Cara Membuat Media Tanam dari Sabut Kelapa

Sabut kelapa ini banyak kegunaannya terutama sebagai media tanam, nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa dengan baik, yuk simak penjelasannya!

Cara Membuat Media Tanam dari Sabut Kelapa Sebagai Cocopeat

cara membuat media tanamn dari sabut kelapa

Cocopeat adalah hasil sampingan dari buah kelapa, setelah Anda mengekstraksi serat dari batok kelapa, atau biasa disebut tempurungnya. Sederhananya, cocopeat mempunyi tekstur kenyal yang berasal dari serat sabut.

Orang sering menyebutnya dengan coconut peat atau coir dust, coconut peat ini berwarna coklat muda. Cocopeat memiliki kemampuan untuk mengikat dan menyerap air dalam jumlah banyak seperti spon busa. 1 kg Cocopeat dapat menyerap udara hingga 16 liter.

Cara Sederhana Membuat Cocopeat Dari Sabut Kelapa

Kami mengumpulkan sabut kelapa. Untuk membuat cocopeat di rumah kita, langkah awal yang harus dilakukan adalah kita harus mendapatkan jantung kelapa terlebih dahulu dari penjual kelapa atau mungkin kita bisa meminta izin kepada tetangga.

Kami mungkin mendapatkannya secara gratis karena beberapa tetangga kami mengatakan bahwa setelah mereka mengambil air dan dagingnya, ayam itu menjadi sampah bagi mereka. Yang benar-benar perlu kita ketahui dan ingat adalah mengumpulkan batok kelapa kering.

Jangan mengumpulkan jantung kelapa yang basah atau yang baru dihasilkan karena akan memakan waktu lebih lama untuk mengering. Setelah kami mengumpulkan tempurung kelapa kering. Kita harus mencucinya untuk menghilangkan serat dan membuat cocopeat yang menarik. Untuk proses ini kita bisa menggunakan mesin dekoratif.

Tapi harganya sangat mahal dan mungkin tidak cocok untuk kita kalangan bawah. Jika belum, kita bisa ikuti cara saya di bawah ini untuk membuat Kelapa Cocopea sangat mudah dan murah, bahkan bisa dibilang harganya hampir nol rupiah. Yang kita butuhkan hanyalah blender atau grinder yang biasa kita gunakan untuk menggiling kacang setiap hari.

Dan berikut adalah sederhana cara mrmbuat cocopoet:

  1. Pertama-tama potong sabut kelapa dengan gunting yang sampai menjadi potongan-potongan kecil .
  2. Selanjutnya, Anda bisa menggiling kelapa dengan blender.
  3. Pisahkan bubuk kelapa dan cangkangnya.
  4. Setelah kelapa diolah lebih lanjut hingga akhirnya menjadi bubuk kelapa atau dikenal dengan sabut. Tali, karpet, dan jaring ikan juga bisa dibuat dari batok kelapa. Mencuci.
  5. Setelah bubuk kelapa siap, dapat diproses lebih lanjut untuk hasil yang optimal.
  6. Pencucian batok kelapa dengan air bersih dapat menghilangkan unsur-unsur seperti kalium, natrium dan klorida. Dalam prosesnya, kandungan garamnya dikurangi sedemikian rupa sehingga baik dan dapat digunakan di dalam tanah.
  7. Gambut kelapa ini bisa kita keringkan untuk mereduksi ion monovalen yaitu kalium [1+] dari bubuk kompleks kelapa.
  8. Terakhir, Cocopeat siap digunakan atau diaplikasikan.

Cocopeat ini bisa kita bisa gunakan untuk media tanam di taman atau pot dimanapun kita mau. Kami juga dapat mengirimkannya dalam wadah dan mengompresnya untuk digunakan di masa mendatang.

Manfaat Sabut Kelapa

Seperti disebutkan di atas, 1 kilogram gambut kelapa dapat menyimpan hingga 16 liter air. Karena gambut kelapa juga merupakan salah satu yang memiliki kemampuan menyerap cairan, sehingga dapat meningkatkan porositas tanah.

Efek positif dari cocopeat adalah tanah kita mengikat lebih banyak udara dan udara sehingga menjaga sirkulasi dan drainase yang lebih baik di dalam pot dan tanah kita. Karena kelembaban tanah sangat tinggi, akar tanaman lebih mudah tumbuh dan tanaman terasa lebih sehat dan subur.

Tanaman yang sehat berarti lebih banyak buah. Ini bekerja dengan baik bagi kita sebagai media tanam untuk menanam sayuran hijau seperti sawi, bayam dan kangkung yang ditanam dalam pot. Cocopeat memiliki pH 5,8-6,5, yang merupakan kisaran sempurna untuk sebagian besar tanaman tempat tumbuhnya. Cocopeat juga bisa kita gunakan sebagai media tanam hidroponik.

Tentunya, jika ingin membuat sabut kelapa anda memerlukan mesin sabut kelapa agar nantinya bisa lebih praktis dan lebih baik. Adapun jika anda memelukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda. Nah itulah penjelasan tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment