Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Cara menyimpan buah agar tetap segar dalam waktu lama tentunya harus diperhatikan agar tidak mempengaruhi penampilan, rasa dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menyimpan buah agar tetap segar dalam waktu yang lama.

Namun sebelumnya, Anda perlu memahami prinsip dasar yang mempengaruhi kualitas buah agar nutrisinya tidak hilang saat disimpan seperti berikut ini.

Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar

1. Simpan Pada Suhu Ideal

Buah segar sebenarnya adalah makhluk hidup. Meski sudah dipanen dan dipetik dari pohonnya, buah ini tetap membutuhkan oksigen untuk bernafas dan mengeluarkan karbondioksida. Kapasitas respirasi buah tergantung pada suhu penyimpanan dan jenis buah.

Semakin dingin suhu di tempat penyimpanan maka daya respirasi buah semakin rendah dan waktu penyimpanan akan semakin lama. Kemudian, semakin banyak oksigen yang dihirup buah dan semakin banyak karbon dioksida yang dilepaskan, semakin cepat buah tersebut membusuk.

Beberapa buah harus disimpan di tempat yang sejuk, beberapa buah sensitif terhadap suhu dingin dan dapat rusak jika disimpan di lemari es.

2. Jangan Dicuci

Anda harus mencuci buah-buahan saat ingin memakannya. Namun, saat menyimpan buah di lemari es, sebaiknya jangan dicuci terlebih dahulu. Buah yang Anda cuci dapat meninggalkan banyak air dan membuatnya basah. Nah, kelembapan ini bisa membuat buah lebih rentan busuk selama penyimpanan.

Jika Anda benar-benar perlu mencuci sebelum disimpan, pastikan untuk mengeringkan buah yang sudah dicuci sebelum memasukkannya ke dalam lemari es untuk disimpan.

3. Jaga Kelembabannya 

Semua buah pasti mengandung air. Kandungan airnya dapat menjaga kesegaran buah. Namun saat memetik atau memanen buah di pohon, buah banyak kehilangan air akibat penguapan.

Oleh karena itu, anda perlu menghemat sisa air pada buah agar buah tidak berkerut dan busuk, anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan buah ke dalam kotak plastik yang berlubang.

4. Perhatikan Wadah yang Digunakan 

Sebelum disimpan di lemari es, pastikan buah sudah ditempatkan di wadah tertentu. Masukkan buah ke dalam kotak plastik berlubang untuk ventilasi. Tidak hanya lebih bersih, penggunaan wadah juga dapat mencegah buah terkontaminasi bakteri secara langsung.

cara menyimpan buah agar tetap segar

Namun, jika buah sudah dipotong, sebaiknya masukkan ke dalam wadah kedap udara. Sebab, jika dibiarkan terbuka bisa menyebabkan buah teroksidasi, menurunkan kualitas. Anda juga bisa menggunakan vacuum sealer agar kualitas buah anda lebih terjaga. Anda bisa mendapatkan mesin vacuum sealer dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

5. Jangan Simpan di Suhu Ekstrem 

Buah yang Anda simpan pada suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat merusak buah dan cepat membusuk. Buah-buahan yang disimpan di dalam freezer sangat rentan terhadap pembusukan setelah dicairkan.

Kerusakan seperti bercak coklat pada apel dan pir yang sangat lunak. Sedangkan suhu yang terlalu tinggi bisa memasak tidak merata, menjadi lembek atau lembek, berkerut.

6. Perhatikan Kondisi Buah yang Baru Dibeli 

Beberapa buah akan bertahan lebih lama jika masih ada kulitnya. Bagian kulit yang bersentuhan dengan buah akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur sehingga menyebabkan buah mudah busuk. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksakan kondisi buah secara rutin dan sering. Jika terjadi perubahan warna, segera buang porsinya dan makan seluruh porsinya.

Lakukan Hal ini Supaya Buah Segar Lebih Lama

Setelah Anda mengetahui prinsipnya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengawetkan buah agar tetap segar lebih lama:

  • Setelah membeli buah di supermarket atau pasar, sebelum dicuci, sebaiknya pisahkan bagian buah yang memar atau busuk. Kemudian Anda bisa membersihkannya.
  • Jangan mencuci buah beserta akarnya dan simpan di lemari es. Periksa ruangan di mana jamur mungkin ada dan simpan di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. Jangan menyimpannya di lemari es.
  • Sebaiknya simpan tomat pada suhu ruangan karena suhu rendah dapat melunakkan tomat. Jika ingin menyimpan tomat yang sudah terpakai sebagian, Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong kertas dan menyimpannya pada suhu ruangan.

Berikut beberapa cara mengawetkan buah agar tetap segar dalam waktu yang lama. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, buah yang Anda beli dapat disimpan dalam waktu lama tanpa cepat rusak.

Leave a Comment