Cara Membuat Briket dari Tempurung Kelapa yang Baik dan Mudah

Coba beralih ke bahan bakar alami saat memasak? Artikel ini menjelaskan cara membuat briket yang baik dari batok kelapa dan merangkum manfaat briket dan peluang bisnis briket tempurung kelapa.

Cara Membuat Briket dari Tempurung Kelapa

Cara membuat briket dari tempurung kelapa

Proses pembuatan briket arang tempurung kelapa tidak membutuhkan banyak bahan, namun caranya cukup lama. Beberapa tempurung kelapa ini dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif dengan banyak manfaat. Cara membuat briket dari batok kelapa dengan cara ekonomis dan ekologis.

Alat dan Bahan

Alat

  • Mesin Briket Arang
  • Alat pencetak briket
  • Oven briket
  • Mesin pencampur adonan

Bahan

  • Tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Cara Membuat

  1. Proses pengarangan:
  • Metode manual menggunakan tong

– Masukkan batok kelapa ke dalam tong.

– Kemudian dibakar dalam ruang tertutup sampai hanya tersisa sedikit udara di dalam tong batubara.
Dengan proses pirolisis

  • Tempatkan tempurung kelapa dalam wadah pirolisis di ruang tertutup.

– Selanjutnya awan asap tersebut dikompresi hingga menjadi asap cair.

– Arang gerinda, dipecat dengan tangan atau pirolisis selanjutnya digiling dengan penggiling cakram.

  1. Proses Penyaringan Setelah batubara dihaluskan, dilakukan penyaringan untuk menghasilkan sabut kelapa yang lebih lembut dan halus. Proses disaring dengan layar 50 mesh.
  2. Campur media, tepung tempurung kelapa yang telah dihaluskan, kemudian air dan lem kanji dengan menggunakan dosis 2,5% dari lem kanji yang telah diekstraksi sebelumnya dari tepung tempurung kelapa.
  3. Proses pencetakan briket arang tempurung kelapa, setelah semua bahan tercampur rata, selesaikan proses pencetakan dengan cetakan.
  4. Pengeringan, penjemuran akhir briket pres dalam oven pada suhu 650 derajat selama kurang lebih 2 jam, sinar matahari juga dapat digunakan untuk penjemuran ini.

Manfaat Briket Tempurung Kelapa

Briket tempurung memiliki beberapa manfaat yaitu antara lain:

  1. Lebih ekonomis karena relatif lebih murah dibandingkan bahan lainnya.
  2. Tidak ada risiko ledakan seperti kompor minyak dan LPG.
  3. Mampu menghasilkan panas yang tinggi dan merata, sangat cocok untuk pembakaran yang tahan lama.
  4. Itu tidak mengeluarkan suara atau mengeluarkan jelaga, sehingga baterai cenderung rusak.
  5. Ramah lingkungan dan hasil pembakarannya tidak berbahaya bagi kesehatan. Batok kelapa, bahan utamanya, melimpah dan mudah ditemukan.

Peluang Bisnis Briket Tempurung Kelapa

Terkadang saat menjalankan usaha atau bisnis, seringkali kendala utamanya adalah sulitnya mencari konsumen dan memasarkan produk. Seperti halnya briket batubara ini, sangat penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu potensi pasar dari briket batubara ini.

Mengolah batok kelapa menjadi briket tidaklah mudah karena membutuhkan kesabaran dan penanganan khusus. Namun berdasarkan peluang pasar yang ada, proses ini sebanding dengan hasil yang dapat dicapai.

Karena briket batok kelapa merupakan bahan bakar alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Meski belum sampai pada fase krisis energi, ada baiknya mengantisipasinya dengan inovasi bahan bakar alternatif. Briket tempurung kelapa ini sendiri dapat menjadi solusi untuk mengurangi konsumsi energi konvensional yang berlebihan.

Namun, kesadaran masyarakat akan hal ini belum sepenuhnya tumbuh. Permintaan briket arang tempurung kelapa sebagian besar berasal dari luar negeri, bisa dikatakan 80% permintaan ke Indonesia adalah untuk pasar ekspor. Dengan melihat informasi ini, Anda dapat memanfaatkan peluang besar ini di pasar briket batubara. Pengusaha briket arang pasti diuntungkan dengan pasar ekspor yang lebih bernilai. Selain itu, peminat dari luar negeri memperhatikan aspek kualitas, kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan oleh produsen briket arang. Apa yang membuat sebuah bisnis berjalan bisa memakan waktu lama untuk membuktikan dirinya.

Tentunya untuk membuat briket, gunakanlah mesin briket arang agar hasilnya lebih maksimal. Untuk briket aneka bahan, gunakanlah mesin briket arang ini agar bisa mengolah berbagai macam briket. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Comment