Makanan Dari Ketan dan Parutan Kelapa Yang Mudah di Buat

Makanan Dari Ketan dan Parutan Kelapa Yang Mudah di Buat- Ketan memiliki tekstur agak lengket sering menjadi makanan ringan. Ya, berbeda dengan saudaranya, nasi Irlandia yang dimasak menjadi nasi, ketan lebih cocok dijadikan camilan. Selain itu, rasa asinnya bisa dipadukan dengan berbagai bahan.

Contoh Makanan Dari Ketan

Makanan Dari Ketan dan Parutan Kelapa

1. Wajik

Seperti namanya, snack ini berbentuk trapesium. Ketupat terbuat dari campuran beras ketan, santan dan gula merah serta memiliki rasa yang manis dan asli. Wajik juga sering berwarna merah muda, yang berasal dari pewarna makanan yang ditambahkan ke adonan. Selain itu, daun pandan sering ditambahkan dalam proses memasak agar rasanya lebih pedas.

2. Lemper

Jajanan ini sangat populer dan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, jajanan asin ini sering disajikan pada acara dan hajatan khusus. Ketan kukus legit dipadukan dengan potongan daging ayam atau suwir yang sudah dibumbui untuk menciptakan cita rasa yang nikmat. Selain itu, dibungkus dengan daun pisang membuat lemper ini semakin menarik.

3. Klepon

Camilan hijau yang lezat ini juga dibuat dengan campuran beras ketan. Karena itu, jangan heran jika komposisinya sangat permanen dan sah. Terbuat dari beras ketan dan tepung beras, klepon kemudian diisi air gula merah dan diberi taburan kelapa parut di atasnya. Kenyalnya adonan klepon dan manisnya gula merah yang nikmat menjadikannya favorit banyak orang.

4. Jadah

Jadah asli Jawa Tengah dan terbuat dari beras ketan yang telah dimasak menjadi beras ketan dan kemudian ditumbuk menjadi pasta halus. Jadah rasanya enak, teksturnya halus dan legit, biasanya dimakan dengan teh atau kopi. Selain dimakan sendiri, jadah sering digoreng atau dibakar untuk menambah cita rasa. Selain disantap sebagai cemilan sore, jadah sering disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan.

5. Lepet

Tekstur lepet yang kenyal dan lengket ini terbuat dari bahan utamanya yang terbuat dari beras ketan. Sering disajikan pada pesta Kupatan, jajanan ini memiliki rasa asin yang hampir sama dengan kebanyakan olahan ketan pada umumnya. Bersama kacang tanah, alder kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda atau januri dan diikat dengan tali bambu. Strukturnya yang padat membuat Lepeti mengenyangkan.

Contoh Makanan Dari Kelapa

1. Kue Pacong

Kue pancong adalah kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut kasar. Dikenal juga dengan nama gando dan bandro, kue ini dibentuk setengah lingkaran lalu dipanggang di atas api hingga mengeras. Biasanya kue pancong disajikan dengan taburan gula untuk menambah rasa manis.

2. Kue Rangi

Kue yang juga khas Betawi ini sekilas terlihat seperti kue pancong. Namun, keduanya sebenarnya merupakan kue yang berbeda, meski sama-sama menggunakan parutan kelapa dalam adonannya. Kue ini disebut kue Rangi karena aromanya yang harum. Kue Rangi terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa kasar kemudian disajikan dengan gula merah yang dimasak dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu.

3. Gemblong

Jajanan populer di pasaran, kue ini dibuat dengan tepung beras ketan putih, santan, margarin, dan serpihan kelapa setengah matang. Adonan gemlong diuleni sampai halus dan dibentuk menjadi bola, digoreng, lalu dilapisi dengan gula merah atau gula aren yang dilarutkan.

4. Wingko Babat

Sering dijadikan oleh-oleh, kue ini dibuat dengan parutan kelapa, tepung ketan, dan gula pasir. Setelah semua adonan tercampur rata, sayap kotrip dibentuk bulatan pipih kemudian digoreng atau digoreng hingga matang. Kelapa muda sebaiknya digunakan dalam serpihan kelapa wingko agar struktur wingko tetap empuk meski dingin.

5. Kue Putu

Kue ini memiliki suara ciri khas yang keras seperti peluit. Putu terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan garam. Cara penyajiannya pun sangat unik, yaitu dikukus dalam wadah bambu yang kemudian diisi gula merah, ditutup dengan sisa adonan dan dikukus kembali hingga matang. Setelah matang, putkukke biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa.

Demikian penjelasan tentang makanan dari ketan dan parutan kelapa. Anda bisa memulai usaha dengan ide makanan di atas. Jangan lupa gunakan mesin parut kelapa berkualitas yang bisa anda dapatkan di pabrik terbaik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment