Cara Agar VCO Tidak Tengik dan Tips Supaya Lebih Awet

Cara agar VCO tidak tengik – Cara agar VCO tidak tengik. Minyak memang sulit disimpan untuk jangka waktu yang lama. Minyak bisa menebarkan bau tengik serta kehilangan banyak nilai gizinya.

Selain itu, minyak berbau tengik juga mengandung radikal bebas, yang dapat menjadi ancaman kesehatan. Nah, bagaimana cara membuat vco agar tidak tengik?

Tentunya sebelum membuat VCO agar tidak tengik ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin VCO terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin VCO itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.

Cara menyimpan minyak bukan hal sulit, tapi belum tentu dapat tahan lama. Terdapat empat faktor utama yang memengaruhi umur simpan minyak supaya tidak bau, yaitu cahaya, oksigen, suhu, serta waktu ketika minyak kamu simpan. Berikut ini cara membuat vco agar tidak tengok dan tips simpan minyak supaya tidak bau tengik dan tetap segar?

Cara Membuat VCO Agar Tidak Tengik yang Harus Kamu Tahu

Cara agar VCO tidak tengik

1. Gunakan Kelapa Tua

Jenis kelapa yang paling bagus dibuat menjadi minyak kelapa yaitu kelapa tua. Maka dari itu pilihlah kelapa yang bagus, dan pastinya sudah tua.

Biasanya mempunyai jumlah santan yang banyak dan juga tidak berbau, Kadang kan sudah ada kelapa yang berbau basi.

Saat kamu membuat santan, akan menghasilkan santan basi dan saat dimasak akan membuat aroma yang tak bagus dalam minyak kelapa itu.

2. Masak Santan Pakai Api Kecil

Santan dari kelapa tua harus kamu masak dalam waktu beberapa jam supaya mendapatkan minyak kelapa. Api kompor untuk membuat minyak kelapa ini harus atau wajib dalam keadaan kecil sekali.

Ini dilakukan supaya tidak gosong karena nantinya akan menghasilkan endapan, Ketika dia gosong, minyak kelapa sendiri akan berubah menjadi kecoklatan. Jadi harus kamu masak dengan api yang sekecil-kecilnya.

Tips Membuat Minyak VCO Agar Tidak Tengik, Supaya Lebih Awet!

Cara agar VCO tidak tengik

Menyimpan Minyak VCO Dalam Ruang Gelap

Cahaya merupakan salah satu musuh utama minyak berbau. Kamu mungkin sudah memperhatikan bahwa banyak produk minyak yang terkemas dalam botol yang begitu gelap.

Wadah plastik atau kaca yang gelap itu akan membantu menjaga minyak tetap segar lebih lama.

Kamu juga dapat menyimpan minyak di lemari atau pantry yang gelap guna mencegah bau. Simpanlah kemasan minyak ini jauh dari cahaya apapun.

Bekukan Minyak VCO

Dinginkan atau bekukan minyak untuk memperpanjang umur simpannya. Kalau mengental, biarkan hangat sampai mencapai suhu ruang sebelum kamu gunakan. Minyak kelapa atau coconut oil merupakan pilihan yang bagus guna memasak dan memanggang.

Minyak kelapa dapat juga kamu simpan dalam lemari es dan akan mempunyai umur simpan lebih lama daripada minyak lainnya karena termasuk lemak jenuh.

Bekukan minyak dan simpan pada tempat khusus. Selain itu, jangan sampai simpan minyak dalam suhu yang panas.

Cara Membuat Minyak VCO Agar tidak Tengik dengan Mencatat Tanggal Pemakaian Minyak

Cara membuat minyak vco supaya tidak tengik selanjutnya yaitu mencatat tanggal kamu membeli minyak dan menggunakannya dengan teratur. Ketika mencapai tanggal kadaluarsa yang tertera, mungkin sudah terlalu tengik kalau kamu gunakan.

Kalau kamu tidak terlalu sering menggunakan minyak, belilah botol yang lebih kecil jadi tidak perlu terlalu lama kamu menyimpannya. Minyak berbau tengik ini mengandung radikal bebas yang bisa menjadi faktor peradangan serta penghancuran sel dan jaringan.

Kalau kamu sudah menimbun beberapa botol minyak, lakukan rotasi yang ketat sesuai dengan umur minyak sampai minyak habis. Gunakan produk minyak yang kamu bei terlebih dahulu.

Jauhkan Oksigen dari Minyak yang Disimpan

Cobalah untuk menyimpan minyak pada toples, lalu gunakanperangkat Food Saver untuk mengekstrak oksigen dari toples.

Catat konsumsi minyak rumah tangga kamu, untuk menentukan wadah ukuran apa yang paling cocok untuk menyimpan minyak.

Beberapa keluarga bisa menghabiskan satu galon minyak zaitun hanya dalam beberapa bulan. Sebaiknya, belilah minyak dalam wadah yang akan habis dalam waktu 2 bulan atau malah kurang.

Pentingnya Menyimpan Minyak
Minyak dapat dengan cepat meningkatkan jumlah kalori harian. Kalau sedang berdiet, kamu mungkin menghindari minyak.

Tapi, bayangkan kalau kamu berada dalam situasi darurat dan 100% bergantung pada penyimpanan makanan, khususnya minyak.

Kamu mungkin butuh menambahkan minyak ke resep, salad, atau bahkan satu atau dua sendok makan minyak kelapa dalam smoothie supaya memberikan kalori ekstra. Belum lagi semua manfaat kesehatan yang kamu dapat dengan menggunakan minyak secara tepat.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam membuat VCO agar tidak tengik, Anda harus mempunyai mesin VCO yang ini. Nah, itulah cara agar VCO tidak tengik yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment