Kelebihan Cocopeat Sebagai Media Tanam Terhadap Pertumbuhan

Kelebihan cocopeat sebagai media tanam – Dalam bidang pertanian, tidak hanya tanah yang dapat diandalkan sebagai media tanam. Masih ada jenis media tanam lainnya, salah satunya adalah cocopeat, media tanam organik ini memiliki kualitas yang sama dengan tanah. Gambut kelapa merupakan media tanam yang terbuat dari batok kelapa.

Oleh karena itu, di negara-negara tropis dan kepulauan seperti Indonesia paling mudah ditemukan. Baik digunakan dengan tanah atau sendiri. Kelapa gambut juga banyak dipilih orang sebagai pengganti tanah.

Gambut kelapa memiliki sifat mudah menyerap dan menyimpan air. Ia juga memiliki pori-pori yang memfasilitasi pertukaran udara dan penetrasi sinar matahari. Komposisi jamur Trichoderma, enzim jamur, dapat mengurangi penyakit di tanah. Jadi cocopeat bisa membuat tanah gembur dan subur.

Meskipun diiklankan sebagai pengganti tanah yang berkualitas baik, nutrisi yang ada di dalam tanah tidak ada. Oleh karena itu cocopeat membutuhkan lebih banyak pupuk sebagai pupuk, untuk membuat cocopeat bisa menggunakan mesin cocopeat, anda bisa mendapatkan mesin cocopeat dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

Banyak produsen yang menjual cocopeat dalam bentuk siap pakai, bahkan ada yang menawarkan dalam bentuk padat (cake). Anda tinggal menambahkan air dan cocopeat siap digunakan. Saat ini sudah banyak media tanam yang biasa digunakan pada peralatan tanam hidroponik tanpa tanah.

Pengertian Cocopeat

Cocopeat sering di sebut juga coco coir atau coco fiber yaitu salah satu alternatif media tanam yang bisa digunakan untuk budidaya berbagai jenis tanaman, contohnya dengan cara hidroponik. Media tanam ini terbuat dari sekam atau tempurung.

buah kelapa yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi butiran-butiran seperti serbuk kayu.Kulit padi biasanya diperoleh dari limbah rumah tangga atau perusahaan yang menggunakan bahan baku buah kelapa untuk produknya.Di Indonesia, pohon kelapa tumbuh subur di seluruh wilayah indonesia.

Kelebihan Cocopeat Sebagai Media Tanam

kelebihan cocopeat sebagai media tanam

Karena fungsinya sebagai media tanam alternatif, cocopeat memiliki beberapa keunggulan dibanding media tanam lainnya. Berikut adalah kelebihan cocopeat sebagai media tanam:

1. Ramah Lingkungan

Batok kelapa merupakan bahan organik, sehingga ramah lingkungan dan dapat terurai menjadi tanah jika tidak digunakan. Gambut kelapa setelah digunakan juga dapat didaur ulang, digunakan kembali setelah dirawat pertama kali.

2. Mudah Digunakan

Media tanam ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar tentang hidroponik karena tekstur dan bentuknya mirip tanah sehingga mudah digunakan. Selain itu, perawatannya juga relatif mudah dibandingkan dengan media tanam lainnya.

3. Mampu Menyerap Air

Karena menggunakan bahan dasar sekam padi, media tanam ini memiliki kemampuan menyerap air yang cukup baik hingga 10 kali lipat. Kemampuan menahan air juga lebih besar dari kemampuan menahan tanah, sehingga akar tidak mudah kering, terhindar dari kehilangan air. Oleh karena itu, disarankan untuk menyirami tanaman lebih jarang agar akarnya tidak cepat membusuk.

4. Lebih Tahan Lama

Selain pemanfaatannya dalam jangka panjang dan berkelanjutan, cocopeat juga dapat melindungi tanaman dari serangan hama yang disebabkan oleh hama tular tanah yang tidak suka berada di media tanam ini.

5. Teksturnya Menyerupai Tanah

Meskipun memiliki tekstur seperti tanah dan memungkinkan tanaman beradaptasi dengan mudah, untuk menumbuhkan media sabut ini Anda harus memberikan larutan nutrisi karena tidak mengandung nutrisi apapun.

6. Manfaat Lainnya

Selain digunakan sebagai media tanam, keunggulan lainnya adalah dapat digunakan sebagai substrat untuk beternak cacing, sebagai bahan bakar arang, dan sebagai bahan baku furniture.

Demikian sedikit pembahasan tentang kelebihan cocopeat sebagai media tanam, semoga bermanfaat dan selamat bercocok tanam.

Leave a Comment