Bahan dan Cara Membuat Bolu Kemojo

Bahan dan cara membuat bolu kemojo РBahan dan cara membuat bolu kemojo. Tahukah Anda, kue bolu Kemojo masih banyak ditemukan. Tak hanya dijadikan teman terkadang di sore hari, kue khas Riau ini selalu hadir di pesta-pesta.

Jika Anda datang ke Riau untuk berwisata, jangan lupa untuk mencoba kue kemojo. Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh agar keluarga di rumah juga bisa menikmati lezatnya kue kemojo.

Namun tak perlu jauh-jauh ke Riau, Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Bahan kue bolu kemojo juga sangat mudah ditemukan. Jika penasaran, berikut resep bahan dan cara membuat kue bolu kemojo.

Bahan dan Cara Membuat Bolu Kemojo

Tentunya sebelum membuat bolu kemojo ini, Anda harus menyiapkan alat terlebih dahulu yaitu mesin penepung, agar hasilnya lebih bagus Anda bisa menggunakan mesin penepung, mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan dipakai.

1. Bahan untuk Membuat Bolu Kemojo

Bahan:

  • 350 gram tepung rendah kalori
  • 300 gram gula
  • 300 gram margarin
  • 600 ml santan
  • 50 ml air rasa daun suji
  • 1 sendok teh bubuk vanila
  • 1/2 sendok teh garam
  • 8 telur

2. Lelehkan Margarin Sebelum Digunakan

Siapkan margarin untuk digunakan. Tuangkan air ke dalam panci. Masak hingga air mendidih, lalu angkat. Tempatkan mangkuk di dalam panci.

Kemudian, tuangkan margarin yang diperlukan ke dalam mangkuk. Aduk dengan satu sendok makan sampai meleleh. Kemudian Anda bisa langsung mengambilnya.

Untuk cara kedua, Anda bisa langsung memasukkan margarin ke dalam panci dan menaruhnya di atas kompor. Gunakan hanya dengan api kecil dan aduk margarin sampai meleleh. Cobalah untuk tidak mengubahnya menjadi minyak.

3. Lanjutkan Membuat Bahan Pengembang

Masukkan gula dan telur ke dalam wadah. Gunakan mixer berkecepatan tinggi dan kocok hingga berbusa. Pastikan warnanya berubah sedikit lebih terang.

Jika bahan sudah bertambah, anda bisa memperlambat kecepatan mixer atau mematikannya sebentar sambil menyiapkan langkah selanjutnya. Jika sudah, tambahkan tepung terigu dan vanili bubuk.

4. Buat Adonan Bolu Kemojo

Sebelum menambahkan tepung dan vanila ke pengembang. Pertama, Anda perlu mencampur kedua bahan tersebut. Aduk hingga rata, lalu ayak untuk mendapatkan bubuk yang lebih halus.

Jika halus, letakkan di bahan tanam. Gunakan mixer untuk mengaduk adonan. Gunakan hanya kecepatan sedang. Matikan blender segera setelah bahan tercampur rata.

5. Masukkan Santan dan Margarin

Setelah bahan adonan tercampur, tuang santan perlahan. Anda dapat menggunakan mixer kecepatan sedang dalam proses ini. Pastikan santan tercampur rata. Lalu tambahkan air secukupnya daun sambil diaduk.

Saat adonan berubah menjadi hijau, tambahkan margarin cair. Ingat, jangan tambahkan margarin panas, tunggu agak dingin, lalu gunakan lagi. Campur lagi, jika matikan dan bersihkan mixer.

6. Panggan Bolu Kemojo di Dalam Oven

Bersihkan cetakan bolu sebelum digunakan sambil memanaskan oven sebelum digunakan. Setel suhu ke 165 derajat Celcius atau sesuaikan dengan oven Anda.

Tuang adonan ke dalam loyang kue kemojo yang sudah diolesi margarin. Anda bisa menambahkan topping di atasnya. Biji wijen atau kacang lainnya juga cocok, pastikan cetakannya terisi penuh.

Masukkan ke dalam oven dan panggang hingga kemojo matang, sekitar 40-45 menit. Jika sudah matang, Anda bisa langsung mengangkatnya.

Keluarkan dari cetakan, dinginkan dan sajikan. Kue kemojo ini enak. Sangat mudah dilakukan, Anda dapat dengan mudah meniru. Nah, jika Anda memiliki waktu luang, cobalah membuat kue bolu kemojo Riau yang enak ini. Dijamin suka dengan rasanya, deh!

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam proses pembuatan bolu kemojo ini, Anda harus mempunyai mesin penepung yang ini. Nah, itulah bahan dan cara membuat bolu kemojo yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment