Manfaat Porang untuk Industri dan Kesehatan yang Belum di Ketahui

Manfaat Porang untuk Industri – Nama Porang mungkin belum terlalu dikenal. Porang yang juga dikenal dengan nama iles-iles atau suweg adalah sejenis tanaman talas atau umbi-umbian yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia tanaman ini tumbuh liar karena masih sedikit diketahui, sehingga belum ada upaya untuk membudidayakannya. Namun, sekarang telah banyak petani yg mulai mengkomersialkan budidaya umbi porang pada Indonesia.

Porang mengandung glukomanan atau biasa dikenal dengan konjak glukomanan (KGM) yang berbentuk tepung. Kandungan tepung ini bisa disuling menjadi berbagai hal dan berfungsi sebagai pengganti. Kandungan karbohidrat umbi porang lebih dari 80%, sehingga karbohidrat merupakan komponen terpenting dari tanaman ini.

Tanaman porang tidak hanya kaya akan karbohidrat, tetapi juga menawarkan banyak manfaat dalam berbagai bidang, mulai dari kesehatan hingga industri. Berikut beberapa manfaat porang.

Manfaat Porang untuk Kesehatan Maupun Industri

Manfaat Porang untuk Industri

1. Bahan Obat

Kandungan KGM pada tanaman porang terbukti bermanfaat bagi dunia kesehatan yaitu sebagai bahan pembuatan kapsul obat. Tanaman porang memiliki lem alami yang digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

2. Lem Ramah Lingkungan

Lem yang digunakan setiap hari terkadang berbau tajam dan kurang menempel pada benda yang ditempel. Bawang porang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai lem ramah lingkungan.

Tanaman yang mengandung konjac adalah perekat yang sangat baik. Selain lemnya bagus, juga ramah lingkungan.

3. Bahan Campuran untuk Industri

Kandungan konjac dapat digunakan untuk membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, porangi juga dapat digunakan sebagai lem kertas, cat, kain katun dan wol, untuk poles kain, dengan bahan yang lebih baik dan lebih murah.

4. Pengganti Agar-agar

Tanaman porang memiliki serat tidak berwarna yang mudah larut dalam air, tidak berbau dan memiliki konsistensi yang kental.

Dengan serat yang bisa diubah menjadi agar-agar, makanan ini tentunya sangat sehat dan segar. Jeli porang bisa menjadi hidangan terbaik untuk camilan sehat.

5. Pembersih Air

Jika air di rumah Anda kotor, zat porang yang disebut glukomanan dapat membersihkan air dan keloid dari bir, gula, minyak, dan serat.

Kandungan ini dapat larut dalam air dan menjernihkan air itu sendiri. Sekarang Anda nir perlu risi lagi menggunakan air kotor.

6. Isolator Listrik

Glukomanan dari tanaman porang dalam bentuk gel dapat menggantikan gel silikon. Gel silikon sangat bagus untuk mencegah konduktivitas listrik dan panas di sekitar rumah, jadi ini adalah pengganti yang baik.

Anda harus berhati-hati agar tidak tersengat listrik, Topper.

7. Bahan Makanan Jepang

Kali ini ada penjelasan tentang manfaat tanaman porang dalam bidang kuliner. Di Jepang, tepung konjac digunakan sebagai bahan campuran membuat mi shirataki atau konnyaku. Untuk memudahkan dalam membuat masakan anda memerlukan mesin perajang porang untuk memotong bagian porang menjadi lebih kecil.

8. Bahan Pengental Es Krim

Selain digunakan dalam makanan Jepang, konjac juga memiliki manfaat lain dalam bidang kuliner. Fraksi konjac juga dapat digunakan sebagai sirup atau pengental lem dalam adonan es krim agar tidak cepat meleleh.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan glukomanan pada umbi porang dapat menurunkan kolesterol darah. Selain itu, serat pada porang juga sering dijadikan alternatif diet untuk menurunkan berat badan dan diabetes.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan porang untuk mengobati penyakit apapun tetap harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan ada efek samping yang dirasakan ketika tubuh Anda tidak sinkron dengan kandungan orang.

10. Membuat Bahan Waterproof

Ketika dicampur dengan gliserin dan/atau natrium hidroksida, glukomanan dapat menjadi zat pengikat air. Glukomanan karenanya sangat cocok sebagai cat tahan air yang menahan tetesan air dari hujan lebat atau dinding yang sering lembap.

 

Hal ini memunculkan pembahasan tentang berbagai manfaat porang, baik dari segi industri obat maupun kegunaan bahan kesehatan.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment