Resep Umbut Kelapa Santan

Resep Umbut Kelapa – Umbut kelapa adalah bagian muda dari pucuk kelapa. Santan biasanya dimasak dengan santan dengan campuran kacang panjang, kol, labu siam, dll. Komposisinya lembut, seperti rebung, tetapi sangat harum saat dimasak. Di beberapa daerah, ampas kelapa biasanya dimasak saat acara adat seperti pernikahan. berikut ini adalah resep umbut kelapa.

baca juga : Cara Membuat Soto Betawi yang enak dan Gurih

Resep Umbut Kelapa

Resep Umbut Kelapa

Bahan-bahan:

  • 1 kg ampas kelapa
  • 1 buah labu kuning
  • 2 ikat kacang panjang

Rempah-rempah:

  • 7 bawang merah, iris
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 3 buah paprika merah besar, potong diagonal
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 buah lengkuas, parut
  • 4 lembar daun salam
  • 1 bungkus kaldu bubuk
  • 900 ml santan instan
  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok teh garam
  • 1,5 liter air

Cara Membuat :

  1. Potong-potong daging buah kelapa, cuci bersih dan rendam dalam air garam.
  2. Masukkan air, ampas kelapa, labu kuning, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas dan daun salam ke dalam panci. Masak sampai setengah. Masukkan kacang panjang, garam dan kaldu bubuk, didihkan.
  3. Masukkan santan instan, kunyit bubuk, dan cabai merah besar, aduk perlahan hingga mendidih.
  4. Matikan oven dan sajikan.
  5. Jadikan lebih nikmat dengan menyajikan santan bersama nasi panas, sambal dan ikan asin. Selamat!

Manfaat Umbut Kelapa

Beberapa kandungan dan manfaat ampas kelapa adalah sebagai berikut.

1. Vitamin B1 untuk kesehatan saraf

Kandungan vitamin B1 dalam 100 gram massa kelapa segar sekitar 10%. Manfaat vitamin B1 atau tiamin adalah mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, tiamin juga berperan sebagai pemelihara kesehatan sistem saraf.

2. Vitamin B2 untuk Kesehatan Kulit, Mata dan sel darah Merah

Selain itu, dalam keadaan segar, rebung mengandung vitamin B2 hingga 10% dalam 100 gram Manfaat vitamin B2 atau riboflavin adalah suplemen makanan yang membantu menjaga kesehatan mata, kulit, saraf, dan sel darah merah. jika anda membutuhkan mesin peras santan

3. Vitamin C untuk Kekebalan Tubuh

Vitamin C adalah antioksidan yang melawan radikal bebas dan memperkuat kekebalan tubuh. Mengonsumsi vitamin C membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah stres oksidatif, mengobati masuk angin, mengatur tekanan darah, mempercepat penyembuhan luka, dll.

Vitamin C dalam 100 gram rebung kelapa segar adalah sekitar 8,89%. 4. Serat untuk memperlancar pencernaan, Nutrisi lain dalam tauge adalah serat makanan.

Manfaat serat alami diketahui dapat memperlancar pencernaan. Serat juga mengatur gula darah, mendukung daya tahan tubuh dan membantu penyerapan nutrisi dari makanan. Batok kelapa mengandung sekitar 8,33% dalam 100 gram bentuk segar.

5. Kalsium untuk Kesehatan Tulang dan gigi

Kalsium dalam 100 gram kelapa segar adalah 5,18%. Manfaat kalsium bagi tubuh antara lain menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu pergerakan otot dan meningkatkan aliran darah. Kalsium juga membantu menyalurkan pesan yang terjadi antara otak dan setiap bagian tubuh.

6. Fosfor untuk Fungsi Ginjal

Mineral penting lainnya yang terdapat dalam 100 gram rebung kelapa segar adalah kalsium. Peran mineral ini adalah membantu ginjal menyaring makanan, menjaga keseimbangan pH darah, mendukung fungsi saraf dan otot, dan banyak lagi.

7.  untuk Kesehatan Mata

Nutrisi lain dalam tauge antara lain betakaroten yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, terutama mencegah katarak. Manfaat lain dari betakaroten adalah menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko sengatan matahari. Kulit yang sering terpapar sinar UV matahari bisa terkena kanker.

Itulah beberapa kandungan gizi dan manfaat tauge yang biasa dimasak sebagai sayuran lezat di pulau Kalimantan. Anda juga bisa mencoba memasak tauge dan rasakan sendiri manfaatnya bagi tubuh. Namun jika Anda baru menggunakan pucuk kelapa, Anda bisa bertanya kepada dokter Daya.id tentang pucuk kelapa dan manfaatnya. dan jangan lupa kunjungi produk produk rumah mesin

Leave a Comment