Jenis Ayam Petelur Paling Berkualitas dan Cocok Bagi Peternak

Jenis ayam petelur – beternak ayam petelur memiliki banyak keuntungan. Hal ini dapat memberikan makanan berupa bekal telur yang dapat Anda konsumsi secara langsung.

Ayam petelur sendiri merupakan bagian dari golongan ayam yang dibesarkan secara khusus dikembangbiakkan dan diambil telurnya. Tak heran jika banyak orang yang tertarik memilih beternak ayam petelur untuk konsumsi atau komersial.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis ayam petelur yang perlu anda ketahui. Secara umum ayam petelur memiliki ciri tubuh memanjang, cuping telinga berwarna putih, tidak memiliki sifat mengeram, serta mudah gugup dan penakut.

Ada beberapa jenis ayam petelur dan berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Jenis Ayam Petelur

jenis ayam petelur

1. Sussex

Jenis ayam petelur yang pertama adalah Sussex. Ayam ini memiliki karakter yang tenang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Jenis ayam ini juga dapat dengan mudah Anda temui dengan ciri utama berwarna putih dan hitam, sisik dan kaki putih, daun telinga berwarna merah dan kulit telur berwarna putih.

Ayam betina ini dapat bertelur hingga 250 butir per tahun dengan warna telur yang berwarna putih krem ​​hingga coklat.

2. Coklat/Hibrida

Ayam petelur bulu coklat termasuk ayam petelur dengan kualitas terbaik. Diketahui jenis ayam petelur ini bisa mencapai berat sekitar 2 kg, dagingnya sangat enak.

Jenis ayam hibrida ini dicirikan dengan konsumsi pakan yang rendah, namun ayam petelur hibrida ini dapat bertelur dalam jumlah yang banyak.

Tak heran jika banyak peternak yang memelihara ayam jenis ini. Tubuh berwarna cokelat keemasan dan ayam berekor putih ini dapat bertelur hingga 280 butir per tahun.

3. Putih

Selain ayam petelur coklat, Anda juga bisa menjumpai ayam petelur putih. Ayam jenis ini identik dengan jambul merah dan bulu putih bersih. Nyatanya, meski bertelur, ayam ini bertelur putih.

Ayam jenis ini adalah ayam yang digunakan hanya untuk telurnya saja, bukan untuk dagingnya. Diketahui bahwa jenis ayam petelur putih ini mampu bertelur hingga 260 butir per tahun.

4. Hamburg

Kemudian jenis ayam yang perlu anda ketahui adalah hamburg. Ya, ayam petelur ini berasal dari Jerman dengan bulu yang keren dan variasi warna yang gelap.

Namun perlu juga berhati-hati, karena jenis ayam petelur ini memiliki sifat yang agresif, ayam hamburg ini tidak cocok dipelihara di tempat terbuka. Hamburg bertelur sekitar 200 telur berukuran sedang dengan cangkang putih mengkilap.

5. Plymouth Rock

Ayam petarung playmounth merupakan ayam yang cukup produktif karena dapat bertelur setiap dua hari sekali. Ciri penampilan ayam jenis ini adalah memiliki tubuh berwarna abu-abu dengan garis-garis putih menutupi seluruh tubuhnya.

Ini adalah ayam yang cukup jinak tetapi juga cukup lincah. Ayam jenis ini dapat bertelur hingga 200 butir per tahun, yang berwarna putih dan berukuran kecil.

6. Maran

Maran sangat mirip dengan batu Plymouth, tetapi warna dari trah ini didominasi abu-abu tua dengan aksen putih. Sedangkan telurnya berukuran sedang dan berwarna coklat tua.

Kebanyakan orang memelihara ayam jenis ini karena membutuhkan telur dan daging. Untuk kandang, maran tidak membutuhkan pekarangan yang luas. Mereka adalah tipikal orang tua yang manis. Namun maran masih sangat sulit dijinakkan.

7. Ancoa

Jenis yang paling umum adalah ancoa. Ayam asal Italia ini secara fisik kuat dan agresif. Selain itu, bulu pemijahan ancoa berwarna hijau/hitam dengan bintik-bintik putih.

Ia memiliki mata merah, sisik, paruh dan kaki kuning, serta telinga hitam dan hitam. Biasanya ayam betina ini bertelur hingga 250 butir per tahun.

8. Buff Orpington

Ayam petelur Orpington adalah jenis ayam petelur asli Inggris. Ayam ini juga dikenal jinak meski dilepas di pekarangan. Anda bahkan bisa mengajari ayam jenis ini untuk makan dengan tangan Anda sendiri, lho. Biasanya ayam jenis ini bisa bertelur hingga 180 butir.

Anda juga bisa mambuat pakam ayam sendiri agar lebih berkualitas untuk ayam anda, anda juga bisa membuatnya lebih mudah dengan mesin pembuat pakan ayam, untuk mendapatkan mesin pembuat pakan ayam ini dengan harga terjangkau anda bisa langsung cek di rumah mesin.

Itulah berbagai jenis ayam petelur yang bisa anda jadikan referensi untuk beternak. Semoga ini bermanfaat.

Leave a Comment