 kalori/kurang dari 1 gram karbohidrat, protein, dan lemak diberi label nol.

1. Bagaimana Jika Saya Tidak Suka Rasanya dan Teksturnya?

Baik rasa maupun tekstur dapat ditingkatkan dengan mengikuti beberapa pedoman sederhana. Aturannya adalah mencucinya sampai bersih dan menggorengnya tanpa minyak atau cairan lain untuk menghilangkan air sebanyak mungkin. Semakin sedikit air yang tersisa, semakin baik konsistensinya.

2. Apa Manfaat Makan Mie Shirataki?

Mengganti makanan tinggi karbohidrat seperti mie dengan makanan hampir nol kalori, nol karbohidrat seperti mie shirataki jelas sangat bermanfaat bagi kesehatan, tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa kita harus memasukkan mie shirataki ke dalam makanan kita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa glukomanan – serat larut yang membentuk 40% dari berat kering tanaman konjac – memiliki banyak khasiat yang dapat membantu kita menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan kita. Berikut adalah beberapa contoh manfaat serat ini bagi kita:

Telah terbukti meningkatkan rasa kenyang melalui berbagai mekanisme, membuat kita kenyang lebih lama dengan lebih sedikit makanan.

Saat kita mengonsumsinya saat makan, secara alami Anda mengurangi jumlah makanan yang kita makan saat makan itu. Ini meningkatkan beberapa faktor risiko utama penyakit jantung, termasuk kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, dan gula darah puasa.

Ini meningkatkan kesehatan usus dengan memberi makan bakteri usus yang ramah. Ini mengurangi penyerapan karbohidrat, lemak dan protein (hanya baik untuk orang yang makan terlalu banyak).

Peringatan penting, bagaimanapun, adalah bahwa glukomanan mengembang dengan cepat dan dapat menahan hingga 50 kali beratnya dalam air. Ini dapat membantu merangsang rasa kenyang, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pencernaan.

3. Bahan-bahan (Untuk 1 Porsi)

  • 1 bungkus mie Shirataki
  • 5 ons daging asap
  • 2 kuning telur besar
  • 1/4 cangkir krim kental
  • 1/3 cangkir keju parmesan
  • 2 sendok. untuk menang
  • 3 sendok. pure labu
  • 1/2 sdt. Sage kering
  • Garam dan merica secukupnya

 

4. Instruksi Membuat Mie Shirataki dengan Iles-iles

  • Bilas mie shirataki dengan air panas selama 2-3 menit. Kemudian keringkan sepenuhnya dengan handuk kertas. Menyisihkan.
  • Iris perut babi dan letakkan di wajan panas hingga bagian luarnya berwarna cokelat.
  • Sementara itu, masukkan mentega ke dalam panci kecil dan biarkan berwarna cokelat. Saat mulai kecokelatan, aduk sage ke dalam mentega.
  • Saat sage tercampur, tambahkan pure labu dan aduk rata.
  • Pada titik ini pancetta seharusnya berwarna kecokelatan. Saat permukaannya renyah, angkat dari wajan dan sisihkan lemaknya.
  • Tambahkan krim ke dalam saus pure labu dan aduk hingga tercampur.
  • Tambahkan lemak pancetta ke dalam saus dan aduk kembali hingga tercampur rata. Didihkan saus dengan api sedang.
  • Balikkan wajan dengan pancetta tinggi dan tambahkan mie shirataki. Keringkan kentang selama minimal 5 menit sampai mengeluarkan banyak uap.
  • Tambahkan keju Parmesan ke saus labu dan aduk rata. matikan apinya
  • Teruslah mengaduk saus sampai saus dapat dikikis dengan spatula dan perlu beberapa saat untuk menyatu.
  • Tambahkan pasta dan pancetta ke dalam saus, aduk rata. Tambahkan 2 kuning telur dan campurkan ke dalam saus.
  • Sajikan dengan ekstra parmesan dan pancetta sesuai selera.

 

Itulah beberapa ulasan ataupun resep cara membuat mie dari tepung porang yang mudah dibuat serta rasanya yang enak dan juga lezah.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment