Macam Macam Makanan Ayam yang Terbaik dan Bernutrisi

Macam macam makanan ayam – beternak ayam merupakan kegiatan yang populer di masyarakat karena perawatannya yang mudah, pakan yang sederhana dan modal yang rendah. Namun, tidak semua pakan baik untuk ayam kita.

Pakan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan produksi ternak karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi ternak tersebut. Makanan sehat dan bergizi tentunya bisa membuat hewan peliharaan lebih sehat, kuat dan gemuk.

Macam Macam Makanan Ayam untuk Jenis Broiler

1. Pelet

Pakan pelet adalah pakan umum untuk ayam pedaging. Selain nilai gizinya yang tinggi, pakan pelet juga bisa menjadi pakan yang cocok untuk ayam karena lebih ekonomis dan efektif dibanding jenis pakan ayam lainnya.

2. Tepung-Tepungan

Makanan sapih merupakan makanan yang baik untuk sistem pencernaan ayam. Tepung tulang dapat Anda berikan dalam bentuk pakan yang kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan sendi ayam Anda.

Selain tepung tulang, Anda juga bisa memberikan tepung ikan, tepung ikan dibuat dengan cara mengeringkan ikan terlebih dahulu kemudian dihaluskan menjadi bubuk.

3. Sorgum

Sorgum merupakan tanaman serbaguna dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.

Sorgum mengandung banyak serat sehingga tidak baik untuk sistem pencernaan ayam. Namun sorgum cukup sulit diperoleh karena hanya ada atau diproduksi di daerah tertentu.

4. Pollard

Pollard adalah makanan yang dihasilkan dari proses mengubah gandum menjadi tepung, orang sering menyebut makanan ini dedak gandum.

Ini merupakan pakan yang mengandung banyak kandungan yang sangat baik dan cocok untuk ayam masa pertumbuhan seperti kandungan lemak sekitar 4%, kemudian protein sekitar 15% dan serat sekitar 9%.

Kandungan energi metaboliknya cukup tinggi, sekitar 1700 kkal/Kg, yang dapat menyebabkan diare pada ayam. Oleh karena itu, sebaiknya batasi pemberian pakan ayam jenis ini pada pagi, siang dan sore menjelang magrib.

 5. Tepung Siput atau Keong Emas 

Bekicot atau keong apel kuning memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sekitar 52%. Cara memasak makanan ayam dari keong mas atau bekicot adalah.

Pertama bekicot harus direbus dengan cara mencampurkan garam secukupnya, untuk menghilangkan kotoran dan lendir pada bekicot, kemudian ditiriskan dan dijemur sampai bekicot kering. Terakhir, giling bekicot kering hingga menyerupai tepung.

6. Dedak Padi 

Bekatul merupakan hasil dari proses mengubah beras menjadi beras, biasanya pakannya disebut bekatul. Bekatul mengandung asam amino tingkat tinggi dan sumber energi.

Ini juga mengandung lemak yang dapat menyebabkan benjolan, yang dapat menyebabkan bau anyir. Untuk pakan jenis ini, waktu pemberian pakan harus dibatasi karena kandungan seratnya sekitar 12% yang sulit dicerna oleh ayam.

7. Bungkil Kelapa

Kue kelapa biasanya terbuat dari sisa olahan minyak kelapa. Untuk mendapatkan bungkil kelapa, biasanya bagian kopranya terlebih dahulu dikeringkan, kemudian diambil minyak kelapanya, hanya menyisakan bungkilnya saja.

8. Minyak atau Lemak 

Minyak atau lemak ini biasanya merupakan campuran makanan lain seperti bekatul atau makanan lainnya. Minyak ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi pakan, memperbaiki warna dan rasa serta mengurangi makanan berdebu.

9. Grit

Makanan berpasir terbuat dari beberapa jenis bahan campuran seperti kerang, kapur, mika, batu sungai kecil dan lain-lain. Tampilannya sedikit berbeda dengan pakan biasa namun manfaatnya sangat baik untuk pertumbuhan ayam.

Macam Macam Makanan Ayam untuk Jenis Petarung

macam macam makanan ayam

1. Konsentrat (Pur)

Demi kesederhanaan, haluskan ini adalah pakan ayam yang terbuat dari berbagai bahan yang dicampur menjadi satu.

Dalam pakan olahan ini diperlukan pakan ayam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam. Dan karena itu para peternak sering memberi makan ayam dewasa dengan konsentrat ini agar bisa menambah bobot ayam aduan.

2. Jagung

Pada jagung kandungan nutrisinya bisa dibilang tinggi dan untuk karbohidrat hal ini akan mendorong petani untuk menggunakan pakan ini sebagai pakan utama.

Dan ada beberapa jenis jagung yang digunakan sebagai pakan ayam, seperti jagung kuning, jagung putih dan jagung merah. Selain kandungan gizi yang relatif tinggi dan kandungan vitamin yang banyak pada jagung, sangat baik dan mudah dicerna oleh ayam.

3. Gabah

Nah untuk biji-bijian bisa dijadikan pakan ayam. Dan biji-bijian ini sering digunakan para peternak untuk beternak ayam aduan yang besar dan gemuk.

4. Nasi Putih

Di dalam beras ini bisa dijadikan makanan untuk ayam aduan. Adapun nasi putih yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ayam aduan, sebaiknya nasi putih tidak diberikan pada ayam aduan sebagai makanan utama, namun nasi putih sebaiknya diberikan pada ayam aduan sebagai selingan.

5. Singkong

Untuk bisa menghemat pakan ayam, Anda bisa menggunakan singkong sebagai pelengkap pakan ayam. Cara ini sangat sederhana, pertama Anda memotong singkong menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dimakan dan kemudian memberi makan ayam.

Saat pemberian pakan singkong ayam tidak boleh terlalu sering dan juga tidak boleh terlalu sering, misalnya seminggu sekali cukup makan singkong.

6. Sayuran

Oleh karena itu, untuk dapat menambah nutrisi pada ayam, sangat baik juga memberi makan ayam dengan sayuran untuk menambah jumlah nutrisinya.

Beberapa sayuran bisa diberikan pada ayam, seperti collard greens, kol dan daun selada. Selain pemberian pakan nabati, ayam tidak boleh terlalu sering diberi pakan, melainkan hanya dengan snack atau makanan pendamping.

7. Kacang Kedelai

Kedelai mengandung banyak protein yang cukup tinggi, namun membiarkan ayam mengatur jumlah makanannya tidak memberi terlalu banyak hanya akan menimbulkan gangguan.

8. Tepung Tulang

Nah, untuk tepung tulang ini, Anda bisa mendapatkannya dari tempat pemotongan hewan. Cara ini sangat sederhana, rebus tulangnya terlebih dahulu, lalu keringkan dan haluskan hingga tulangnya halus. Di dalam kandungan kalsium inilah yang melimpah dan baik untuk proses pembentukan pada persendian dan tulang ayam.

9. Tepung Daun Lamtoro 

Cara yang dapat digunakan untuk membuat pakan ayam dari olahan daun lemtoro adalah dengan terlebih dahulu mengeringkan daun lamtoro kemudian ditumbuk hingga halus.

Anda juga bisa membuat pakan ayam sendiri sangat mudah dengan mesin pembuat pakan ayam, mesin pakan ayam juga dapat menciptakan hasil dengan kualitas yang bagus. Anda bisa mendapatkan mesin pembuat pakan ayam dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

Itulah penjelasan mengenai macam macam makanan ayam, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Leave a Comment