Pakan Alternatif Ayam Kampung yang Bisa Buat Sendiri di Rumah

Pakan alternatif ayam kampung – beternak ayam kampung sering sekali terjadi banyak kendala yang di alami oleh banyak pemula yang beternak. Tak jarang banyak peternak yang merugi karena faktor biaya pakan terlalu tinggi, dan tidak diimbangi dengan hasil ternak ayam yang kurang memuaskan.

Apalagi untuk saat ini, harga sentrat yang semakin naik membuat peternak aya kampung lebih memilih untuk menghentikan usahanya. Kesalahan inilah yang sering terjadi dan tidak mencari solusi untuk mencari apa saja kesalahan yang dilakukan dalam beternak ayam kampung.

Selain itu, kesalahan dalam pemberian nutrisi dalam pakan ayammembuat pemeliharaan memakan waktu lebih lama dari target yang diinginkan.

Untuk beternak ayam kampung anda harus bisa mempercepat pertumbuhan ayam dengan nutrisi pakan, agar ayam lebih cepat panen. Pemeliharaan ayam kampung lebih dari 3 bulan dapat menyebabkan kerugian dalam pemberian pakan.

Terkadang ayam yang sudah berumur 3 bulan, tidak mencapai bobot 1kg dan membuat perawatan lebih lama. Sebelum anda beternak ayam kmpung, lebih baik mempersiapkan kebutuhan ayam terutama pakan terlebih dahulu.

pilihan beberapa pakan alternatif yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Pakan Alternatif Ayam Kampung

1. Pakan Fermentasi

Cara membuat pakan fermentasi mudah dilakukan. Tujuan dari fermentasi pakan adalah meningkatkan nilai gizi yang terkandung dalam pakan.

Seperti bekatul yang memiliki nilai gizi yang kurang jika di berikan secara langsung. Untuk itu, disarankan memfermentasi bekatul terlebih dahulu sebelum memberikan pakan ini untuk ayam kampung.

2. Maggot BSF

Cara membudidayakan maggot BSF yang cukup mudah dilakukan, nutrisi yang terkandung dalam maggot BSF tidak perlu diragukan lagi.

Protein yang terkandung dalam maggot BSF ini bisa mencapai 50%, sehingga bisa menunjang pertumbuhan ayam kampung yang signifikan.

3. Membuat Sentrat Sendiri

Cukup mudah membuat sentrat sendiri, tidak harus selalu memakai pakan pabrikan. Dengan mencampur berbagai bahan yang bisa dibeli dengan harga yang lebih murah.

4. Penggunaan Perbandingan

Jangan selalu menggunakan pakan pabrikan terus-menerus. Mulai campur pakan dengan jagung giling dan bekatul agar biaya dan penggunaan pakan pabrikan lebih menurun. Pencampuran bisa dimulai waktu anak ayam berumur 15 hari.

Untuk pemberian air minum juga juga berpengaruh pada pertumbuhan ayam kampung. Beri vitamin seperti neobro setidaknya 1 minggu 2 kali untuk mendapat hasil lebih maksimal.

Pakan Ayam Alami Terbaik

pakan alternatif ayam kampung

1. Pakan Ayam Jagung Giling

Jagung yang telah digiling adalah makanan terbaik yang bisa kamu berikan pada ayam. Kandungan dan nutrisi pada jagung juga sangat menyehatkan bagi ayam.

Pada jagung giling, kamu dapat menemukan serat, vitamin C, asam lemak, omega-6, vitamin B, kalium, dan banyak nutrisi lainnya.

2. Pakan Ayam Limbah Gandum

Limbah gandum atau pollard berasal dari limbah penggilingan gandum yang berubah menjadi terigu. Pakan ini mengandung serat kasar dan energi metabolisme yang rendah.

Pemberian pakan ini baiknya kamu selingi dengan pakan lain yang kaya akan protein, seperti kedelai, ikan, dan susu.

3. Dedak atau Bekatul

Pakan yang satu ini sudah sering menjadi andalan para peternak ayam. Dedak berasal dari limbah penggilingan beras putih, bekatul, protein, natrium, dan lemak.

Karena gizinya yang kurang lengkap, ada baiknya kamu menyelingi dedak dengan pakan lain agar nutrisi ayam terpenuhi.

4. Ubi yang Telah Dicincang

Kandungan protein dan serat pada ubi sangatlah tinggi, sehingga cukup menyehatkan bagi ayam. Namun, kamu harus hati-hati ketika memberikan pakan ini karena daun ubi memiliki racun yang berbahaya bagi hewan.

5. Pakan Ayam Tepung Ikan

Tepung ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh dan dapat membantu reproduksi ayam ternak. Kandungan mineral dan vitamin pada tepung ikan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ayam.

Anda juga bisa membuat pakan ayam sendiri sangat mudah dengan mesin pembuat pakan ayam, mesin pakan ayam juga dapat menciptakan hasil dengan kualitas yang bagus. Anda bisa mendapatkan mesin pembuat pakan ayam dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

Itulah pakan alternatif ayam kampung yang bisa anda buat sendiri. Terutama jangan patah semangat, jika gagal pada pertama kali percobaan, maka belajar dari kesalahan dan tetap memperbaikinya, serta tetap semangat.

Leave a Comment