Cara Membuat Website Untuk Pemula Mudah di Pelajari

Cara Membuat Website Untuk Pemula Mudah di Pelajari. Anda pasti pernah mengklik artikel ini karena ingin tahu cara membuat website bukan? Tentunya karena saat ini website sudah menjadi kebutuhan tidak hanya bagi perusahaan yang ingin mempromosikan produknya, tetapi juga bagi individu yang ingin menunjukkan portofolio atau karyanya.

Cara Membuat Website Untuk Pemula

Cara Membuat Website

Sayangnya, banyak orang takut membuat website mereka terlalu teknis. Bukan itu masalahnya. Itu sebabnya kami memberi Anda panduan mendalam tentang cara membuat situs web ramah pemula. Untuk alasan apa cocok untuk pemula? Soalnya, Anda bisa membangun situs web dari awal tanpa menulis kode apa pun. Apakah kamu penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Mari kita mulai dengan langkah pertama untuk membuat situs web dari awal:

1. Tunjukkan Jenis Situs Web yang Anda Buat

Sebelum melanjutkan dengan membuat situs web, Anda perlu menentukan situs web seperti apa yang ingin Anda buat.

Dengan cara ini Anda mendapatkan konsep situs web yang lebih jelas. Ini sangat penting karena mempengaruhi pilihan layanan internet, nama domain dan tema website.

2. Pilih Platform Situs Web

Anda dapat membuat situs web tanpa coding. Anda bahkan tidak perlu menambahkan kode HTML, CSS, atau PHP ke petunjuk situs Anda.

Lalu mengapa? Membangun situs web dengan langkah-langkah ini tidak hanya rumit, tetapi juga memakan waktu. Terakhir, ada cara membuat website tanpa coding.

3. Gunakan Jenis Layanan Web Hosting yang Tepat

WordPress memungkinkan Anda membuat situs web secara gratis. Namun, pertimbangkan juga jenis situs web yang Anda bangun. Namun, untuk situs web besar seperti toko online atau situs web bisnis, lebih baik menginvestasikan uang dalam jumlah kecil.

4. Pilih Nama Domain yang Menarik

Selain hosting, Anda juga membutuhkan nama domain untuk membuat website. Mengapa Anda membutuhkan nama domain?

Sederhananya, nama domain adalah alamat situs web Anda yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa pun menggunakan browser web.

5. Instal WordPress di Situs Web Anda

Karena WordPress adalah platform pilihan untuk membuat situs web, Anda perlu menginstal WordPress di situs web Anda. Namun, ketika Anda membeli hosting dari Niagahoster, Anda tidak perlu khawatir menginstal WordPress secara manual.

6. Login ke Situs WordPress Anda di Dashboard WordPress

Versi yang saat ini diinstal adalah versi default WordPress. Jadi semua pengaturan masih merupakan pengaturan dasar untuk membuat situs WordPress Anda terlihat seperti pengguna baru lainnya.

7. Instal Tema yang Menarik

Menginstal WordPress melibatkan pemilihan tema. Bedanya website Anda biasanya akan otomatis menggunakan tema bawaan WordPress.

Meskipun tema bawaan WordPress cukup menarik, Anda bisa menggantinya dengan tema yang sesuai dengan tema website favorit Anda. Anda dapat mendengarkan artikel kiat situs web kami untuk memilih yang terbaik untuk Anda.

8. Instal Plugin WordPress

WordPress dikenal sebagai sistem manajemen konten dengan banyak plugin yang membuat situs web Anda lebih optimal. Tidak seperti tema, situs WordPress baru biasanya tidak dilengkapi dengan plugin secara default.

Karena plugin penting untuk menambahkan fungsionalitas ke situs web Anda, kami menyertakan pemasangan plugin dalam langkah-langkah pembuatan situs web ini.

9. Buat Halaman Web

Bergantung pada pengaturan yang Anda gunakan, nama domain akan ditransfer ke halaman ini. Biasanya tema default dialihkan ke halaman blog. WordPress memiliki konten berupa postingan dan halaman sendiri. Publikasikan ke artikel blog dan situs web sesuai kebutuhan.

10. Konfigurasi Menu Situs Web

Cara membuat halaman web yang tidak lengkap tanpa menentukan menu untuk memudahkan akses ke halaman web.

11. Optimasi SEO untuk Website Anda

Anda pasti ingin website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google bukan? Untuk itu, pastikan Anda mempelajari SEO sambil mempraktekkannya di website Anda.

12. Tambahkan Lapisan Keamanan ke Situs Web Anda

Pengaturan keamanan WordPress default adalah pengaturan dasar, sehingga diperlukan berbagai langkah konfigurasi untuk meningkatkan keamanan situs web Anda. Jangan biarkan peretas, virus, malware, brute force, atau serangan jahat lainnya menyerang situs web Anda. Ada banyak tip keamanan WordPress untuk diikuti

Selain itu, Anda juga harus membuat cadangan secara teratur agar tidak kehilangan data penting apa pun dari situs web. Anda dapat membuat cadangan otomatis dengan memasang plugin cadangan seperti UpdraftPlus. Anda dapat membaca deskripsi lengkap tentang cara memasang dan mengonfigurasi UpdraftPlus.

13. Siapkan Google Analytics untuk Melacak Kinerja Situs Web Anda

Jika Anda mengatur SEO WordPress dengan benar, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan banyak lalu lintas ke situs web Anda. Dengan Google Analytics Anda bisa mengetahui perilaku pengunjung website atau blog.

BACA JUGA Cara Membuat Website dari Nol Tanpa Coding

Pada artiket Cara Membuat Website Untuk Pemula Mudah di Pelajari. Dapat anda ambil pembelajaranya yang bermaanfaat dan dapat digunakan untuk membuat websirte.Bila mana anda masih kesulitan dalam membut websitev anda dapat mengunjungi Jasa Pembuatan Website

Leave a Comment